Wednesday, February 23, 2011

Granada & Alhambra ,menikmati peradaban andalusia :)

Diantara rentetan perjalanan liburan ke Spain yang paling berkesan adalah di Granada. Selain kota ini cantik, unik dan syarat dengan sejarah Islam. Pergi dari Cordoba tanggal 29 dan berada di Granada sampai  31 Desember 2006. Dari Cordoba menuju Granada kami menggunakan bis kira-kira sekitar 5 jam dan harganya pun ga mahal. Sore hari tibalah kami di Granada, cari-cari hotel dan ternyata letak hotel kami dekat dengan pusat kota. Istirahat sebentar di hotel yang kamarnya bernuansa hijau kemudian kami berjalan-jalan disekitar centrum. 

Pagi hari nya kami langsung menuju pusat wisata utama yaitu Alhambra. Pusat wisata Alhambra ada diatas bukit. Sebenernya tersedia juga bis wisata, tapi saya melihat banyak  wisatawan lainnya berjalan kaki dan jadi nya kami putuskan  juga buat jalan kaki saja, itung-itung olah raga dan penghematan biaya..namanya juga liburan.

Begitu masuk wilayah Alhambra  kami langsung menuju tempat tiket.  Ternyata antrian pembelian tiket sudah mengular. Untunglah  kami sudah  punya  tiket yang  dibeli  secara online jadi hanya tinggal diganti dengan tiket masuk yang sebenernya, itu pun tetep  mengantri cuma ngantrinya ga terlalu panjang.  Tidak sampe satu jam tiket berwarna hijau pun sudah ada ditangan kami.

Alhambra adalah nama sebuah kompleks istana sekaligus benteng yang megah dari kekhalifahan bani ummayyah di Granada , Spanyol. Bagian selatan (dikenal dengan sebutan Al-Andalus ketika benteng ini didirikan), yang mencakup wilayah perbukitan di batas kota Granada. Istana ini dibangun sebagai tempat tinggal khalifah beserta para pembesarnya.
Alhambra ini adalah simbolnya kota Granada. Alhambra ini dibangun pada masa pemerintahan dinasti Nasrid yakni pertengahan abad XIV,  ketika Islam lagi dalam masa jaya-jayanya di Andalucia. Granada sebagai salah satu pusat budaya dan kota wisata terindah di Spain . Alhambra sangat  luas banget dan  dibagi beberapa tempat utama yaitu: Alcazaba, Nasrid Palace, Rauda, Medina dan Generalife.Memasuki area ini bebas waktunya kecuali Nasrid Palace yang waktunya sudah ditentukan. Katanya karena Nasrid palace ini umur bangunannya sudah tua dan ukurannya kecil, maka dibatasi jumlah pengunjungnya.


Nazir Royal Palace
Nasrid palace,adalah jantung nya Alhambra dulunya sebagai  istana raja, taman di sekitar istana,  di tempat ini ada kamar pribadi penguasa pemerintahan saat itu, banyak rumah-rumah kerabat raja dan juga tempat mandi 
Memasuki area Nasrid Palace pasti akan berdenyak kagum...ga berhenti mengucap Subhallah...karna  setiap  bangunan sangat detil dengan dekorasinya yang dipenuhi arsitek islam dan kaligrafi arab .Dan  hiasan-hiasan dinding setiap ruangan, tertulis kamilat  'Wa laa gholibu illa Allah' artinya tiada Tuhan selain Allah. Ahh  pokoknya tempat ini indah ga bisa diunggakapkan dengan kata-kata. Pokoknya serasa masuk ke peradaban andalusia.

Yang paling membuat kami berdecak kagum adalah kubah yang indahh sekali, seperti ini fotonya

The Patio de los Leones adalah sebuah tempat  pengadilan yang dikelilingi oleh 124 tiang marmer putih yang dindingnya penuh relief islam. Dibagian tengah dihiasi oleh jenis dedaunan. Dan dibagian tengah.tengah tempat peradilan  terdapat  Fountain atau air mancur yang disokong oleh 12 singa putih. Tokoh-tokoh dari dua belas singa yang terbuat dari marmer putih itu  sebagai simbol kekuatan dan keberanian. Dan Fountain melambangkan kesejukan. Seorang penyair (Ibunu) mengatakan'Berbahagialah mata yang melihat keindahan taman ini ".






Alcazaba atau Albaicin , dulunya benteng pertahanan 





Generalife Gardennya adalah taman luas banget.
stana musim panas pada dinding benteng adalah Ǧanna (t) al-ʿ Arif (Taman arsitek '), dari mana kata dalam bahasa Spanyol kemudian Generalife itu. Ein Spazierweg unter Zypressen führt zu den Gartenanlagen. Sebuah berjalan di antara pohon-pohon cemara yang mengarah ke taman. Im Palacio de Generalife befindet sich der Acequia-Hof mit seinen Wasserspielen. The Palacio de pertanian Generalife adalah Acequia, dengan fitur airnya.

Oiya disekitar area ini juga dijual souvenir -souvenir dan foto kostum ala timur tengah.


No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails