Tuesday, April 20, 2010

Visa turis

Kali ini aku sama aa sedang mengurus visa turis untuk ortu ku. Alhamdulillah kalo lancar bulan Juli Ortu ku akan datang ke Dresden sini...yupiii...aku udah ga sabar ketemu mereka.
Sedikit sharing saja siapa tahu ada yang mau mengundang Ortu ke Dresden (Jerman).

1.Ortu ku bikin paspor di Bandung, kemudian data diri di kirim pada kami.
2. Karna aa bekerja di Dresden dan karna bekerja jadi kami bisa meng invite orang, jadi langkah utama aa pergi ke Auslander beworde bikin surat undangan. Cukup bayar 25 E dan langsung beres hari itu juga.
3. setelah Undangan beres kemudian dikirim (lewat imel dll) ke Indonesia. Habis itu ortu ku bikin Visa di jakarta.
Menurut aa, Sebaiknya ortu ku apply visa schengen (Multiple entry) karena dengan visa itu ortu ku bisa bebas kemana aja di keseluruh Eropa (Schengen Area)  di 25 negara dari Eropa Barat seperti Belanda, Jerman, Austria, Scandinavia dll dan juga bisa ke Eropa timur yang udah gabung ke Uni eropa seperti  Chech (Prague), Lituania, Polandia dan Hungaria kecuali ke UK visa schengen tidak berlaku, karna harus apply visa khusus UK.
Jadi intinya kl  dengan visa schengen bisa keliling Eropa tanpa perlu apply visa lagi, dan juga bisa nginep di negara manapun  masalah selama visanya masih berlaku dan belum expire. 

Untuk apply Visa Turis bagi mereka yang memang ga ada undangan, dalam arti tidak ada family di tempat yang kita tuju, maka diharuskan menunjukkan buku tabungan dengan jumlah yang cukup kl engak salah minimal sekitar 5000 € di tambah 35 per,  jadi untuk 1 bulan perjalanan dibutuhkan sekitar 6000 €, selain itu juga harus mencantumkan Itinerinya mo kemana saja termasuk booking hotel (nginep-nya) dimana aja di tiap kota yang di tuju, dan asuransi perjalanan. Salah satu triknya, kl kita punya teman di eropa tp tidak bisa ngundang kita, maka kita  bisa melakun booking hotel misalnya via http://www.Booking.com, karena booking disini bisa dicancel kapan saja dan tidak kena Charge asal dicancelnya minimal 2 hari sebelum Check-In, tp sebaiknya jangan dicancel selagi dalam proses apply visa. Kita melakukan Booking hotel hanya untuk persyaratan saja dan nantinya bisa dicancel kl visa-nya udah keluar.

Menurut saya pada saat apply Visa 
lebih baik mencantumkan satu atau dua negara diluar negara tujuan supaya biar lebih rasional kenapa membutuhkan  visa schengen. Kalau nantinya, antara intinery pas apply visa dengan kenyataan bisa saja berbeda yang penting  bisa dapat visa-schengen nya dulu biar lebih bebas kemana aja.

semoga manfaat..

yang ga sabar menunggu ortu ku dateng

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails