Sunday, May 01, 2011

Kuliner makanan Yunani

Jalan-jalan ke satu negara pasti satu paket dengan kuliner makanan minimal mencicipi makanan khas negara tersebut. Saat saya dapat kesempatan jalan-jalan ke Yunani  saya coba beberapa makanan khas yang direkomendasikan dalam  beberapa artikel yang saya baca. Menurut saya  masakan Yunani  mirip dengan makanan Istanbul hanya rasanya sedikit beda. Mungkin karna dua negara dulunya serumpun.


dan ini makanan yang saya coba selama 3 hari di yunani

Souvlaki
Bahan utama nya bisa ayam, ikan, seafood, pork yang di potong dadu besar-besar kemudian dimarinade dengan bumbu khusus kemudian ditusuk yang setiao tusukannya diselingi dengan bawang bombay, paprika , wortel atau sayuran lainnya. Kemudian tusukan ini di bakar dan  disajikan bisa dengan nasi, roti bakar, atau kentang.

Chicken Souvlaki

Calamari Souvlaki


Fish Souvlaki


Moussaka
Moussaka mirip-mirip dengan lasagna hanya rasanya sedikit beda. Moussaka ini bahan utama nya kentang dicampur dnegan ayam, atau pork, atau sayuran sesuai dnegan pilihan kita. Diatasnya dikasih taburan keju kemudian di oven.

Greek salad

Salad Greek ini bahan utamanya potongan tomat besarr, irisan wortel, irisan timun, olive dicampur dengan olive yg banyak, dan diatasnya ditaburi keju putih  khas Greek dan taburan peterseli.

Gyros
Saudaraan dengan Kebab , menggunakan roti pita yang di bakar, ditambah irisan tipis daging, dan sayuran

Greek Coffee 

Greek coffee pembuatannya seperti kopi  tubruk, yang harus dimasak dengan gula, abis itu dibiarin mengendap. Beberapa kali pesan kopi pasti saja penjualnya menanyakan pake gula atau engga? berapa banyak guila? . Jadi intinya kita kudu   bilang dulu berapa gulanya pas pesan kopi. Soalnya kalau kopi nya udah sampai meja, nggak boleh diaduk lagi, karna bisa mengubah cita rasa.(source:Aree)


Fresh Fish 


Kalo boleh jujur makanan ala Yunani ini buat kami terlalu asin. Awalnya saya berpikir mungkin kebetulan aja, tapi hampir lima hari saya keliling-keliling dan mencoba makanan Yunani dan semuanya berasa asin. Jadi kalo buat temen-temen yang emang lidahnya pecinta rasa asin cocok banget kalo jalan-jalan ke kota ini.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails