Sunday, November 28, 2010

Weihnachtsmarkt di Dresden 2010

Paling menarik di bulan natal adalah Weinachtmarkt atau disebut juga Pasar Natal (kalo dalam bahasa Inggris Christmas market) adalah pasar malam  yang diadakan untuk merayakan natal, terutama empat minggu sebelum hari Natal. Pasar malam ini awalnya merupakan tradisi di Jerman dan Austria, namun sekarang meluas ke berbagai negara di dunia. Dalam bahasa Jerman,  tradisi ini disebut Christkindlmarkt, Christkindlesmarkt, Christkindlmarket, atau Weihnachtsmarkt.
Pasar Natal di Dresden  sering disebut-sebut sebagai pasar Natal yang tertua. Pasar Natal Dresden pertama kali diselenggarakan pada tahun 1434. Walaupun demikian pada tahun 1434, Dresden masih berupa sebuah kota kecil. Pasar malam ini sekarang memiliki lebih dari 60 stan, dan setiap tahunnya dikunjungi sekitar 1,5 juta hingga 2 juta pengunjung. Setiap kota di Jerman memiliki berbeda thema  pasar malam, kalo  di Dresden namanya  Striezelmarkt. Weihnachtsmarkt  di Dresden terpusat di deket Altmarkt Galeri. Kmaren kita bertiga aku, aa dan Ican jalan-jalan mulei dari Haupbahnhofnorth sampe Altmarkt Galeri..huaaa   gilee penuhh smua orang tumpah ruah menimati malam mingguan.



Disana banyak Stan pasar Natal berbentuk kios kecil yang dibangun dari kayu. Selain makanan  yang  dan minuman, di stan-stan pasar malam juga dijual mainan, kerajinan tangan, lilin  dan hiasan pohon Natal. Di panggung hiburan dipertunjukkan paduan suara, petunjukan biola dan dansa.

Korsel , kincir, kereta api, pertunjukan boneka, dapur membuat kue, ada juga tempat untuk kerajinan tangan khusus buat anak-anak, dan juga anak-anak bisa diwarnai wajah misalnya seperti kucing dan lain-lain ..lucu dehh dan semuanya  permainan di pasar Natal yang digemari anak-anak.

Stan makanan mulei dari kacang, permen, coklat, dan makanan untuk makan malam. Minuman mulei dari Tee, minuman beralkohol, coklat panas, dan kopi.
Stan-stan yang populer di pasar Natal, misalnya: gebrannte mandeln (kacang Almond bersalut gula dan kayu manis), kue-kue Natal seperti lebkuchen  ( roti jahe), christstollen ( stollen : roti diisi almond, kismis dan bagian atasnya ditambah taburan gula bubuk ), dan bratwurst. Orang dewasa biasanya minum Glühwein (anggur hangat, dengan atau tanpa alkohol) atau eierpunsch (minuman telur  ala Jerman)

source : Wikipedia dan pengalama sendiri 

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails