Friday, September 09, 2011

kesan dua minggu di Beijing

Ini hanya kesan-kesan selama aku dan suami berada dua minggu di Beijing.
Tata Kota
Beijing tenyata besarr…jangan terjebak dengan peta…Biar aman Kalo buat kita para turis mending kalo mau berpergian siapkan waktu dan tenaga untuk berjalan kaki dan kesasar.
Entah karna tempat yang kami huni daerah perhotelan dan apartemen, kesan pertama melihat Beijing adalah bersih, walaupun udara disini sangat panas  32 C dan tanpa angin, tapi polusi udara dari kendaraan tidak  begitu sekotor kalo dibandingkan dengan tempat tinggalku di Indonesia. . Saya tinggal di lantai 8 dan dari kejauhan saya bisa melihat lalu lintas kendaraan setiap hari…hmm saya sampe berpikir ulang katanya China penduduk palig padat di dunia..tapi ko lalu lintas  lancar. Sama hal nya saat saya menggunakan taksi, perjalanan pun lancar tanpa macet. Penataan Kota disini cukup rapih, yaa walaupun saya sering melihat beberapa pengguna kendaraan tidak patuh misalnya saat di zebra cross mobil tetep aja melaju, atai juga kendaraan berhenti dimanaaa aja, ga lihat apa dibelakang  ada kendaraan atau engga. Aku juga lihat taksi menaikkan atau menurunkan penumpang di tengah persimpangan atau di zebra cross.
Di daerah yang padat apartemen dan hotel,  jalan raya di bagi menjadi 3 jalur  . Setiap jalur dipisahkan oleh pagar pendek  yang berwarna putih, jalur pertama untuk kendaraan, pejalan sepeda dan pejalan kaki. Aku pikir di China banyak banget di jalan raya berkeliaran motor keren-keren..secara di Indonesia banyak bgt motor produksi China…ehh tau nya disini malah banyak motor kerempeng yang dijalankan tanpa mesin dan mereka melaju dibagian sepeda. Ahh pantas aja polusi udara disini  ga terlalu kotor.

Transportasi
*Subway station
Percaya ga kehidupan ada dibawah tanah…aku percaya kalo China penduduknya paling banyak setelah aku masuk underground. Di bawah sana..tempat subway station..banyak banget orang-orang yang menggunakan fasilitas ini dari berbagai arah. Dan untuk pertama kalinya aku menggunakan tram sepadat ini.
Subway di beijing ternyata canggih bener...mesin untuk membeli tiket pun sudah touch screen, sampe kita kudu menentukan tujuan akhir kita. Harga tiket jauh dekat 2 Yuan. Untuk masuk area subway di bagian depan,  tahapan awal ada security check,  tas dan barang bawaan kita diperikas persis kaya di bandara. Tahapan selanjutnya  chek tiket,kalo ini she mirip2 kaya di eropa. Cuma ini lebih canggih lagi…tiket tinggal di touch aja dan pintu akan membuka. Tahapan akhir dan ini tahapan paling stress kita kudu antri dibagian pintu tram. Di setiap pintu tram ada petugas berpakaian kuning, jangan heran kalo petugas akan teriak-teriak begitu banyak penumpang ga mengikuti aturan.
Begitu Tram dating, dan seandainya kita ada di bagian tengah para antrian , maka kita akan merasa di dorong kebagian depan. Aku dan aa langsung pegang erat-erat agar kami ga terpisah..alhasil di dalam  subway pun  padat…ruang buat kentut sama nafas aja sulit banget.
Biarpun kita dah tau kondisi subway di Beijing tetep aja trasnportasi favorit kita selama di Beijing. Karna rute nya jelas, waktunya cepat, dan murah.
*Taksi
Berdasarkan pengalaman kita, Sebelum menggunakan taksi tulis dahulu tujuan kita kalo selengkap-lengkapnya dengan tulisan kanji dan telp. Ternyata tulisan latin tidak cukup mengerti  oleh supir taksi. Jadinya setiap kami akan bepergian kami sellau minta tolong recepcionis untuk menuliskan dalam bentuk kanji. Jangan kaget kadang2 si supir meminta sejumpah uang, dan arahnya diputer-puter biar keliatan jauh. Lebih aman kalo menggunakan argo.
Cerita seram tentang Toilet
Saat aa bilang kalo pertengahan Agustus ke Beijing..aku langsung tanya-tanya dunk tentang Beijing sama temen2 yang udah pernah kesana..aku tanya Cintya..aku tanya juga Jupe...hiyaa setelah mereka ngejelasin panjang lebar tentang Beijing..ujung-ujungnya  cerita tentang seramnya toilet. Pertama kalinya aa masuk toilet di restaurant…toilet duduk dan pendek..dan memang kebiasan mem flash atau membersihkan setelah kencing atau bab rada kurang membudaya kali ya. Alhasil aa nahan kencing sampe ke hotel.
Kalo berjalan ke penjuru jalan, di daerah yang sepi, banyak rimbunan tanaman pasti aja aku  menciumi bau pesing hihi..pasti ini cowo2 yang pada kebelet pipis.
Tipikal orang-orang Beijing
Kalo ini kesan secara personal…kalo menurutku seh, maaf ya kadang secara sepintas wajah mereka kelihatan jutek…
Beberapa pelayan bank dan resto terlihat kurang ramah, cape kali ya melayani banyak orang. Tapi kebanyakan yang aku temui hampir kebanyakan ramah, walaupun dia ga ngerti apa yang kita tanyakan tapi saat kita minta tolong mereka mau ko menolong kita.
Hati-hati
segerombolan orang yang biasanya berpatroli disekitar luar hotel, mereka langsung mendekati kita dan menanyakan kita bisa bahasa china atau ga..dan ujung2nya dia minta uang untuk ngasih makan anak dll. Awalnya aku juga ga yakin..tapi aku kasih aja recehan..eeh bener aja pas ketemu dengan gerombolan itu lagi mereka lagi hahahihi sambil ngerokok…
 
Awas ketipu
Terutama kalo mau pada  belanja atau beli makanan ya kudu hati-hati…bias-bisa salah dikasih harga yang gila-gilaan. Berhubung aku ga jago nawar dan aku juga males memeras waktu buat tawar menawar..mending kalo bisa ngomongnya , nah ini nawar pake bahasa tarzan..gimana coba…capee dehh J.
Aku pernah punya pengalaman, kejadiannya di wangfungji street..aku Tanya pelayan berapa harga kelapa muda..eeh si pedagang langsung main masukin sedotan ke dalam kelapa muda dan kami kudu bayar 50 yuan..padahal harga pasarannya 15 yuan..sebel deh L. Dari pengalan ini aku mending beli makanan yang udah tulisan harga nya. Beli  oleh-oleh cemilan makanan aku mending milih di supermarket lebih terjamin kualitas dan waktu expire nya. Ternyata di cek sama aja ko harganya, malah kadang2 kalo di tempat2 tourist harganya mahal, ga kira-kira. Intinya kudu berani nawar deh, dan lihat waktu.

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails