Monday, October 31, 2011

Arca Dwaralapa penjaga Candi Singosari

Setelah puas menikmati candi singosari, saya pamitan dengan bapak penjaga candi "monggoh Pak"sapaku. Bapak penunggu candi pun keluar dengan santunya beliau memberikan kode kepala tanda berpamitan  "Mba sekalian kunjungi Arca Dwaralapa dan candi sumberawan dekat ko  mba..mumpung sampeyan kesini, jalan-jalan ke Malang". Kami pun pergi ke Arca Dwaralapa....oalah ternyata  arca ini dekettt banget dengan candi Singosari.  


Arca Dwaralapa setinggi 4 m dengan posisi gada ini menunjukkan bahwa menghadap ke bawah. Posisi gada ini menunjukkan bahwa meskipun penjaganya raksasa, ia masih memiliki rasa kasih sayang terhadap semua mahkluk hidup. Arca seperti ini hanya ada di candi Singosari. Di dekat arca Dwaralapa terdapat alun-alun. hal ini menimbulkan dugaan bahwa candi ini terletak di kompleks pusat kerajaan.


Arca Dwaralapa ada 2 buah yang saling bersebrangan dan letaknya dipinggir jalan. Saat saya kesana kebutulan hari Minggu..sepertinya akses mendekati arca ini sulit, karna pagarnya terkunci. Jadi kami hanya melihat dari kejauhan.


Untuk saya orang awam dengan sejarah sekilas arca  berharga ini seperti arca biasa aja...soalnya arca ini penuh debu,..hmm mungkin ekspektasi saya masih terlalu tinggi..selalu saja saya bandingkan tempat wisata yang berada di eropa.
Tapi semoga suatu saat nanti ada banyak pihak yang aware tentang peninggalan sejarah kita.

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails