Friday, October 28, 2011

Lapangan Tiananmen Beijing

Dari view traditional hotel tempat kami menginap,  kami berjalan mencari letak Lapangan Tiananmen, kami berjalan kaki mengikuti rute dari  map dan informasi dari resepsionis, kata resepsionis seh walaupun jaraknya dekat tapi kami direkomendasikan menggunakan taxi. Tapi dasarnya kita berdua turis hemat kami putuskan untuk berjalan kaki saja. 
Kita sudah berjalan kaki cukup  jauh tapi tetep belom ketemu lapangan Tiananmen...akhirnya  nyerah deh..pasang lambaian tangan dan  taksi pun berhenti di depan kita. Waolah ternyata emang letaknya jauhhh banget. 
Taxi menghentikan kami di depan lapangan Tiananmen. tapi karna satu arah kami pun kudu menyeberang. Jalan raya di antara lapangan ini juga cukup besar. kami berdua celingak celinguk ko ga ada orang yang menyeberang jalan. Sambil berpikir keras kita muter-muter letak dimana tempat penyeberang jalan..ternyata ketemu!!! letaknya ada di bawah tanah. 


Sampai di lapangan Tiananmen ternyata kita kudu memasuki  ada pintu yang dijaga ketat..penjagaannya mirip kaya mo masuk bandara..tenangggg ga pake bayar ko...dan kita bisa bawa minuman dari luar. Lapangan Tiananmen berada di pusat kota Beijing dan lapangan ini sangat luas kata wikipedia  luas 440.000 m2  ada juga yang mengatakan 40,5 hektar (100 hektar) jadi sangat wajar kalau  lapangan ini terluas di dunia. Lapangan Tiananmen, yang secara harfiah "Gerbang Surgawi Perdamaian" Square.
Bayangkan saat kami ke sana cahaya matahari yang sangat terikkk tanpa angin..summer githu lho..Pengunjungpun  tumplek di tempat ini...nambah panas lapangan ini. Kami muter-muter keliling lapangan ini rasanya capeeee banget. Entah brapa botol minuman yang telah kami habiskan. 

Lapangan Tiananmen syarat dengan sejarah yang ternyata di China sejarah ini di tutup rapat-rapat. Beberapa peristiwa penting bersejarah yang terjadi di lapangan ini di antaranya:

Mao Zedong menggunakan situs Lapangan Tiananmen untuk mengumumkan kelahiran Republik Rakyat Cina. Sembilan tahun kemudian, pada tahun 1958. Lapangan ini  diperbesar seperti ukuran sekarang. Situs ini adalah diapit di sebelah timur oleh Museum Nasional Cina, dan di barat oleh Balai Besar Rakyat. Sisi selatan meluas ke Qianmen (Gerbang Depan), struktur tradisional yang terletak di sepanjang rute Forbiddem City. Sisi utara alun-alun dibagi dari Gerbang Tiananmen oleh Chang'an Avenue, jalan raya timur-barat lebar.

Di sebelah utara lapangan ini ada tiang bendera di mana setiap harinya diadakan upacara penaikan dan penurunan bendera oleh tentara kehormatan. Di lapangan ini tidak boleh ada papan dan poster reklame, bahkan bus dan kenderaan yang melintasi jalan di depan lapangan juga tidak diperbolehkan memiliki reklame di badan bus maupun kendaraan.
Di sebelah selatan lapangan ini,  dibangun sebuah bangunan yang merupakan Mausoleum Ketua Mao simple nya musium yang di dalam bangunan ini disimpan jenazah Ketua Mao Zedong yang diawetkan di dalam kotak kaca ditempatkan auseleum. Sayangnya saat kami kesana museumnya sudah ditutup. Untuk masuk museum ini penjagaannya cukup ketat, salah satu nya pengunjung tidak boleh membawa air minum.
Di sebelah timur lapangan ini terdapat situs  Museum Nasional Cina yang megah. Tapi kami tidak kesana berhubung terlalu banyak tempat wisata yang kudu kami kunjungi. Sayang banget seh...:((.

Lapangan ini terletak di luar pintu selatan terdapat Istana Kuno Dinasti Ming dan Qing. Menuju ke istana ini kita masuk penyebrangan bawah tanah. Sesampai disana ternyata antrian panjangggggggg banget. Di sekitar antrian orang terdapat banyak polisi-polisi bersenjata.
Memasuki istana ini terdapat gerbang dengan daun pintu khas berwarna merah dengan bulatan-bulatan emas. saya melihat banyak pengujung yang mengusap-usah  bagian kuning  dengan jari jemari...ternyata selidik punya selidik itu adalah symbol keberuntungan.
Istana ini ternyata gedeee....di bagian pinggir terdapat sederetan gedung-gedung berarsitek china. Dan dibagian tengah banyak penjual.
kalo kita jalan lurus maka akan terdapat Forbidden palace.









http://iwandahnial.wordpress.com/2009/06/08/mengenang-pembantaian-di-lapangan-tiananmen-cina-1989/
wikipedia dan pengalaman sendiri

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails