Tuesday, April 07, 2009

Makanan Spanyol / Spanish

Kalo biasanya makanan eropa buat aku sedikit rada enek..nah kalo coba makanan Spanyol bisa masuk ke lidahku soalnya makananya berbumbu dan beberapa ada rasa pedas. Makanannya juga ga terlalu aneh tortilla (seperti omelet kentang), calamari (cumi-cumi goreng), dan kentang goreng. Yang bikin unik adalah penyajiannya menggunakan keramik-keramik. Makanan Spanyol/ Spanish terdiri dari berbagai jenis masakan yang berasal dari berbagai perbedaan geografis, budaya dan iklim. Masakan Spanyol banyak dipengaruhi oleh makanan laut. Sejarah panjang Spanyol dengan banyak pengaruh budaya menyebabkan adanya masakan unik dengan ribuan resep dan rasa.
Minyak Zaitun adalah makanan yang harus selalu hadir di rumah-rumah orang Spanyol. Alasannya sebenarnya sederhana. Spanyol memproduksi 40% untuk suplai dunia. Bahkan minyak zaitun dari Italia, kemungkinan bahan dasarnya adalah zaitun Spanyol.
Ini beberapa jenis makanan ala Spanish yg udah aku cobain...

Paella Valencia


Makanan khas dari Spanish..penampilan dan rasanya top banget....disajikan dengan wajan keramik..pokoknya bikin ngilerr deh.
Paella adalah hidangan nasi yang berwarna kuning rada kemerahan dan biasanya disajikan dengan berbagai macam seafood, terutama udang, cumi-cumi, mosel dan lobster ada juga yg ditambah ayam atau daging domba. ditambah juga dengan kacang polong, paprika dan dihias daun ketumbar serta lemon. Paella rasanya hmm hampir mirip dengan nasi goreng, meskipun mirip nasi goreng, ada perbedaan dari cara memasaknya.
“Berasnya digoreng, baru dimasukkan saus tomat dan air kaldu ayam, kemudian seafood, cumi dan udang, serta daging domba, dan ditambah garam, minyak zaitun, Saffron, saus tomat dan air kaldu ayamnya, dan bumbu-bumbu lainnya. Bedanya dengan nasi goreng juga teksturnya karena pengaturan apinya.. pertamanya high heat, lalu simmer tanpa diaduk. Akhiri dengan high heat (kadang di oven) jadi ada gradasi nasi empuk di atas dan crispy layer di bawah (socarrat). Bisa jadi ini mirip dengan nasi goreng, tapi bisa juga mirip dengan nasi kebuli atau biryani khas negeri Arab, mengingat dahulu kala, Spanyol merupakan negara Arab. Oiya Meskipun ada percampuran budaya Timur Tengah dan Barat, orang-orang Spanyol tidak suka bau yang terlalu tajam pada makanan mereka. Seperti spanish rice paella ini, tidak ada bau yang terlalu tajam kecuali rasa bumbu-bumbunya yang kuat.

menu nasi lainnya
waktu itu aku pesen nasi pake ayam di grill. lupa namanya apa..

ternyata nasi putih yg ditaburi herbs kayanya peterseli seh..terus ayam yg udah di grill di siram saus..trus ditambah salad.
kupikir sedikit ternyata banyakkkk banget..sampe aku kewalahan buat makannya hihi





Gambas ala plancha


Istilah lainnya udang bakar..dicocol pake saus atau mayonese.. tapi si udang kayanya ada rasa ya beda..enakk maksudnya :D mungkin ditambahin bumbu khusus kali ya

Trio de Pescado
yg ini enakk bangett.....masih neh rasa kebayang ikan dan kentangnya. ternyata satu piring tuh banyak veriasi bentuk ikan dan berbeda rasanya (namanya juga trio..hihi) 1.ikan di panir pake sesame, 2 . ikannya dihaluskan hmm sejenis naget cuma rasanya khas spanish banget 3 ikannya di grill nah yg baru nyoba adalah si kentang kental banget dengan rasa ketumbar dan bumbu lainnya duhh pkknya enakkk..

Tapas
Tapas adalah macam-macam appetizer dalam makanan Spanyol. Ada bar yang menyediakan tapas ini, kita tinggal pesan macam-macam tapas, disajikan dengan cepat, makan dengan cepat, dan selesai
udang dengan minyak chili kering..pedessss tapi enakk bangett
daging kambing di grill trus di kasih saus hijau ..ga tau namanya apa..tapi yg jelas saus dan daging Top banget.
ternyataaa...ini daging ayam yg dibentuk bola-bola dan di celupkan ke dalam saus tomat..tapi bukan saus tomat biasa...
rasa bola-bola ayamnya dan sausnya juga khas Spanish


Roti Calamaris
Ini oleh-oleh waktu jalan jalan ke Madrid. Roti ini banyak banget di daerah
Madrid harganya juga murah 2e rasanya enakkk dan banyak lagi. Cuma sayangnya roti ini langsung diisi calamaris ga pake mayones, saus atau sayuran.
Jadi kalo mau yang ke Madrid dan mau coba makan ini siap-siap deh bawa saus biar nikmattt.


source : www.sinarharapan.co.id/berita/0802/08/hib09.html , wikipedia, Ari

3 comments:

  1. Anonymous7:48 AM

    thanks for the info. really helps

    ReplyDelete
  2. Anonymous12:12 AM

    Aduuh baca artikel ini jadi inget jaman aku tinggal di Madrid 2002-2006. Kalau perlu nama makanan, masih inget seperti yang di foto itu ada Gambas al Ajillo (udang dg cabe kering), Chuletitas de Cordero (iga kambing bakar), dan Bocadilla de Calamare (roti isi cumi goreng).
    Salam kenal yaaa...
    = Icus =

    ReplyDelete
  3. **Diah :...you are welcome
    Icus : waah makasih bgt buat info nya..bener2 deh aku jatuh cinta sama Spain, kota nya bagus, orang2nya ganteng dan cantik, makanannya enak-enakk. Aku izin tulis di blog ku ya

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails