Saturday, October 09, 2010

Sisa waktu di Stuttgart

Empat hari yang lalu dari tanggal 4 - 8 Okt aa dapat kesempatan meeting di Stutgart dalam rangka colaborasi antara Universiy of British Columbia- Canada dan Max Planck Society yang sudah berjalan 10 tahun. Disela waktu luang tak lupa mengabadikan kota lewat kamera..

Aa pergi dari bandara Dresden menuju Stuttgart dengan Germanywings. Sampai di Stuttgart hp aa mati, untuk beberapa jam aku sama aa kehilangan komunikasi hiks..akhirnya setelah sampai di hotel Relaxa aa bisa ngehubungi aku.

Sedikit informasi diambil dari Wikipedia.

Stuttgart adalah ibu kota negara bagian Baden-Württemberg di Jerman selatan barat. Kota ini sangat nyaman,  dan memiliki jumlah penduduk sekitar setengah juta. Stuttgart adalah salah satu kota paling terkenal dan kota  penting sebagai pusat  budaya dan ekonomi.
Kota ini Awalnya didirikan pada abad kesepuluh, Stuttgart yang sebelumnya dikenal dengan nama Stuttengarten ("kebun kuda") karena digunakan sebagai tempat untuk pembibitan kuda untuk
Kaisar'S ( Emperor"s ). Nama ini sebagai singkatan dari Stuttengarten Kemudian,. Stuttgart menjadi terkenal dengan menjadi kediaman adipati dari Württemberg Selama Perang Dunia II. Meskipun, pusat kota ini  hampir sepenuhnya hancur oleh serangan udara. Setelah perang, Marshall Plan menggabungkan dua negara bagian Baden dan Württemberg dan menyatakan Stuttgart sebagai ibu kota.
Sejarah mencatat  beberapa penemuan penting. Dua di antaranya adalah penciptaan sepeda motor, dan mobil empat roda. Kota ini adalah awal dari industri otomotif dan manufaktur mobil yang terkenal sampai hari ini. Mercedes-Benz, Porsche, dan Maybach semua dibuat di Stuttgart. Selain itu, desain pertama dari Volkswagen Beetle juga dihasilkan disana. Stuttgart  juga dikenal sebagai pusat ekonomi dab bursa saham kedua terbesar di Jerman setelah  Frankfurt, 
banyak perusahaan-pedrusahaan penting  yang bermarkas di Stuttgart.
Selain itu Stuttgart pun dikenal kaya  akan budaya dan kebun-kebun anggur dengan tradisi pembuatan.   

Karena kerusakan yang diderita selama Perang Dunia II, tidak banyak  bangunan asli bersejarah yang masih berdiri. Namun, saat ini telah dilakukan upaya untuk pemulihan  dan rekonstruksi bangunan sejarah.  Salah satu temapt yang menarik adalah Museum Württemberg. Dari sana, kita dapat berjalan kaki ke pasar loak terdekat di Karls Square.
Istana Baru adalah tempat pemerintahan negara bagian Baden-Württemberg , bangunan ini memiliki  fitur dengan berbagai gaya: dari Baroque ke Imperial. Pada setiap musim panas diadakan festival musim panas, dimana festival ini menarik lebih dari setengah juta orang wisatawan ke Stuttgart.
pusat kebudayaan Kota terutama terletak di Staatstheater dan Staatsgalerie.  Staatsgalerie merupakan museum kelas dunia sedangkan Staatstheater merupakan temapt rumah opera dan tempat tiga teater yang lebih kecil. Di dalamnya terdapat ruang balet, opera, konser, dan  teater. Selama lima tahun berturut-turut, Opera Stuttgart memenangkan penghargaan "Opera of the Year" .
 

Stuttgart Schlossplatz  (Castle square)

Narsis dulu ahh pake tripot

Lagi ada Demo disekitar taman Stuttgart.

Sampai di Stuttgart hp aa mati, hiks aku keilangan informasi sama aa. Kebtulan hotelnya jauh dari hbf tapi dekat dengan kampus. Namanya juga meeting  waktu aa padat...hari ke pertama dan kedua di sana malah dari kampus langsung hotel, makan dan tidur. Hari ke 3 dipaksakan selesei meeting sambil makan malam ke pergi ke kota untuk mencari tempat wisata plus titipan souvenir dari aku. Ternyata di taman Stuttgart masih berlangsung demo, emang seh di berita demo ini besar-besaran , karna penduduk setempat protes dengan pembuatan hbf (stasiun) yang katanya menghabiskan dana milyaran. Aku bisa maklum lah soalnya pembangunan hbf ini akan merusak tatanan taman dan schloss dan parahnya sudah mulei ada tanda2 akan dimulai pembangunan hb, makanya disekitar taman banyak orang2 yang camping.


Old Castle :

Taman Stuttgart


Meeting di Max Planck



2 comments:

  1. Anonymous11:16 PM

    Ass wr wb, mba Nisa salam kenal ya :) Aq suka bgt baca2 blog mba, hampir tiap hari aq buka, jd makin semangat nih pengen bisa ke luar negeri....* Ibu Ade - Alumni Psikologi UGM *

    ReplyDelete
  2. waalaikum salam Ibu Ade..salam kenal juga.makasih banyak lho udah nyempetin waktu buat baca2 cerita aku...insyaallah kalo rezeki ga kemana..aku doain ibu bisa jalan2 ke LN..:)

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails