Tuesday, February 02, 2010

Lipodistrofi

Hari ini baca artikel di detik healty ada artikel tentang penyakit langka dan aneh...audzubika himindalik....smogaa penyakit ini ga ada lagi...karna memang efeknya sangat memukul fisologi masa anak2.

Lipodistrofi adalah penyakit langka dan penyakit genetik yang diturunkan dari orangtua. Tanda penyakit ini memiliki keriput di kulit pada usia anak2. Kelainan genetik ini merampas kemampuan tubuh untuk memproduksi sel-sel lemak di bawah kulit.

Lipodistrofi bisa menyebabkan penderitanya mengalami diabetes, penyakit jantung, stroke atau masalah pada hatinya. Sampai saat ini belum ada obat yang bsia menyembuhkan atau mengembalikan fungsi dari jaringan lemak dalam tubuhnya.

"Jaringan lemak dalam tubuhnya tidak tumbuh dengan benar sehingga jaringan lemak yang normal semakin menyusut yang membuat penderita terlihat lebih tua, keriput dan abnormal," ujar Dr Donald Kotler dari St. Luke's Roosevelt Hospital di New York City.

Selain Lipodistrofi, ada juga penyakit lain yang membuat seseorang terlihat lebih tua dari usianya yaitu Progeria atau dikenal dengan penyakit HGPS (Hutchinson-Gilford Progeria Syndrome).

Proses penuaan pada penderita progeria terjadi dengan kecepatan 4-7 kali lipat dari proses penuaan normalnya, jika berusia 10 tahun maka bisa saja anak terlihat seperti berusia 40 tahun.

Hal yang membedakan adalah Progeria bisa terjadi pada siapa saja dan bukanlah penyakit turunan, sedangkan Lipodistrofi hanya terjadi pada orang yang memiliki riwayat penyakit tersebut dalam keluarganya.

Gara-gara penyakit langka Lipodistrofi, Zara kehilangan masa indah kanak-kanaknya. Penyakit kelainan genetik itu diturunkan dari sang ibu.



source :  http://health.detik.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails