Wednesday, September 14, 2011

Info mengurus Tax Free di bandara Frankfurt

Untuk temen-temen yang akan pulang habis dari Jerman ke Indonesia, smoga pengalaman saya ini bisa berguna.


Menjelang kepulangan saya ke tanah air, beberapa info sudah saya  kumpulkan baik itu dari pengalaman teman-teman maupun artikel yang saya baca.Info  bagaimana cara mendapat kan Tax free dan dimana tempat pengurusan tax free. Ehm..realitynya ....ternyata cerita dari teman-teman dengan pengalaman saya berbeda, kemungkinan karna peraturan setiap bandara berbeda.


Dari Dresden saya menggunakan kereta menuju bandara Frankfurt. Karna sudah diniatkan jauh-jauh hari untuk diniatkan mengurus tax free , jadi kami datang ke bandara beberapa jam sebelum pesawat take off. Sesampainya di bandara saya  tanyakan ke petugas informasi dimana letak pengurusan Tax free. Aha..ternyata letak pengurusan tax free berada di tengah2 antrian untuk  chek in. Saya pun mengantri...tiba2 petugas mengampiri para antrian yang kebanyakan orang Asia  dan timur tengah. Kami pun disuruh untuk check in terlebih dahulu, trus entar balik lagi.
Beberapa orang mengikuti anjuran petugas, tapi kami memutuskan tidak karna ternyata urusannya ribet. Saya nurut apa kata suami "daripada kita kehilangan waktu,  efeknya malah fatal.  Ngurusin tax free tapi entar ketinggalan pesawat". ya sudahlah...aku pasrah aja..mungkin belum rezeki. 


Tapi aku menyimak beberapa orang yang keukeuh ngurus tax free sebelum check in imigrasi dan ini biasanya untuk koper bagasi....begini peraturannya.....
- antri check in terlebih dahulu, nanti kalo sudah di depan petugas bilang kalo  kita mau ngurus tax free, jadi barang tidak di timbang dulu, dan nanti petugas memberi semacam surat konfirmasi..
- pergi menuju tempat tax free sambil membawa koper kembali....masuk ke bagian kepolisian bandara (mereka berpakaian hijau) , tunjukan surat tax free dan tunjukan barang yang sudah dibeli.. Polisi memberi tanda ceklis barang mana aja yang bisa di refund. Setelah beres...
- Pergi menuju kasier, berikan surat tax free yg udah di ceklis dan nanti dapat uang cash.
- Kalo urusan tax free beres balik lagi ke antrian check in...


Kami sudah check in dan sudah check imigrasi...ternyata di dalam bandara pun ada fasilitas tax free dan khusus untuk koper cabin. Proses pengurusannya mirip sebelum chek in cuma ga begitu ribet. Saya pun cepat-cepat bergegas ke tempat tax free , untungnya tidak banyak orang yang mengantri. Saya serahkan berkas tax free, pasport dan barang2 yang sudah saya siapkan  di cabin. Petuganya benar-benar telitiiiii banget sampe-sampe dia periksa kesusaian barang dan  bon, kalo sesuai maka petugas akan menceklis.  Beberapa barang yang ga bisa saya buktikan karna barangnya tertinggal di koper bagasi ga bisa di refund...hiks. Kertas tax free yang udah di ceklis tadi diserahkan ke kasier..dan yupii saya mendapatkan uang cash 75 Euro.

Tips dari saya:
- Kalo mau ngurus tax free, belanja barang sebelum 3 bulan menjelang pulang habis ke Indonesia.
- Untuk memudahkan proses tax free, di rumah sudah disiapkan barang2 yang mau di refund. Misalnya,Kalo mau ngurus tax free sebelum check in (koper bagasi) brarti simpan barang yg mo di refund di bagian atas dulu, baru nanti packing  kembali. 
Atau kalo ga mau ribet ngurus tax free setelah urusan check in dan check imigrasi selesei, simpan barang yang bisa di refund di dalam koper cabin.
- Ngurus tax free emang butuh sedikit ribet dan kesabaran, jadi mending datang ke bandara beberapa jam sebelum pesawat take off.


segitu dulu..smoga berguna..:)





No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails