Saturday, October 09, 2010

Cerita aku dan memasak

Bernostalgia dengan beberapa tahun yang lalu..
Saat itu aku sudah mulei dewasa, mamahku setiap hari sering banget ngomel dan cerewet kalo aku males-malesan ngerjain pekerjaan rumah apalagi masak kue. Setiap mamah ngomel, masuk telinga kanan ya keluar telinga kiri...salah satu omelannya begini ' kalo perempuan kudu bisa beres-beres rumah dan masak, mending kalo punya pembantu, mending kalo suami nya mapan nalo kalo engga...dan setiap kali itu pula aku jawab dengan mangkel 'doakan aku aja Mah supaya aku dapet suami mapan hihi'
Saat aku  masuk SMA, aku pindah ke rumah mbah...nah disitulah bertambahlah rasa malesku..namanya juga tinggal di rumah mba ya so pasti di manja dunk...kebeneran mbah ku masakannya enak jadi ya ga ada kesempatan buat pengen bisa masak.
Saat Kuliah dan kerja aku malah ga punya waktu, waktuku lebih banyak jajan sama temen-temen di luar. Saat nikah pun,  buat beres-beres rumah dan masak aku lakukan seadanya, malah kadang buat nyuci, setrika, dan beres-beres aku mengandalkan tenaga orang.
Cerita berubah saat aku sampe Belanda. Layaknya orang kampung yang batu tau luar negeri, smua terasa baru, aku kebingungan dengan lingkungan baru. Tak ada orang yang bisa aku andalkan, mulei dari bantu beres-beres apalagi masak. Barulah sadar kalo omelan mamahku itu bener...huaa mulei panik gimana caranya masak..apa resepnyaa..gimana memanage biar rumah ku bisa beres...hik..hik...ko jadi begini.
Pertama kali di Belanda, aku diajak aa ke acara pengajian di rumah mba Agnes huaa ternyata ibu-ibu di Belanda pada jago-jago masak...hiks tambah malu deh. Mulei lah aku tanya resep ke temen-temenku. Aku diajarin bikin siomay sama mba Agnes, diajarin bikin martabak dan baso sama mba Indah, diajarin bikin kulit risoles sama tante Anik, diajarin bikin brownies dan puding sama Senaz. Alhamdulillah di sekelilingku aku punya teman-teman yang baik hati.
Akhirnya kalo kepaksa lama-lama semangat masak timbul juga, aku coba masak dan kata aa lumayan lah makananya enak juga...huhu senangnya.
Bulan agustus aa ulang tahun...aku kepengen bikinin dia kue ultah bikinan ku sendiri..padahal aku paling sebel bangett buat cake karna ribet buatnya. Mulei dari bahan-bahannya yg kudu komplit, takarannya yang kudu pas, syarat-syarat buat kue yg kudu ditepatin, belom lagi banyak banget cucian yang ber -creamy - ria...iih bikin males dehh....


Tapi waktu ultah aa..mulei kepikiran deh pengen nyenengin aa dengan tart buatan ku..akhirnya dengan susah payah...aku beli bukunya dan kubuat
cake nya.ngikutin anjuran buku..
Dalam status hidup ku, cake ini yang yg pertama kubuat judulnya cake coklat keju...tapi sayang disayang ternyata pas nyampurin kejunya ternyata yg kubeli cream cheese rasa bawang putih' hiks padahal adonannya dah kucampur dengan coklat putih..gatottttttttt
. akhirnya kubuang tuh adonan dan kubuat lagi..dan hasilnya gatotttt lagi alias bantat. Tapi tetep  kue  gatot ku di hias, di kasih olesan coklat, ditaburin keju, ditambah lilin..jadi lumayan cantik ..dan yang pasti bikin aa seneeeeng. Tapi aku sedih lagi ,ternyata kue ku dimakan aa cuma dikit, aa lebih milih bala-bala (bakwan) ketimbang cake ..tau githu ga usah cape-cape kubuatin cake .
Nah kalo sekarang ditanya jawabnnya lain..aku menikmati dunia masak memasak..malah bermimpi punya ketringan atau rumah makan..smogaa ..amienn :)

1 comment:

  1. Terimakasih Artikel Cerita aku dan memasak nya bagus dan membantu sekali, semoga sukses selalu yaa .. Aamiin
    Salam Resep Kue

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails