Sunday, April 08, 2012

Bale Kambang " Tanah Lot" nya Malang

Long weekend tiba….seperti biasa waktunya merencanakan buat jalan-jalan 
”kita jalan kemana neh…???” Tanya suamiku…kata temen-temen aa ada pantai  bagus deket malang mirip tanah lot di Bali.
Hmm kayanya pernah baca deh…..aku langsung buka buku “Where to go Malang” ..ubek ubek buku nya…ketemu deh.." ïya Aa namanya pantei Balekambangan..kesana yukk…
Langsung deh googling dan packing2 . Handuk, alat mandi, baju ganti, sun block, minuman,cemilan dan kamera masuk ke dalam rangsel coklat.

Keluar dari rumah jam 8 pagi dan mengikuti alur jalan yang tertulis di google map. Ini perjalanan terjauh selama kami tinggal di Malang. Kami keluar dari arah sumber sari – jl galunggung – jl Raya Langsep,  belok kiri Ihwan Ridwan (IR) Rais – lurus terus sampe melewati Brigadir Jendral Katamso- belok kanan ke Jln Arif Margono- lurus terus melewati jl Kolonel Slamet Riyadi- Belok kiri kalo satsuit Tubun- belok kanan ke jln Lowokdoro- belok kanan ke arah Bululawang Malang-lurus terus sampe ketemu jln Bulu Lawang Gondang Legi- dari sini banyak petunjuk ke arah pantai bale kambangan tinggal diikuti aja.


Dalam perjalanan menuju pantai kita disuguhi dengan berbagai macam pemandangan pohon-pohon besar , ada sederetan perkebunan tebu. Menuju arah  Bululawang sampe mendekati pantai beberapa jalannya rusak parah,  wuihhhh jalan jalannya liuk-liuk tikungan tajam. Jadi pastikan kendaraan kita OK dan bensinnya full tank. Ahh akhirnya nyampe juga gerbang pintu masuk pantai. Tiket masuk perorang 10 ribu. Perjalanan total dari rumah sampe pantei sekitar 2 jam.


500 km dari pintu gerbang menuju pantai, sudah mulei tercium bau amis nya pantai dan deburan ombak...subhanallah pantainya biru dan masih alami. Yang khas dari pantai ada 3 pulau : Pulau Anoman, pulau Ismoyo, dan Pulau Wisanggeni. Pantesan aja pantai balekambangan disebuh tanah lot nya malang..ternyata di tengah  Pulau Ismoyo berdiri sebuah tempat ibadah umat hindu namanya Pura Amerta jati, yang didirikan tanggal 17 Oktober 1985. Untuk menuju ke Pura kita dapat berjalan melalui sebuah jembatan beton. Sayangnya di tengah jembatan beberapa pegangan jembatan hilang , jadi kudu hati-hati.
Seharian menikmati pantai ini saya  tidak melihat perahu lewat, mungkin ombaknya besar..tapi masih banyak orang yang berenang di pinggir pantai…atau kalo mau lebih amannya lagi kita bisa berenang bersama anak-anak diperairan yang terlindungi pulau Ismoyo atau di laguna yang berada disisi jembatan kearah Pulau Ismoyo. Pasir putihnya pun terlihat bersih jadi asik banget kalo kita main-main pasir.  Don‘t worry kalo laper atau lupa baju ganti banyak ko yang berjualan disekitar pantai ini. Oiya disanapun ada mushalla dan kalo mau ke mandi siapkan uang 2 ribu perak.


Keliatannya cuaca sudah tidak bersahabat...kita pun memutuskan untuk pulang, apalagi ngebayangi rute nya yang berat.

Kesimpulannya...biarpun perjalanan jauh dan medannya rada berat...tapi ga rugi deh kesana..soalnya pemandangannya asli bagusssssssssssss bangett .

3 comments:

  1. Anonymous6:52 AM

    bale kambangan atau bale kambang ya mba... setahuku orang2 nyebutnya bale kambang aja.. gak pake -an..

    ReplyDelete
  2. makasih atas koreksinya..betul namanya Bale kambang. Sudah pernah kesana ya?

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails