Tuesday, October 04, 2011

Restauran peking duck terkenal di Beijing : Quanjude ( Bi an Yi fan )

Hari itui tanggal 15 Agustus bertepatan dengan hari ultah suami ku…untuk merayakannya kita dinner di restaurant Quanjude..yang katanya restaurant ini sangat terkenal dikota  Beijing. Kalo kata info para traveler di internet  katanya belum ke Beijing kalo belum makan si  roast duck peking nya. Dan si aa emang demen banget sama si bebek..apalagi kalo dimasaknya crunchy banget. 
Aku tau restaurant Quanjude  ini, soalnya tiap aku gooling “roast duck” sudah pasti merekomendasikannya ke tempat ini, wajarlah banyak merekomendasikan secara resto ini dapat award “China Renowned Trademark”"  karna  rasanya terjamin enak dan harganya murah. Jam 6 sore kita keluar dari hotel, di depan hotel sudah berjajar taxi dan saat kami menunjukkan nama restaurant dan alamat dengan tulisan latin semua supir taxi ga ngerti..dia langsung memberi aba-aba kalo dia ga mau mengantar kami. Kami kembali ke hotel menanyakan ke resepsionis,  sepertinya kejadian seperti aku dah sering terjadi di China. Pegawai resepsionis menuliskan dengan huruf kanji sekaligus menelpon restaurant yang kami ingin kan.
Taxi pun melaju sampai depan restaurant, kami membayar 20 Yuan..oalahhh orang-orang ternyata sudah antri di depan menunggu giliran makan. Kami dapat giliran no 1024. Dan nanti pemanggilan nomornya pun dengan bahasa china. Aku seh selalu dekat-dekat dengan si mba bagian tiket antrian, biar dia  inget dengan nomor kami. Untungnya kami hanya menunggu kira-kira 15 menit..kami bisa duduk di bagian meja yang 4 kursi.
Kami masuk restaurantnya..waawww besarrr dan mewah…nuansa merah…pelayan memberikan 2 buku menu yang ukuran besar, belum saja kami baca-baca..pelayannya langsung menanyakan menu pesenan..mungkin karna customer sudah byk menunggu di luar.
Kami pesan makanan sengaja tidak terlalu banyak, takutnya ga habis. Kira-kira 45 menit makanan yang kami pesan tersedia setengah badan roast duck yang udah di slice berbentuk teratai, potongan bawang prei dan mentimun berbentuk lidi, saus hoisin, bawang putih, gula pasir dan dumpling (pancake), tumisan   kacang dan dan sayuran hijau kalo di Sunda seh namanya Zaat, tentu saja kami juga pesan nasi biar nendang. Dessertnya aa pesen orange juice dan aku mango juice.
Setelah makanan tersedia, pelayan berdiri diantara kami dan memberi tau cara makan menu ini. Ambil selembar dumpling…ambil 2 slice roast duck..masukkan ke dalam hoisin…simpan di lembaran dumpling sambil saus hoisinnya disebar, tambahkan daun prei, mentimun, bwg putih dan gula pasir..lipat-lipat ..dan makan dengan chopstick…nyam-nyam enakkk.
Kami pun mulei makan..walaupun buat kami rasanya sulit dan cape..alhasil waktu makan kami rada lama dan sedikit belepotan hihi. Betul-betul dinner kali ini kami nikmati…begini rasanya seni culiner.

Terakhir kami pun memberikan tips..dan pelayan langsung medekati kami kalo pengunjung dilarang memberi tips. Karna di dalam bill sudah termasuk 10 persen untuk tips.
Kami pulang dengan taksi seharga 10 Yuan..dan kembali masuk hotel.



Menurut sejarah tentang restaurant Quanjude hasil googling..begini....
Quanjude, restaurant  terkenal Cina, didirikan pada 1864 (tahun ketiga Tongzhi dari dinasti Qing). Restaurant ini tetep bertahan walaupun China pernah mengami masa-masa sulit.
Sejarah yang panjang, akhirnya  Quanjude sekarang memiliki  reputasi tinggi di kalangan konsumen dalam negeri dan luar negeri.
Tehnik pemanggangan yang  sulit. Kalo lihat figuran di bagian depan resto ini bebek digantung di oven dan dipanggang dengan kayu bakar. Waktu yang dibutuhkan untuk membakar 45 menit. Ciri roast duck yang enak adalah kulit nya renyah/ crunchy, daging nya lembut, warna merah dan mengkilat pada kulit bebek .  
Kalo masuk ke dalam restaurant ini,  tamu akan dimanjakan seperti raja dan tuan putri...para pelayan memberikan salam, melayani segala kebutuhan kita..dan memberikan rasa nyaman.
Kita juga  akan melihat dapur terbuka..dan kita melihat para koki beraksi, tentunya di restaurant ini kebersihan tetep terjaga. Aku bilang seh sudahbertaraf internasional. Saat memotong bebek para koki pun dilengkapi dengan penutup mulut dan sarung tangan.

Di restaurant ini bukan hanya ada menu Roast duck tapi juga di lengkapin 400 hidangan dengan rasa khas Quanjude. Saking terkenalnya, para pemimpin pemerintahan, pejabat dan orang2 kaya di China dari hampir 200 negara dan  telah mengunjungi restoran ini  untuk dinner. Makanya sangat wajar kalo Januari 1999, Quanjude dianugerahi gelar 
“China Renowned Trademark“.

Ahh suamiku makasih buat perjalanan ini.....ini surat cinta dari istrimu..:)



    Happy Birthday Bunny..
    I am so lucky to have a husband like you.
  Every year with you is better than the last.

Happy Birthday  Ayank !
 Hanging out with you is still my favorite thing to do.
      
Happy Birthday to my partner and my best friend.
My love for you grows and grows with each passing year.
You are still the man of my dreams.
I can't imagine living without you at my side.
Growing old with you is one of my favorite things to do.
A husband like you is the frosting on the birthday cake of life.
       
Happy Birthday to the love of my life.
 You're not just my husband, you're also my best friend.
*      I promise to always stand by your side and support you whenever you need me
I will always love you. Happy Birthday. Happy birthday dear.

Beijing, 15 Agustus 2011
Love


Source : web Quanjude dan http://familytourbj.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails