Friday, March 02, 2012

Lontong Kupang - Malang

Di pinggir Jalan di Kota Malang banyak penjual KUPANG atau LONTONG KUPANG. Awalnya aku ga tertarik sama sekali, sampe satu saat temenku mba Erni merekomendaskan Kupang Kraton di jalan Dr Cipto kios 12. 
Tempatnya biasa aja, tapi panci dan tempat untuk membuat hidangan kuahnya unik, tradisional banget. 
Sepiring lontong dan kuah kupang pun tersaji di depanku...kita makan sepiring bertiga. 
Biar lengkap makan kupang ini dimakan bersama Lento (singkong parut yg digoreng), sate kerang dan tahu sidoarjo. 
Kuahnya biar tambah enak kudu  di tambah dengan bumbu petis...jadi rasanya manis, asam jeruk lemon, pedasss....enakkk segerrrr, dan ga enek.

Mba dan Mas pemiliknya duduk di depan kami, sambil makan kami pun  sambil ngobrol ngalor ngidul, belio  cerita kalo warung ini direkomendasikan di buku kuliner Malang, dan paling legendaris di kota Malang soalnya didirikannya sudah lama tahun 1983. Kupang ini pake resep turun temurun dari nenek nya ibu hj Komariah..sambil  belio menunjukkan foto neneknya yang tertempel di dinding warung.

Si mas pemiliknya tanya....Gimana rasanya ?? Suka ga??
dengan jujurnya aku bilang..enakkk tapi karna masih baru jadi masih asing di lidahku...
Buat yang alergi seafood kudu hati-hati, tapi buat yang pecinta seafood makanan ini patut di coba.

Penasarankan apa itu kupang. Kupang adalah hewan laut, warna tubuhnya agak pucat tapi kalo dimasak warna nya putih tapi kepalanya hitam. Kalo di Jawa timur hidupnya di pesisir utara dan  hanya ditemui di Sidoarjo,  Surabaya, Pasuruan..makanya di tempat lain ga pernah ada menu Kupang ini :).


Kenyang juga makan kupang bertiga..sebelum pulang kita berfoto ria dulu...:)


so...buat yang wisata ke Malang jangan lupa cobain makan ini :)

1 comment:

  1. …yang ingin coba lontong kupang di Surabaya, coba aja Lontong Kupang Mbah Yo di Jambangan Surabaya…samping kolam pancing Jambangan…dari arah Jl.Karah kanan jalan sebelum Kantor Kecamatan Jambangan…rasanya beda, khas banget…pokoknya recommended..apalagi sate kerangnya…waaaah….hmmmm…jadi pingin kesana lagi..hehehehe...Lontong Kupang Mbah Yo di Jalan Jambangan Kebon Agung No.1 Sby 0858-5228-0255...nyesel kalo nggak nyoba....lihat ulasan : http://arrohman.blogspot.com/2012/03/wiskul-lontong-kupang-mbah-yo.html

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails