Monday, April 26, 2010

Tips Rumah Tangga

Pekan lalu saya mendapatkan tips Rumah Tangga (RT) dari seorang ustadz di tanah air.

Tips menciptakan RT yang sakinnah mawaddah warahmah menurut sang Ustadz:


1. Shalat tahajud bersama suami istri, minimal shalat wajib berjamaah. Ditutup dengan doa suami yang diaminkan istri.


2. Suami dan istri masing-masing melakukan yang terbaik untuk pasangannya, kerjakanlah kewajiban masing-masing, jangan menuntut hak. Suami bersihkan rumah tanpa menunggu istri, istri membuatkan teh/kopi untuk suami tanpa diminta
(ini sebuah contoh).

3. Panggilah istri dengan julukan yang menyenangkan. Sebagaimana Rasul memanggil Aisyah dengan 'yaa humayra' = 'si Pipi merah'
(tentunya kalau pipi istri hitam ya jangan dipangil 'yaa aswad'...si pipi hitam...hehe. .)

Tips di atas adalah sedikit di antara banyak tips yang ada. Tentu masing-masing RT memiliki pengalaman sendiri yang berharga. Namun tidak ada salahnya tips di atas dicoba.


Rumah Tangga Ideal:

RT ideal adalah BUKAN RT tanpa konflik/friksi. RT ideal adalah yang bisa meredam konflik agar bahtera RT sampai ke tujuan. Tanpa riak, gelombang dan angin: bahtera tidak akan bergerak, layar tidak akan terkembang. Sebutkan satu contoh keluarga tanpa friksi dan keributan! nihil yang didapatkan. Bahkan Rasul pun beberapa kali marah dengan istri-istrinya. Nabi Ayyub pernah menghukum istrinya. Bahkan Nabi Nuh dikhianati istrinya. Pernah seorang sahabat Rasul ingin mengadukan keributan RT-nya kepada khalifah Umar RA. Ketika sampai di-depan pintu rumah Umar RA, ia mendengar Umar sedang 'dicereweti' istrinya, dan khalifah Umar R.A hanya diam saja. Akhirnya sahabat yang ingin mengadu masalah RT-nya tadi kembali pulang ke rumah. Ia berpikir kalau sekelas Umar RA saja 'dicereweti' istrinya, apalagi dirinya.

Penanganan Konflik Rumah Tangga:

Jika masalah RT sulit untuk dipadamkan antara suami istri. Berbicaralah dengan pihak ke-3 yang adil, yang mampu meredam aib ini dari pendengaran orang lain, yang mampu menyelesaikan permasalahan tersebut dengan nasihat-nasihat yang bijak. Suami istri harus berlapang dada dengan nasihat itu. Yang dicari bukan kemenangan satu pihak, namun kemenangan bahtera RT.

Suami Istri Tidak Cocok:

Apanya yang tidak cocok?
Suami istri adalah dua manusia yang diciptakan berbeda. Karakter berbeda. Pengalaman hidup berbeda. Adalah berlebihan jika keributan RT disebabkan karena 'tidak ada kecocokan'. Nobody is perfect. Suami harus memahami kekurangan istrinya. Demikian juga istri terhadap suami.

Sudah Tidak Cinta:

Seorang bijak bahkan pernah bilang cinta itu abstrak. Yang nyata itu tanggung jawab...(dan euro...hehe. .ini guyon). Kalau ada orang bilang bahwa suami mencintai istrinya sampe tua itu sebenarnya rasa tanggung jawab. Bukan cinta yang abstrak yang konotasinya bisa kepada fisik. Ekstrimnya, di luar sana banyak wanita lain yang lebih muda, cantik, lebih nyaman diajak ngobrol dibanding istri, lebih pengertian, dsb. Kalau cinta yang dijadikan patokan, seorang suami bisa lari ke orang lain. Namun tanggung jawab kepada RT, kepada anak-anak, kepada keluarga, kepada Rasul, kepada Allah SWT yang menyebabkan suami masih menjalankan bahtera RT walau istri sudah keriput, walau istri tidak enak di-ajak komunikasi, walau istri tidak pengertian, dsb. Hal yang sama berlaku untuk istri kepada suami.

Peran Jin Dalam Rumah Tangga:

Saya pernah membaca sebuah buku tentang jin dengan sifat setan. Salah satu peran jin (setan) dalam menjerumuskan manusia ke dalam neraka adalah dengan menghancurkan bahtera RT. Jadi memang ada divisi khusus jin yang tugasnya memprovokasi suami istri agar selalu ribut. Itulah mengapa masalah sepele dalam RT seringkali menjadi masalah besar yang bikin pusing kepala. Jadi jangan mau diprovokasi jin.

Pendidikan:

Tentu, dibalik sunatullah RT yang memang normal terjadi konflik, dibalik sunatullah manusia dengan segala kekurangannya, menjadi tanggung jawab suami dan istri untuk terus memperbaiki diri. Agar kualitas RT semakin membaik. Semakin tua usia RT semakin bijak menangani konflik. Suami memegang peranan penting dalam hal ini, karena ia adalah kepala RT. Ia adalah sang Captain dalam bahtera yang melayari lautan kehidupan.

''Mukmin yg paling sempurna iman adalah yang paling baik akhlaknya, dan sebaik-baik kalian adalah yg paling baik terhadap istri-istrinya''


“Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita/istri shalihah.”

source : Eko hardjanto

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails