Monday, October 31, 2011

Candi Sumberawan Malang

Candi Sumberawan berada 6 km dari Candi Singosari...letaknya lumayan tersembunyi seh..tapi mungkin  sebentar lagi ada jalan besar sehingga  memudahkan mobil memasuki  akses ke candi Sumberawan. Kebetulan saat kami kesanajJalan besar ini sedang diperbaiki dan masih jalan tanah.
Candi ini di berada di antara pertanian , hutan pinus dan telaga sumber mata air yang bersiihhhhhhh..banyak anak anak yang dengan riangnya berenang disana, dan beberapa orang juga menggunakan air ini untuk mencuci baju sampe karpet. Pemandangan disekitar candi ini indah, sejuk dan menetramkan hati.


Candi Sumberawan ditemukan pada tahun 1904, terbuat dari batu andesit dengan ukuran  panjang 6,25m, lebar 6,25 m, dan tinggi 5,23 m berbentuk segi delapan dengan susunan batu berbentuk genta (stupa) yang puncaknya telah hilang.  Candi ini berupa stupa sehingga tidak bisa dinaiki. dan tidak memiliki relief. 


Di depan taman samping  candi ada prasasti batu berbentuk persegi empat setinggi 4 cm. Tulisan berbahasa belanda pada prasasti itu kini sudah hampir terkikis, isinya berisi kalau candi ini direstorasi oelh pemerinta Hindia Belanda tahun 1937.

Candi Sumberawan dipercaya merupakan alat transformasi untuk mengubah mata air yang ada di bawahnya menjadi air kehidupan atau air suci, yang dalam sansekerta disebut amerta. Amerta merupakan air para dewa yang dipercaya sebagai air keabadian. Sehingga candi ini dikait-kaitkan dengan kekuatan magis. Secara rutin setiap memasuki bulan Suro (sekitar bulan Agustus) masyarakat  desa sekitar melakukan acara Selamatan Sumber. Tumpeng pun dipersembahkan sebagai ungkapan rasa syukur atas mengalirnya mata air sumberawan yang telah menghidupi ribuan jiwa. sebagian orang juga datang kesini untuk memanjatkan doa, memohon keselamatan di salah satu ruang ujung kawasan candi terdapat ruang khusus untuk semedi.



Perut udah mulei kerubuk-kerubuk..saatnya mencari makan siang. kami pun berpamitan dengan bapak penjaga candi. Kami pun kembali ke arca dwiralapa untuk makan bakso malang nya yang eunakkkkk.









No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails