Saturday, January 30, 2010

Satu hari di Zürich


Liburan ke Swiss  kami berakhir di kota Zurich. Zurich dikenal dengan kota belanja di Eropa  mungkin setelah Milan dan Paris. Tapi hmmm harganya tetep mahal menurutku. Kalo boleh jujur centrum Zurich lebih keren dibandingkan Milan dan Paris hehehe :).
Pada saat jalan ke centrum banyak terlihat Swiss Bank..hmm langsung deh mikir plus suudzon kalo orang penting di negeri kita banyak menyimpan uang disana.Eh bener aja pas kita mo bawa uang di Deutch Bank..petugasnya bilang maaf ini Privat...ehm..langsung deh kita keluar :P.
Satu lagi... pas ditanya asal negara kita..dan kita langsung bilang Indonesia...dan tau kah sodara-sodara jawabannya langsung mengarah ke personal ..salah satu penguasa Indonesia ..hihi, trus dia bilang ..mungkin saja yang di tas kamu itu adalah uang ..tambah ngaco neh yang nanya.

Sedikit sejarah tentang Zurich diambil dari Map wisata yang kita beli disana...mohon maaf kalo salah mengartikan.
Kota Zurich pertama kali di kenal tahun 959 SM, dan tahun 1218 menjadi kota yang merdeka dan tahun 1351 mereka bergabung ke Swiss Confederasy . Zurich adalah salah satu kota kecil dan kota penting dari provinsi Swiss dan merupakan kota yang berdaulat, sampai runtuhnya Swiss Konfederasi tahun 1798 dibawah pengaruh revolusi perancis.
Tahun 1336 , saudagar dibawah kepimpinan Rudolf  Brun  mengambil alih kekuasaan  kota dan mereka membuat perserikatan saudagar dan juga mempengaruhi politik di kota tersebut selama 500 tahun.
Rumah perserikatan masih menjadi ciri khas dari kota tua sampe sekarang ini.
Dan setiap April diselenggakan  festival Sechselauten, dan  ditampilkan kostum2 lama.

Dan Sekarang Zurich memiliki 370.000 resident  dari 1 juta penduduk,  merupakan kota terbesar di Swiss dan pusat ekonomi di negara ini. Sistem Ekonomi di negara ini sekitar 90 % bergerak dibidang service, dan indrustri hanya 10 %. Industri Swiss umumnya bergerak di bagian mesin, metal dan perdagangan tekstil, perbankan dan asuransi.

Tempat penting di Zurich  yang sudah kita jajahi adalah...

Di area sekitar  HBF disebut  Parade platz atau centrum yang dikenal sebagai tempat pusat pembelanjaan terkenal. Disana ada souvenir yang terkenal dari Zurich adalah Coklat. Coklat yang terkenal di Swiss adalah Sprungli dan Lindt dan masih banyak coklat swiss lainnya enak-enak
Difoto di depan toko coklat yang mahal abizzzzz.....
Souvenir lainnya  tentu saja pisau Vixtorinox dan jam tangan Swatch...dan masihhhh banyak barang2 yang memiliki merk terkenal.

Old Town
Univ terkenal yaitu ETH (Swiss federal Institute of Technology).ETH yang memiliki lebih 40.000  student. dan beberapa lembaga Riset yang terkenal,  sehaingga   Zurich dikenal sebagai kota inovasi  untuk ilmu pengetahuan dan riset. Sampe sekarang mereka telah menghasilkan sekitar 21 hadiah Nobel termasuk Rontgen dan Einstein.
ETH tampak depan...
ETH tampak belakang...sekalian kita bisa melihat view kota Zurich.
Zurich memiliki  sungai Limmat , dan suang ini terhubung denngan danau  dengan pemandang gunung Alpen dan bangunan tua dipinggir sehingga terlihat luar bisaa indah.


Sampe saat  ini Zurich dikenal mempunyai living cost dengan standart tertinggi di dunia. cerita selanjutnya menyusul :D

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails