Tuesday, January 05, 2010

Menghitung-hitung

sekedar curhat....
Sejak datang ke Belanda atau Jerman ada sisi yang berbeda mungkin ada segi positif dan negatif. Ok begini...Biaya listrik , air , gas atau pemanas  di Eropa mahal...yang setauku Jerman dan Belanda karna saya pernah tinggal disalah satu kota di negara tersebut. Pemakaiannya emang kudu sehemat mungkin kalo ga mau tiap tahunnya di tagih besar. Sudah tiap bulan biaya nya besar diakhir tahun pun masih ada perhitungan. Dari segi postifnya segala sesuai memang harus diukur agar tidak over budget.
Dipengaruhi lingkungan Belanda dan Jerman yang memang semua serba perhitungan, serba tepat waktu, serba penuh termin/ asfrak / janji. Dari situlah mulei aku melihat beberapa teman Indonesia yang sudah lama di Eropa mulei berhitung a,b,c,d kalo  masak, kalo mandi, kalo terima tamu,  penggunaan vacum cleaner, pemakaian pemanas, pokoknya yang mengeluarkan energi semua serba dihitung.
Jadi ingat ada beberapa teman yang menghitung berapa banyak air yg dikeluarkan pada saat mencuci piring , wudhu, dll di acara perkumpulan yang rutin tiap bulan diadakan. Intinya acara pertemuan bulanan itu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk tuan rumah.
Teman-temanku di Jerman juga begitu...sampe tidak mau menerima acara pengajian atau kumpulan apapun karna takut akhir tahun membengkak. Pemakaian pemanas kudu 2 jam padahal udara diluar -10 C.

arghhh....cape deh kalo semua kudu di hitung....walopun secara tidak sadar aku pun ikut terpengaruh dengan hitung menghitung. Rumahku yang di Groningen dan di Dresden banyak banget tamu...yang pastinya memerlukan pengeluaran air, listrik dll...mending kalo tamunya ngerti..nalo kalo satu tamu mandi 2 x sehari belum lagi pake ikutan berendam, nyuci baju banyak. wadowwwwww.....kadang aku suka ngomelll dan mandeg di hati, bawaannya yang seneng nerima tamu jadi jengkel...merusak rasa iklashku...

Untung aku punya suami yang sholeh...kadang kalo aku sedang dalam posisi itu...aa selalu cerita kalo keluarga besar di Cipari selalu kedatangan tamu..padahal ortu nya tidak punya penghasilan yang cukup..tapi mreke tetap berkecukupan...orang dulu bersedia membantu tanpa pamrih....yayu 'kita bukan orang Eropa yang pada umumnya atheis, kita punya Allah, Rejeki Allah maha luas., pehitungan rezeki Allah bukan seperti matematika yang sesuatu di keluarkan maka akan habis...coba kita hitung hitung lagi rezeki yang kita dapat...lebih dari yang kita keluarkan untuk para tamu kita...ada banyak kemudahan dalam rumah tangga kita...ada banyak tali silaturahmi yang terjalin..Kalo semua dihitung dan diukur dengan ukuran manusia kapan kita mau beramalnya...ukuran hidup kita barakah..bukan materi ..
hmm suami. terimasih untuk tausiah hari ini :)

1 comment:

  1. Hihihi...Teh Nisa, apa kabar?? Hoho, jadi kangeeennn Teh Nisa (beserta masakannya) dan Mas Nandang:-p
    Hmm...kalau aku (kapan-kapan) mau nginep di rumah Teh Nisa jangan di-itung2 yah:-) gratis ajah maunya!!! ^_^

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails