Friday, April 29, 2011

Akhir perjalanan yang indah di Athena Yunani

Perjalanan 10 hari dalam rangka anniversary   berakhir di  Athena Yunani..Mungkin juga ini perjalanan penutup europe Tour bagi kami...ah semoga ada kesempatan kembali aku menginjakkan kaki ke Eropa.
Ferry Blue stars mengantarkan kami dari Santorini jam 4 sore dan sampe Athena jam 5 subuh. Lama perjalanan rada lama seh kira-kira 12 jam, kami sengaja mengambil jadwal sore menuju malam karna sengaja mengirit hotel. Ferry yang kami tumpangi besar ada 2 lantai. kami pilih tempat diujung dan 2 kursi berhadapan dan hanya kami berdua yang menempati jadi kaki kami bisa selenjeran dan nyenyak tidur.  Di dalamnya juga komplit dengan restaurant dan cafe. Restauran di buka hanya jam-jam tertentu saja. Saat itu kami tertidur nyenyak dan saat bangun dan perut mulei kerubuk-kerubuk eeeh restaurannya malah udah tutup.
Keluar dari Ferry  dan memasuki wilayah Piraeus, ternyata kami disambut dengan hujan deras...untungnya suamiku sebelum pergi mengecek dulu  kondisi cuaca di Athena...jadi kami sudah siap dengan persedian payung.
, waktu yang masih dini hari di tambah hujan lebat semakin lengkap sudah penderitaan kami,  sedikitpun kami tak punya ide bagaimana caranya untuk sampai di hotel Niki selain dengan bantuan taksi. Padahal saya yakin di daerah sekitar bandara pasti ada akses transportasi umum untuk menuju Athena Tpi boro2 pengen mikir kalo cuaca buruk..yang ada pengen cepet-cepet masuk hotel.
Dengan susah payah dan antrian panjang , akhirnya kami mendapatkan taksi walaupun satu taksi ada 2 tujuan dan dalam satu taksi ada 4 penumpang. Taksi pun melaju mencari hotel kami. Yupiii ternyata hotel kami berada di wilayah Monastiraki bisa di bilang wilayah centrum dan sangat dekat dengan berbagai tujuan wisata. Hotel kami di kelilingi cafe dan restaurant, pertokoan, Syntagma square malah kalo bosen dengan menu bule  ada juga resto makanan  china atau jepang. Dari Piraeus menuju hotel Niki dengan sedihnya kami kudu membayar 25 €.
Sesampai di hotel,. karna terlalu pagi seorang bapak tua yg kita sangka pemilik hotel tapi ternyata karyawan  resepsionis mempersilakan kami di lobi sambil minum kopi dan internetan. Setelah menunggu hampir 2 jam akhirnya kami pun dapat kamar. Istirahat sebentar di kamar hotel yang minimalis dan nyaman,  makan super bubur kiriman teman dari Indonesia dan dilanjut dengan jalan-jalan ke Acropolis.

Acropolis

Hari pertama kita jalan-jalan ke Acropolis, bersyukur letak tempat ini tidak jauh dari hotel kami.  Untuk masuk ke area ini harga tiket 12 € ..hikd mahal banget..ternyata 12 €  itu untuk 5 tempat selama 5 hari.  Tapi sayangnya tempat yang direkomendasikan di tiket itu  ditutup   rata-rata sampe jam 3 sore. Saat saya ke tempat ini Acropolis sedang dalam proses renovasi besar-besaran. Saya juga bertemu dengan 2 rombongan dari Indonesia. Senangnya serasa ketemu dengan family.
Akropolis adalah satu area yang didalamnya terdapat banyak situs bersejarah misalnya Erekhteion, Pathenon dll. Meskipun ada banyak akropolis di Yunani, namun Akropolis Athena paling  besar. Akropolis ini secara resmi masuk ke dalam  'European Cultural Heritage" pada tanggal 26 Maret 2007. Akropolis ini adalah tebing berpuncak datar dengan ketinggian 150 m (490 kaki) di atas permukaan laut di kota Athena, dengan area permukaan seluas 3 hektar. Tempat ini juga dikenal sebagai Kekropeia, yang namanya berasal dari nama Kekrops, raja pertama Athena yang dikisahkan berwujud separuh ular.

Bukit Acropolis, sehingga disebut "Sacred Rock" of Athens, adalah situs yang paling penting dari kota. Selama Perikles 'Golden Age, peradaban Yunani kuno diwakili dalam cara yang ideal di bukit dan beberapa karya arsitektur periode didirikan di atas tanah tersebut.

Tempat kediaman pertama tetap pada tanggal Acropolis dari periode Neolitik. Selama berabad-abad, bukit berbatu terus menerus digunakan baik sebagai tempat pemujaan atau sebagai daerah pemukiman atau keduanya. Tulisan di berbagai sesaji dan berharga untuk tempat kudus Athena (korai marmer, perunggu dan tanah liat patung dan vas) menunjukkan bahwa kultus dewi pelindung kota didirikan sebagai awal periode Archaic (650-480 SM).

Selama periode Klasik (450-330 SM) tiga candi penting didirikan di atas reruntuhan yang sebelumnya: Parthenon, yang Erechtheion, dan Kuil Nike, didedikasikan untuk parthenos Athena, Athena Polias, dan Athena-Apteros Nike, masing-masing. The Propylaea, monumental pintu masuk ke daerah suci juga dibangun pada periode yang sama.

Monumen di Akropolis mencerminkan fase berturut-turut sejarah kota. Beberapa dari mereka dikonversi menjadi gereja-gereja Kristen, rumah-rumah kaum Frank dan kemudian, dari Turki. Setelah pembebasan Athena dari Turki, perlindungan, pemulihan dan pelestarian monumen adalah salah satu tugas pertama dari baru didirikan negara Yunani. Upaya besar dilanjutkan hingga saat ini, dengan restorasi besar-besaran dan pendukung monumen, yang dimulai pada tahun 1970 dan masih dalam proses.
Penggalian pertama di atas bukit itu dilakukan antara tahun 1835 dan 1837. bekerja lebih sistematis dilakukan di 1885-1890 oleh Panagiotis Kavvadias.
Monumen yang paling penting di Akropolis adalah: 

Foto di bawah ini Acropolis dilihat darisamping. 


 

Propylaea
saya diantara bangunan Propylaea. Monumen Acropolis dirancang oleh arsitek Mnesikles dan dibangun di 437-432 SM terdiri dari bangunan utama . Tiang-tiang di sepanjang sis iberderetan dari dinding-dinding marmer...sayangnya para pengujung dilarah untuk menyentuk setiap dinding ini

Parthenon adalah kuil Yunani yang dibangun untuk dewi Athena, pelindung Athena pada abad ke-5 SM. Parthenon dianggap sebagai simbol Yunani Kuno dan demokrasi Athena, dan merupakan salah satu monumen budaya terbesar dunia.
Ini adalah monumen paling penting dan karakteristik peradaban Yunani kuno dan masih tetap simbol internasional. Hal ini didedikasikan untuk parthenos Athena, dewi pelindung Athena. Itu dibangun antara 447 dan 438 SM dan dekorasi patung yang telah selesai pada 432 SM pembangunan monumen ini diprakarsai oleh Perikles, pengawas keseluruhan karya adalah Pheidias, pematung Athena yang terkenal, sementara Iktinos dan Kallikrates adalah arsitek bangunan. Candi ini dibangun dalam urutan Doric dan hampir secara eksklusif dari marmer Pentelic. Hal ini dilingkungi dgn pilar, dengan delapan kolom pada setiap sisi sempit dan tujuh belas kolom pada masing-masing yang panjang. Bagian tengah candi, disebut cella itu, terlindung patung kultus terkenal chryselephantine Athena, yang dibuat oleh Pheidias.
Dekorasi patung dari Parthenon merupakan kombinasi unik dari metopes Doric dan triglyphs pada entablature, dan dekorasi Ionik pada dinding cella tersebut. The metopes menggambarkan Gigantomachy di sisi timur, Amazonomachy di barat, Centauromachy di selatan, dan adegan-adegan dari Perang Troya di sebelah utara.
The Frieze relief menggambarkan Prosesi dari Panathenaea, festival keagamaan paling formal dari Athena kuno. Adegan berjalan sepanjang semua empat sisi bangunan dan termasuk tokoh-tokoh dewa, binatang dan beberapa 360 manusia.
Dua pediments candi dihiasi dengan adegan mitologis: timur, di atas pintu masuk utama bangunan, menunjukkan kelahiran Athena, dan barat, pertarungan antara Athena dan Poseidon untuk nama kota Athena. Parthenon mempertahankan karakter keagamaan di abad berikut dan diubah menjadi gereja Bizantium, sebuah gereja Latin dan sebuah masjid Muslim.
Turki menggunakan Parthenon sebagai majalah bubuk ketika Venesia, di bawah Laksamana Morosini, sieged Akropolis pada tahun 1687. Salah satu bom Venesia jatuh pada Parthenon dan menyebabkan ledakan besar yang menghancurkan sebagian besar dari monumen yang telah diawetkan dalam kondisi baik sampai saat itu.
Bencana ini selesai pada awal abad ke-19, ketika Duta Besar Inggris di Konstantinopel, Lord Elgin, mencuri bagian terbesar dari dekorasi patung monumen (dekorasi, metopes, pediments), mereka dipindahkan ke Inggris dan menjual mereka ke British Museum, di mana mereka masih dipamerkan, menjadi salah satu koleksi paling penting dari museum


Erekhteion adalah kuil Yunani kuno yang terletak di sebelah utara Akropolis di Athena sebagai tandingan dari kuil Parthenon. Kuil Erekhteion dibangun pada tahun 421 SM-405 SM namun dihancurkan oleh bangsa Persia. Orang Athena membiarkan reruntuhan kuil ini untuk mengingatkan masyarakat akan peristiwa perebutan Akropolis. Nama kuil ini berasal dari Erektheus, yaitu pemimpin legendaris Athena yang disembah bersama Athena dan dewa-dewa lain. Kuil ini dikenal sebagai bagian dari komplek kuil Yunani kuno.Arsitektur ruangan bagian timur didirikan untuk Athena Polias atau Athena sebagai pelindung kota.Pada bagian arsitektur sebelah selatan terdapat bangunan yang ditopang oleh tiang berbentuk karytid (figur wanita) yang bergaya klasik. Karytid mengilustrasikan hubungan metafora harmonis antara ideal dan organik, manusia dan abstrak yang menjadi ciri khas gaya arsitektur klasik Yunani.




Kuil Athena Nike

Kuil Athena Nike dibangun pada ca. 420 SM oleh Kallikrates arsitek. Hal ini dibangun dalam urutan Ionic, dan itu adalah amphiprostyle dengan deretan empat kolom di depan masing-masing sisi sempit. The Frieze relief di bagian atas dinding menggambarkan konferensi dewa di sebelah timur, dan adegan-adegan dari pertempuran di tiga lainnya. Sebuah tembok pembatas marmer dihiasi dengan relief representasi Nikae (Kemenangan), dilindungi tepi Bastion di mana candi didirikan.

Theatre of Dionysus
sayangnya saya ga masuk ke tempat ini berhubung area ini sudah ditutup jam 3 sore. Jadi kami hanya memandangi  dan berfoto dari luar. Seandainya masuk ke area ini kita bisa duduk manis serasa melihat pertujukan jaman yunani.

Temple of zeus
tempat ini berada di antara pertengahan jalan raya dan berhadapan dengan taman besar.



Bangunan paling atas Lycabettus hill dikelilinggedung-gedung yang berada di Athena. sebenarnya kami ingin banget pergi ke tempat ini, tapi apa daya waktu dan tenaga kami yang terbatas. Jadinya kami cuma berfoto dari jarak jauh saja.



Syntagma square
Beruntung sekali hotel kami dekat dengan area ini. Area ini berdekatan dengan centrum dan akses kendaraan umum seperti bis dan metro ada di daerah ini. 
Persis layaknya alun-alun di Indonesia..oarng-orang duduk manis menikmati hari nya,sambil melihat berbagai atraksi dari pengamen. beruntungnya lagi saat saya ke tempat ini ada pertunjukan dramband dari pemerintahan kota dengan berpakaian seragam prajurit. Mereka memainkan 5 musik , dan musiknya sangattt indah..benar-benar menghibur para turis saat itu. 


Di seberang syntagma square terdapat gedung parlemen yang dijaga oleh dua prajurit berpakaian khas prajurit, kadang-kadang mereka melakukan gerakan merubah posisi biar tidak bosen dan ga pegel, hanya saja buat kita yang baru melihat gerakan itu ko lucu ya.
.

Dua hari berada di Athena cukup penutup yang indah buat kami. Biasanya  kalo  masuk ke satu tempat dengan harotnya kami  kunjungi satu persatu tempat wisata, tapi perjalanan kali ini kami lebih santai...istilah bule nya 'we  are enjoying our  life' , kami kunjungi tempat wisata yang memang recommeded banget, selebihnya kami luangkan banyak waktu di nongkrong di tempat makan dan hotel. 



5 comments:

  1. Saya punya rencana untuk solo travel ke Yunani alias semi bagpacker, kalau proses perjalanan ke Yunani tanpa ikut paket tour tau gak mbak?

    ReplyDelete
  2. halo mas Andy maaf telat reply...kalau perjalanan ke Yunani kami backpacker ga pake paket tour biar lebih leluasa mengatur waktu dan tempat nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi :-) Ada rekomendasi naik airlines apa sebaiknya dari jakarta menuju Athens airport? Oya kalo boleh tau, habis dari Yunani kemana lagi mbak? Soalnya saya berencana dari Patras keliling Eropa Barat dulu sebelum pulang, Thank u :-) :-)

      Delete
  3. wahh jadi pengen nih liburan bareng istri hehe

    ReplyDelete
  4. Ferry blue star itu apakah ada kabin yg ada tempat tidurnya gak mbak Nisa dan jadwal dr athena santorini ini u jadwal sore yg sampe subuh di santorini apakah ada mbak. Thanks

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails