Tuesday, November 02, 2010

Tempat wisata di New Delhi - India : Part Qutb Minar dan Red Fort

Setelah Conference 1 minggu di Kalkuta. Saya melanjutkan perjalanan ke New Delhi, tadinya emang ga ada rencana untuk pergi ke kota ini tapi  berhubung tidak ada direct plane ke Jerman jadi harus pake penerbangan di new Delhi, saya pikir sayang banget kalo kesempatan ini terlewatkan, akhirnya saya spend 1 hari di sana. Sampai  di bandara New Delhi kira-kira jam 11 siang. kemudian saya menggunakan kendaraan 'tuk tuk' alias bemo (mobil mini 3 roda) total 1300 rupee untuk keliling new Delhi dan si  'tuk tuk' menemani saya berjalan-jalan berkeliling kota Delhi. Dan  si  'tuk tuk'  dengan setia menunggu saya jika ada  spot yang saya suka. New Delhi kota metropolitannya ala India..lumayan lah setiap spot jaraknya sangat berjauhan, dan macet...persis Jakarta. Sebenernya harga   'tuk tuk'  lebih mahal dibandingkan taksi yang harganya  sekitar 1050 rupee. Waktu yang saya miliki sangat terbatas hanya 6 jam di New Delhi, dengan macet mungkit spot yang saya kunjungi akan sedikit. Akhirnya saya memilih 'Tuk tuk 'karna lebih  fleksibel.
Rute yang saya kunjungi Qutb minar, Lotus temple, India Gate, Ja'ma Mesjid dan Red  Fort.

Rute pertama adalah Qutb Minar. Tiket masuk untuk turis mancanegara sekitar 150 rupee , sedangkan untuk turis lokal 10 rupee...perbandingan yg sangat jauh.
Qutb Minar adalah sebuah menara yang berada di  New Delhi - India. Qutb Minar merupakan menara yang terbuat dari batu pasir dengan ketinggian ketinggian 72,5 meter (237,8 kaki). Konstruksi ini dimulai setelah kemenangan umat Islam atas Hindu tahun 1200., dan untuk merayakan kemenangan raja Mohammed Ghori dari Afghanistan terhadap raja Rajputs tahun 1192.
Sejak tahun 1993 tempat ini  dinyatakan  sebagai  bagian dari warisan budaya dunia oleh UNESCO. Tempat ini sangat luas. Saya waktu cukup lama disini. Disana saya dapat kenalan orang Polandia yang bekerja di IBM UK, jadi lah kami bersama jalan-jalan  dan saling memoto.
Saya sangat  impesif melihat tempat wisata di India. Bagaimana tidak sisa kejayaan Islam masih kokoh berdiri disana. Dengan relief-relief Al Quran yang menghiasi tembok Qutb Minar.

Silahkan menikmati hasil foto saya :)











 Red Fort

1 comment:

  1. Sangat menarik sekali untuk di kunjungi, semoga tetap bisa terjaga baik dari kebersihan dan kelestarian alam india. Atikel ini akan sedikit membantu kita dalam menemukan kawan - kawan yang lainnya untuk mencari info menarik tentng wisata di India.

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails