Monday, April 13, 2009

Dua hari tiga malam di Cracow ( Krakow ) - Polandia



Ada liburan ada jalan-jalan hihi. Rencana jalan-jalan kali ini aku sama aa milih Krakow-Poland, soalnya dari tempat ku sekarang lebih deket. Malah sudah ada kereta yg menuju perbatasan Poland. Rencana jalan- ke Poland udah di planning jauh-jauh hari. Hari jumat tanggal 10 April 09 jam 8.30 pagi-pagi kami pergi ke Poland pake kereta. Sampe perbatasan Poland kira-kira 3 Jam. Kereta yg kupake masih bagus dan stasiunnya juga lumayanlah.
Setelah itu kami lanjutkan perjalan sekitar 9 jam pake kereta Poland. body nya seh kaya kreta jama dulu tapi pas kedalam masih lumayan bagus dan nyaman.
Sepanjang perjalanan, saat di kereta aku ngeliat banyak banget bangunan yg kumuh-kumuh sampe liat stasiunnya aja asli jelekkk banget...perasaan di Indonesia juga ga jelek2 githu.

Akhirnya kita dah sampe di stasiun Krakow glowny jam 10 malam, sebenernya hotel kita di dareah centrum dan ga jauh2 amat dari stasiun...cuma dah males cari-cari jalan dan baca peta akhirnya kami pake taksi 4 e hihi.

Besoknya pagi hari aku sama aa jalan-jalan keliling Krakow, dan ini sedikit info dalam 1 hari keliling Krakow..smoga berguna :

Krakow kota Polandia, kota kedua paling penting sebagai pusat budaya, ilmu pengetahuan dan touris di Polandia,
Polandia kaya dengan tradisi dan monumen. Cracow termasuk ke dalam list UNESCO World Cultural and Natural Heritage. (bersama dengan delapan kota lainnya di Eropa).

Barbican

Dibangun pada Abad ke 14 sebagai kubu pertahanan, terbesar dan terbaik bangunan di Eropa, 130 embrasures, tujuh turrens, tiga meter tebal dinding.. Tempat ini sekarang digunakan untuk acara seni. Disekitar Barbican di keliling taman kota yang nyaman dan indah, yang sudah di buat sekitar abad 19 yang berfungsi sebaai paru-paru kota.

Church of The Holy Virgin Mary.


Abad keempatbelas Gothic Basilica dibuat kontruksi di dekat pasar utama, dibuat gereja romantik: ada 2 gereja bentuk Gothic kubah tertinggi dan dihias dengan ukiran timbul.

Main Market Square


Market terbesar di Cracow dan situs berbagai peristiwa sejarah. Market ini berbentuk persegi dikeliling bangunan cantik dan restoran dan kafe menambah elegan dan betah untuk menikmati secangkir kopi.

Town Hall Tower


Tower ini dibuat pada Abad 19 tempat ini sebagai balai kota. Tower ini ketinggiannya 70 meter di sudut sedikit dari tegak lurus.

Cloth Hall



Pertokoan / kios yang dibuat pada abad14 terletak di pusat kota yang dibangun dengan gaya Renaisans. Pada abad ke 16 pernah terjadi kebakaran. Disekeliling dindingnya terdapat lukisan tokoh-tokoh pemerintahan di jaman Neo gothic. yang karyanya bisa di lihat di Galerry lukisan Museum nasional.

Wawel Castle



bukit kapur setinggi 25m. di atas tingkat yang vistula (228 ma diatas laut) . Telah menarik perhatian jaman Paleonlithic di era 100,000 BC. Sejak abad ke 9, kursi pemerintahan dipegang oleh dynasti-dinasti kerajaan dari Polandia dimulei oleh Vislanes, kemudian Piast dan Jagiellonian. Wawel ini situs paling berharga di dunia karna  arsitektur yang sangat kompleks. Situsini  terhubung dengan sejarah bangsa Polish (Dragon's Lair) sebagai legendaris Dragon wawel yang terletak di bukit. Wawel terdiri dari wawel cathedral, sandomierz tower.

Synagoge
didirikan pada abad ketujuhbelas oleh izaak Jakubowicz bangunan berbentuk stucco dekorasi dan Renaissance frescoes. Tempat ini pusat untuk pendidikan jewish.

Perjalanan keliling Krakow pun selesei . Minggu siang kami keluar dari hotel. Pejalanan panjang 5 jam dengan kereta butut ala Poland yg jes ge jes dan pemandangan bangunan kumuh pun.. pun kudu kami lewati. Kami berhenti di Wracklow glowny untuk ganti kereta menuju ke Dresden..dan alhamdulillah akhirnya kami bisa menikmati lagi kereta Jerman yg bersih....padahal kereta jerman nya masih sekelas RE..tapi terlihat bedanya.
jam 10 malem akhirnya nyampe juga di Hbf, cari dulu makanan berhubung lapar dan untungnya masih ada rumah makan cina yg buka..
Begitu sampe rumah makan, shalat dan bobo...hmmm emang kmana pun perginya tetep rumahku istanaku..:)

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails