Sunday, May 01, 2011

Amazing Santorini edisi Perjalanan dan Volcano

Perjuangan selama perjalanan menuju Santorini

Kami pergi ke Santorini dengan pesawat Aegean. Perjalanan ini sedikit deg-degan karna
saat chek in petugas Aegean memberitahu kami kalo bagasi tidak bisa direkt ke Santorini , jadi selama transit 1 jam di Athena  kita kudu ambil bagasi, masuk lagi security chek dan chek in kembali. Wahh langsung seketika kami rada panik. Petugas menawari kami agar si bagasi di ambil saja ke pesawat karna penumpang ga terlalu penuh. Tapi dipikir pikir lagi ga mungkin juga kami membuang cairan yg ada di tas kami, dan re.packing kembali juga membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Akhirnya kami tetep menggunakan bagasi....pokoknya pasrah deh :((.

Selama di  pesawat  menuju Athena, terutama saya terlihat sedikit panik dan yang duduk sebelah kami pun sepertinya membaca bahasa tubuh kami. laki-laki muda sebelah kami pun menanyai tujuan wisata kami.  Dan aa pun cerita tentang kepanikan kami. Ternyata orang sebelah kami asli orang Athena.Untuk sementara dia menangkan kami, menurut dia  1 jam cukup waktu.   Sampe di bandara Athena..kami kudu chek in passport tapi untung antriannya ga terlalu panjang. Menunggu tas bagasi kami, eeh malah yg muncul duluan koperl aki-laki itu . waktu rasanya begitu cepat..sedikit-sedikit saya melihat jam tangan..masih ada setengah jam..ooww..saya pun terlihat lebih panik . Laki-laki muda itu dengan baiknya  menunggu sampe koper kami muncul,  kemudian dengan  dia menanyakan kepada petugas dengan  bahasa greece dimana letak chek in dll. Sambil setengah lari dia bilang...kamu pergi ke kiri..cari lift dan pijit lantai 1..terus kamu lurus....tanpa basa basi kami pun pergi terbirit-birit...kami pun melambaikan tangan perpisahan..'byeeeeeeeeeeee..nice to meet u....'

Urusan chek in beres...barulah di tempat security chek aku seorang petugas menyuruh aku buka jilbab ..aku terheran-heran baru kali ini ada yang nyuruh aku buka jilbab..aku bilang kalo aku ga mau dibuka jilbab , petugas itu pun  pergi dari hadapanku rupanya dia berdiskusi dengan bos nya. Akhirnya aku diloloskan tapi tentu saja pengecekan jilbabku lebih ketat dari pada biasanya. setalah urusan ini beres aku lari-lari mencari gate B13..ahh ternyata jauhhhhhhh bangett....pfiuhhhh akhirnya sampe juga dan oalah ternyata passangernya yang dateng belum banyak, jadi kita termasuk orang yang duluan.

Santori  hari ke 1

Penerbangan Athena ke Santorini ternyata cuma butuh waktu 1 jam. Senangnya kami ternyata udara disana hangat dan cerah. Bandara di santorini kecil , keluar dari santorini bandara ternyata bis , taxi dan beberapa mobil jemputan dari hotel sudah setia menunggu di depan bandara.  Kami pake bis menuju fira, anehnya pembayaran bis bukan di awal tapi setelah sampe Fira. harga tiket bandara ke fira 1,6 E. Fira ternyata kota yang paling besar di santorini, disini tempat transit bis menuju kota lainnya. cari.cari hotel di fira ternyata pusing juga..akhirnya kita telp hotel ..ternyata hotel menjemput kami..dan pihak hotel bilang mnegapa kita ga bilang sebelumnya jadi kami bisa jemput di bandara.  Ternyata saudara-saudara hotel di Santorini  service hotel sudah plus dengan antar jemput, jadi kita bisa email pihak hotel jam berapa kita sampe bandara atau dermaga.
Hotel kami ternyata dekat dengan centrum Fira..hotel kami cantik dan romantis...nama hotel kami  Blue Suites , harga hotel 50 € semalam plus dengan sarapan. Kamar kami besarr , ada balkon  dan water hiter. Ada kolam renang juga cuma sayang ga ada waktu buat renang dan juga angin disana lumayan kenceng.Staff disana juga ramah-ramah.
 Hari pertama karna waktu mejelang malam jadi kita cuma mengahabiskan waktu di hotel sambil  membuat planing  perjalanan selama di santorini. Brosur wisata yang kami dapat dari hotel ternyata memberikan banyak pilihan mulei dari harga bis sampe excursion. Kami memlih untuk excursion bertema 'Sea of Caldera', dengan  harga 28 € , dan perjalanan dimulei dari jam 10 pagi sampe after sunset di Oia. Di dalam brosur pun ditulis tips agar nyama di perjalanan yaitu pakai sepatu olah raga, bawa kacamata, bawa pakaian renang dan pakaian cadangan,.

Hari  ke 2 di Santorini

Perjalanan Sea Of caldera dimulei dari hotel dengan di antar sampe cable car.Kami bayar 1,6€ menuju dermaga Fira. subhanallah..ternyata cable car berada diatas tebing dan  mengangkut penumpang sampai tepi laut.

Kami menuju kapal boat sambil memperlihatkan bukti pembayaran yang kami lakukan di hotel. Guide kami yang bernama Mama Jojo merobek bagian kertas kwitansi. Jam 10 tenk perjalanan wisata bahasi dimulei. Sepanjang guide kami wara wiri..dan sepanjang perjalanan tak hentinya semuanya berdecak kagum melihat pemandangan laut yang indahhhh.

Volcano atau Nea  Kameni

Boat menepi di dermaga Volcano. Disini tidak ada kehidupan selain penjaga tiket dan penjaga boat. Harga tiket untuk mendaki area volcano seharga 1,6 €. Pantesan aja di brosur yang sudah kami baca disarankan untuk pake sepatu olahraga, karna ternyata perjalanannya berbatu-batu dan mendaki aaah serasa jadi pramuka.

Informasi yang kami dapatkan dari  guide kami yang lebih senang dipanggil mama Jojo begini...
kepulauan santorini terbentuk akibat erupsi gunung merapi Caldera dimana letusan dari gunung ini merupakan salahs atu yang terbesar di dunia. Letusannya hampir 4x lipat letusan gunung Krakatau yang ada di Indonesia. akibat letusan ini menghasilkan gelombang tsunami yang mencapai ketinggian 250 meter. mengakibatkan terbentuknya beberapa kelpulan kecil bernama Palea (lama) Kameni dan Nea (baru) Kameni  (yang berarti kebakaran).
Dua pulau kecil lava hitam yang terletak ditengah cekungan kepulauan Santorini, dan secara geografis pulau ini termuda di wilayah Mediterania Timur.

Palea Kameni sudah berumur 2000 tahun , sedangkan Nea Kameni umurnya tidak lebih dari 500 tahun..nama Volcano dikenal sebagai caldera, adalah salah satu daya tarik utama di Santorini.
  Tanah dan tanaman volcano ini berwarna merah.

View diatas ternyata sangat sangat indahhh...ga bisa diungkapkan dengan kata-kata deh..rasanya 1 jam menikmatii tempat ini ga cukup

Tapi apa boleh namanya juga ikut guide dan buat boat yang mengantar kami juga cuma bisa menunggu 1 jam.

Gunung api tertua, palea Kameni juga memiliki sumber air panas yaitu Hot springs. dan perjalanan selanjutnya ada disini : Hot spring di Santorini Yunani http://nisamufti.blogspot.com/2011/04/hot-spring-di-santorini-yunani.html