Monday, May 28, 2012

Malang Tempo Doeloe

Ah Bersyukurnya saya tinggal di kota Malang...kota nya nyaman, cantik, dan menyuguhkan banyak tempat wisata . Salah satunya minggu kemaren disepanjang jalan utama di Malang yaitu jalan Ijen digelar  Malang Tempo Doeloe VII (MTD) selama empat hari.  Hari kamis hari pertamanya acara MTD di buka...jam 4 sore  saya dan temen-temen  sudah nongkrong jalan-jalan keliling jalan Ijen. Acara ini buat saya adalah untuk pertama kali..jadi masih worthed banget.
Karna aa belum pernah kesana dan ngajak malem hari...jadi ya aku nemenin pergi lagi deh kesana...weitss ternyata kalo malem-malem orang2 tambah banyakk dan tambah padet...alhasil ga banyak yang kita nikmati selain pegel dan cape. 

Sedikit informasi...katanya  kalo pagelaran MTD ini sudah menjadi agenda wisata tahunan dan lokasinya juga tetap sama seperti tahun-tahun sebelumnya (sepanjang Jalan Ijen). Dalam pembukaan MTD  oleh Wali Kota Malang, seluruh panitia dan protokoler dari Pemkot Malang wajib mengenakan pakaian tempo dulu, sehingga nuansa zaman dulu benar-benar kental. Dan memang suasana nya dapet banget..serasa balik ke jalan tempo dulu..malahan saya lihat beberapa pengujung pun pake baju  tradisional..seruu deh.



Informasi lagi neh tujuan MTD yang digelar setiap tahun sebagai ajang pembelajaran bagi anak-anak maupun masyarakat secara umum. Banyak arena pembelajaran yang bisa digali dari arena MTD, seperti sejarah yang langsung bisa dilihat dalam replika berbagai bentuk bangunan dan gedung pada zaman dahulu, pengetahuan tentang seni dan  ilmu  lainnya. Intinya MTD ini pagelaran yang bisa membangkitkan semangat belajar dan keingintahuan masyarakat akan sejarah bangsa dan kota Malang.

Dimana ada pegelaran besar udah pasti dunk yang bikin rame dan hangat yaitu stan makanan yang  menawarkan aneka jajanan masa lalu (kuno) ada gulali, tebu yg dipotong2, aromanis, angsle, ronde, jamu, es gandul, pkknya banyakkk lagi aduhh banyak yang aku ga tau namanya.

Di Stan ini juga di jual  benda-benda antik yang bernilai tinggi dan mata uang jaman dulu, ada yang menjual wayang kulit juga. 

Katanya ada  500 stan lho.....dan setiap  stan bernuansa zaman dulu dengan penerangan lampu teplok  (cempor). Dan rata-rata yang dateng ke acara ini kurang lebih mencapai 400 ribu orang per hari ckckckck pantesss ajaaaa macetttttt...Mau cari jalan alternatif sekitar daerah MTD teuteup aja macet. Kalo Suamiku bilang..gpp lah macet di Malang kan jarang..kita nimkati aja...:D

2 comments:

  1. Halo mbak Nisa Mufti.... n_n salam kenal, kebetulan aja saya nyari2 sesuatu tentang Dresden dan nemu blog ini. Saya juga dari Malang lhoooo.... dan sekarang lagi di Dresden! Untuk setahun pertukaran pelajar

    ReplyDelete
  2. hei Gege Arasy....waahh senangnya pasti dirimu lagi menikmati musim dingin.Dresden kota nya asik...bakal betah deh disana. Sudah ketemu sama teman2 Indonesia?..ikutan acara Formid biar jd obat kangen di kampung halaman, Biasanya nnti ada masakan Indonesia. Kalo butuh info ngobrolnya di FB aja ya. Aku sekarang tinggal di Malang...kalo dirimu dah sampe Malang kabari yaa..kita ketemuan. salam buat teman2 di Dresden.

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails