Sunday, August 15, 2010

Diary : traveling with Ortu

Mamah ku akhir tahun lalu sudah memasuki tahun pensiun. Dan Papahku mulei tahun depan memasuki masa pesiun. Waktu sangat cepat ternyata usia mereka bertambah tua..dan sudah saatnya menikmati hari tua. 
Waktu itu aku telp Mamah ya cerita rencana di hari tua nya...trus kubilang mamah mo ngapain dengan uang  pensiun..' ya mau beli rumah. untuk pokoknya sejenis investasi' . Trus ku jawab buat apa???? kan udah ada rumah di A, B, C..masih kurang??..mending uang pensiun digunakan untuk menikmati hidup mamah, Kubilang knapa ga ke Jerman aja???. Trus mamahku bilang yang aku tahu jawabannya 'Mahalllllllll'.
Setelah pembicaraan di telp sejenak aku ngomong dalam hati...Sampai di usia mereka yang sudah memasuki gerbang pensiun ,rasanya belum pernah aku mebahagiakan mereka :(. Padahal aku disini alhamdulillah rumah tangga kami bahagia dan menyenangkan  merasakan bagaimana perbedaan setiap negara, rasanya terlalu egois kalo aku ga memikirkan mereka. 
Beberapa hari ku telp Ortu lagi...'Mah kesini yukk..lihat dunia lain yukk....kalo setuju..kita akan mengurus undangan trus  buat paspor dan visa' . Mamah ku seh langsung jawab Ok..tapi si papah bilang..aduhh sayang duit berjuta-juta cuma buat main ke Ln. Setelah aku kasih cerita tentang LN..lama-lama si papah mau juga jalan kesini. Malahan sohib si mamah , Tante Hotin pengen ikutan juga ke sini. Ada sedikit tenang ortu ku bersama si tante , karna ortu emang pertama kalinya jalan-jalan ke Ln.
Kusisihkan uang tabung kami..dan kami siapkan surat-surat yang diperlukan oleh mereka.
Alhamdulillah administrasi pengurusan Visa dll lancar. Setelah mereka mendapatkan Visa barulah aku dan aa planning perjalanan dan booking hotel dll. Untungnya kalau liburan musim panas ada banyak penawaran tiket murah. Saat itu di Saturn ada tiket 122 E untuk 4 x perjalanan kecuali hari Jumat, bebas menggunakan kereta apa aja termasuk ICE. Dan senangnya malah dapet bonus baju piala dunia.
Karna budget kami terbatas niatnya seh cuma jalan-jalan ke negera yang deket Dresden..tapi si mamah  keukeuh pengen tau Belanda dan Paris...emang seh kalo abis dari Ln , orang-orang Indonesia pasti tanya udah pernah ke Paris belum?? kayanya ga sohih kalo belum kesana...trus lagi si mamah penasaran Belanda pengen tau negara yg pernah ngejajah kita tuh kaya gimana... 

Hari pertama dan kedua Ortu dateng jam 14.00 dijemput sama aa di frankfurt Airport. Sampe Dresden ja 12 malam.datang dijemput sama aa di Frankfurt,  tinggal di Dresden selama 2 hari, sambil jalan-jalan melihat kota Dresden. 

Dresden 
hari ke  2 : jalan jalan kn old town Dresden  pake family ticket.
hari kn 3 : keliling sekitar rumah, menghadiri syukuran eqahan bayi. Dan istirahat menjelang perjalanan.

Hari ke 3 muleilah perjalanan panjang Amsterdam  - Köln - Belgia - Paris - Köln- pulang lagi ke  Dresden untuk istirahat beberapa hari. Walaupun kenyataannya si mamah teuteupp aja ngajak jalan-jalan. Untungnya kalo liburan bulan musim panas ada banyak penawaran tiket murah.

Amsterdam  : 
Perjalanan biar ngirit Dari Dresden sampei Oberhausen pake tiket Saturn tiket 122 E plus akomodasi tinggal di rumah Kel mas Ismail. 
Memulai perjalanan ke Amsterdam pake ICE.  Pergi dari Hbf  07.54 . Menurut jadwal sampe Frankfurt  jam 12.57. Ditruskan ke Oberhausen -  Amsterdam.
Ternyata di Frankfurt   tidak ade kereta yg direkt ke Amsterdam…saat tanga-tanya kepetugas katanya pergi dulu sampe Köln ,  disana kita bisa pindah lagi kereta menuju Amterdam,. Sampai di Köln, rupanya kereta kereta menuju Amsterdam tidak ada, tanya petugas sana sini..jawabnnya 'ga tau tunggu saja sampai kereta datang 1-2 jam' dan pengumuman  cuma bilang 'maaf atas ketidaknyamanan karena beberapa perjalanan delay' . Arghh pantess  Hbf penuh dengan orang.-orang yang ,nasibnya sama seperti kita. Ternyata dapet info sana sini satu jalur kereta  ada 3 kereta..dan kalo diteruskan akan mengakibatkan kecelakaan.hiks ternyata bukan cuma di Indo aja kejadian model gini,
Kami tetap berhenti di gleis yang sesuai  jadwal. Sampe ada pemberitahuan selanjutnya…jelang 10 menit sudah ada keterangan kalo kita bisa pergi  1 jam kemudian,  Semua penumpang senanggggg...eeeh sampe di Duisburg ternyata masalah belum berakhir. Kreta masih tertunda 1 jam..2 jam kami menunggu di kereta sampe akhirnya kami disuruh keluar dari kereta, pergi keluar kemudian pergi menuju bis yg disediakan. Sampai disana bis penuh..kami ga bisa memaksa untuk bisa masuk. Banyak orang yg mengatri disana..kalo udah begini kadang emosi tidak terkontrol. Ada banyak diantara kita yg sama-sama menunggu saling ribut. Walaupun penanggulangannya rada lambat, akhirnya pihak Bahn atau kereta menyediakan taksi untuk sisa orang-orang yang ga kebagian  bis. Dan alhasil saking sabarnya Kami penumpang paling terakhir.
Kira kira jam 10 malam  taksi datang..untunglah supir taksi nya ramah, orang Turki..sepanjang perjalanan dia critaaaa teruss..sampe beberapa kali mengumandangkan surat2 al quran. Sayangnya aku sama aa terbatas berbahasa Jerman, dan supir taksi hanya bisa bahasa Jerman.
Sampai di Cs Amsterdam jam 01.00…lari-lari mengejar tram ternyata si tram udah ga ada…malah mamah jatuh lagi di area tram…beberapa menit istirahat dan di papah. Akhirnya kami pake taksi 50 e menuju rumah mba agnes. Di rumah mba agnes kita ketemuan Insanu dan hendra . Ngobrol sebentar, makan baso, dan istirahat.
Besok hari nya kami meneruskan perjalanan keliling kota Amsterdam mengikutu kemeriahan team orange di canal-canal, madam tusaud, volendam., red light . Berhubung Belanda sedang berbunga hati  maka semua transportasi di Belanda pun gratis.
Hari ke 2 di belanda kami pergi ke zaanse schans, bloemenstraat dan keliling kota Amsterdam.
Senangnya lagi teman-teman ku di Belanda pada dateng...Kel Guntur, Kel Mas Eko, mas Guntur dan anak kos, dan Mba Nani...trus kita grillen di pekarangan rumah mba Agnes.

 Brussel dan Louvain
Tanggal 15 pagi kita cabut dari rumah mba Agnes mnuju Belgie...Di Belgie kita jalan-jalan sekitar centrum, manekin piss, atomium, mini europe.


Karna dalam rangka ngirit, jadi akomodasi penginapan di rumah Kiki Lovain, ternyata Louvain itu 1 jam dari Brussel. berhubung daku miss komunikasi aku kesalahan ngasih termin..aku tulis !6 padahal tanggal 15. Saat itru Kiki lagi ada di Gent. Mana saat itu udara dingin ldan lapar..akhirnya sambil nunggu Kiki kita makan di resto china sampai toko ditutup. Tapi si papah ga mau makan makanan china..paph duma mau makan di makanan halal. Karna Kiki masih belum datang, maka kita menunggu di stasiun sambil shalat isya...ortu ku bawaannya udah ketakutan..menyakan situasi dengan di Indo...untunglah keluarga kiki sampe di Louvain  jam 12 malam.  Ngobrol sebentar di rumah dan minum teh panas trus tidur. Pagi-pagi udah disediakan nasi goreng, malah mamah jalan-jalan lihat musium tintin. Dan kami kudu  cabut jam 11 siang menuju Paris menggunakan  euroline.

Paris 
Pekerjaan pertama tiba di Paris adalah mengambil kunci hotel sesuai petunjuk hotel yang akan kita sewa...orangnya ga ramahhh tepatnya ga tau sopan santun gimana cara mengatasi guest. Lebih curiga lagi saat dia menanyakan apakah  kita mau sewa   sprei baru kudu sewa per person 3e?? ..whattttttttttt???? asli mencurigakannnn. Udah gitu si sprei ga dikasih bag lagi...sampe terlihat kita rada sedikit emosi...baru dia kasih tas..itu pun tas biru buat sampah..hohoho...nyebelin dehh.
Diperjalanan aku udah yakin kalo hotel ini mencurigakan, pengennya senengin ortu eeh malah dapet hostel jelek.  Kami ikuti rute sesuai petunjuk saat pengambilan kunci. Keluar dari Metro..ternyata alhamdulillah smua jauh dari perkiraanku...sekitar hostel kami di kelilingi makanan halal, dan toko-toko milik orang turki. Hostel kami ada di depan jalan dan di lantai 4. Saat  pintu di buka..ahaaa ternyata ini apartement. dengan harga  14e perorang  sangat memuaskan…ada tv, dapur, dekat metro dan dekat pusat perbelanjaan.
Beberapa jam Istirahat dan makan  di hotel, kami pergi ke eifel sampe malam. Saat melihat Eifel Mamah , papa, tante naik terlihat senangggg banget...aku melihat di sudut matanya ada rasa haru. seperti biasa untuk naik ke atas Eifel selalu penuh, tapi karan teutep penasaran  mereka naik sampe lantai 1 bayar  4.5e. Selagi mereka naik menara, aku sama aa duduk-duduk di bawah.
Besok hari nya pergi keliling pake boat, sacre cour, louvre..tiduran di taman deket louvre dan buka perbekalan di taman eifel.
Walopun masih betah di Paris tapi  kami kudu pulang soalnya jadwal ortu disini ga lama.
 Kami pergi dari Paris pake thalys menuju Köln. 

Köln  
Di Köln transit selama 3 jam. Keliling -keliling dulu lihat Dom , old town, dan centrum  Köln sambil  menyusuri sungai Rhein. Nongkrong di resto Thai  cuma ingin duduk-duduk . Kami pesan es leci , kopi dan lumpia. 
Perjalanan diteruskan pake ICE menuju Frakfurt dan Dresden selama 6 jam...sampai Dresden jam 8 malam

Berlin 
Masih dalam rangka menghemat kita pinjam tempat tinggal selama 4 hari di rumah mas Chant, kebeneran mereka lagi berlibur ke Indonesia. Kita pergi ke Berlin menggunakan bis Berliners dengan harga 19e. Di Berlin kita jalan-jalan ke Reichstag, tembok berlin, tempat pengenangan jewish, KBRI, mesjid Indonesia, rumah makan libanon, Dom, Brandenburger tor dan Postdam.
.
Prague 
Karna Praga dekat dengan Dresden, jadi ke tempat ini kita ga pake nginep alias PP. Kita pergi dari rumah   jam 9 pagi pake kereta  dan pulang dari Prague jam 5 sore. pake kereta terakhir. Karna kita hanya punya waktu 4 jam di Prague, jadi aku ajak ortu ke spot utama saja yaitu  Prague castle, Old town, dan Charles Bridge. 
Görlitz dan Perbatasan Poland
Ini rencana dadakan main-main ke perbatasan Poland pulang pergi, kalo ini emang ga direncanakanan. Perginya aja dah sore mana aku pake salah tiket lagi :(. Ortu ku seh seneng banget kalo diajak pergi ke beda negara walaupun itu perbatasan.
Ga terasa sudah 3 minggu. berlalu ..ortu ku kudu kembali lagi ke Indo...Papa kudu balik lagi kerja, dan mama menikmati hari-hari pensiunnya dengan sejubel kegiatan sosial. 
Hari terakhir di Dresden, seperti biasa menyiapakan oleh-oleh  apalagi kalo bukan keju dan coklat. Dan di rumah aku bikinin makanan request mereka Pizza dan kentang hihi...kita makan bareng dan foto bareng.
Besok hari nya  aku sama aa mengantar belio sampai Frankfurt..huu sedihnyaaa...suasana rumahku yang selama 3 minggu berubah lagi menjadi sepi. Selama 2 hari ditinggal ortu aku sedihh dan nangiss teruss..abis gimana bayangan mereka kental banget di memoriku. Ahh...Semoga Ortu ku merasa hepii dan bahagia :). Dag mamah..dag Papa..sampe ketemu lagi :)


 







2 comments:

  1. эх тоже люблю путешествия

    ReplyDelete
  2. Anonymous10:19 PM

    barusan baca: wuaahh...rasanya ikut senang dan terharu membayangkan bisa nyeneng-nyenengin ortu kaya Mb Nisa... :))

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails