Tuesday, January 26, 2010

Integrationskurs di Dresden

Hari ini aku udah mulei kursus..yupii akhirnya aku udah punya kegiatan lagi..ga membusuk di dalam rumah.
Pertama kali datang ke Dresden aku ketemu Helda di toko Asia. Helda cerita kalo dia mulei ikutan kursus Integrationskurs.
Aku dan aa pergi ke Landeshauptstandt  ke bagian Bundesamt untuk lapor diri sekaligus perpanjangan visa. Saat itu aku pun mengajukan Integrationskurs. Dan katanya aku ga bisa dapat Integrationskurs karna syaratnya minimal tinggal di Dresden 1 tahun, dan karna kontrak aa dimulei 1 Jan - 31 Dec..dan saat aku ke Bundesamt pertengahan Januari ,  jadi terhitungnya 11 bulan lagi, tapi kalo kontrak aa diperpanjang aku bisa mengajukan Integrationskurs.
Karna aku buta banget bahasa Jerman akhirnya aku kursus ikutan  VHS api bayar sendiri. Dan setelah aa diperpanjang kontraknya aku langsung minta Integrationskurs. Si mba imigrasinya malah menawarkan untuk aa padahal aa ga niat, trus mba nya bilang.. sambil mengarah ke aa... kamu kudu ikutan Integrationskurs buat ambil resident permitt. Alhamdulillah akhirnya 2 minggu kelar..dan mba imigrasi memberikan 2 dokumen untuk kami. Disana ada point -point penting yang kudu di baca plus keterangan nama sekolah , alamat beserta telp untuk Integrationskurs.
Cari-cari  tempat kursus ditemeni Helda, akhirnya aku coba di Karl schule. Disana prosedurnya kita janjian dulu untuk  test dan nanti mreka punya kewenangan untuk masuk ke kelas yang mana...
terus  aku juga coba ke tempat kursus di deket rumah namanya Euroschulen..disana terserah kita mo masuk level mana tanpa ujian Akhirnya aku memutuskan kursus di dekat rumah biar hemat ongkos hihi.... dan aku minta balik lagi aja ke level dasar soalnya yang namanya bahasa kalo ga dipake malahan ini hampir 5 bulan ga di pake dan jadinya bahasa jermanku ga approve.
 

Dokument yang diberikan Bundesamt kalo ga aku salah tangkap isinya begini :

* Berdasarkan hukum kependudukan di jerman..kalo kita berhak untuk bisa bergabung Integrationskurs. Integrationskurs yaitu  kursus bahasa Jerman  selama 600 jam dan dibagi2 per paket atau level.

*Integrationskurs memiliki modul untuk 100 jam 1 tahapannya.300 jam pertama adalah basic A1, 300 jam lagi untuk advance.

*Integrationskurs kita akan diajarkan  vocabulary  yang dibutuhkan untuk bicara dan menulis dalam kehidupan sehari-hari dan kontak untuk pihak berwenang, becakap-cakap dgn tetangga dan mengisi formulir.

*Pengetahuan lainnya diajarkan tentang sistem hukun di Jerman, kultur, dan sejarah ttg jerman. ada juga Integrationskurs yang khusus contoh untuk wanita, ortu, anak  muda, orang tua yg ga bisa nulis dan baca.

* Kalo udah kelar kursusnya kita bisa mengikuti ujian akhir Integrationskurs dan nanti  dpt sertifat Integrationskurs, kalo  sukses dpt sertifikat. dan ikutan ujian akhir ini bebas dari biaya.
Kalo lulus ujian akhir maka pihak Bundesamt  akan membayar 50 persen dari yg sudah dibayarkan, dan berlaku tidak lebih 2 tahun, dari mulei kita dpt surat sampe final test. |Jika gagal test bisa mengulang lagi 300 jam. syarat nya untuk bisa mengulang harus intensif  mengahdiri kelas dan ambil final ujian.Mengulang bebas biaya.

*Keunggulan : para imigran bisa mendapatkan resident permit. 

*Biaya kursus 1 e untuk setiap 1 jam. Uang kursus di bayar sebelum pembelajaran.Kalo
ga hadir di kelas uang kursus (uang kontribusi belajar)  hilang dan ga dpt dikembalikan.

*Jika  kesulitan membayar karna  income rendah kita  bisa minta surat keringanan ke Bundesamt.

Kursus biasa dan Integrationskurs tenyata agak sedikit beda..teman2ku yang sekarang banyak yang udah pada tua..tapi mereka asik-asik dan baik-baik...dan proses ngajarnya juga tanpa stress hihi..

Harapanku sekarang....smoga aku bisa betah dengan teman-teman di Integrationskurs dan bahasa Jermanku approve...dan ujian akhirnya sukses biar dapat uang pengembalian..amienn..

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails