Monday, December 07, 2009

Dagang..dagang..dagang...


Ibu ketua Formid, mba Titin telp ke aku...aku di tawarin ngisi acara Internationale Weihnachtsfeier. hoho siapa yg ga mauu..tukang dagang ditawarin dagang..ya ga nolak lah :). Internationale Weihnachtsfeier, artinya pesta natalan Internasional diadakan di Uni Dresden setiap tahun. Tempat acara di di Ruang Audimax Hörsaalzentrum yg kapasitasnya 977 orang. Ticket perorang 3 euro. Acara nya menyajikan pentas seni Internasional dan berbagai stand makanan berbagai negara.

Aku cerita sedikit tentang persiapan dagang...niat awal aku mo dagang risoles, siomay, martabak, kue lumpur, bakwan, nagasari ternyataaa aku terlalu pede , pas hari H nya...teparrrrr...jadi cuma dagang risoles, bakwan dan siomay. Karna gedung Hörsaalzentrum dan rumahku dekatan jadi proses mengantar makanan dari rumahku ke tempat acara ga terlalu ribet.
Di tempta acara..ternyata panitia sudah menentukan stand/tempat setiap negara...aku kebagian tempat ketiga dari ujung. Saat Gabriella nama panitia acara menunjukkan tempat padaku...ada sedikit pesimis dengan posisi tempat yg kurang strategis. Karna posisi dagang ke 3 dari ujung. Tapi mikir lagi namanya juga stand gratisan...lagian ini kan dagang hepi-hepi an. Kemudian panitia memberikan aku kompor listrik dengan 2 plate, beberapa sendok, tisue makan, dan piring-piring.
Ini adalah pengalaman pertama ku buat dagang di acara model begini...aneh nya panitia memberikan fasilitas yg gratis, membuka stand makanan tanpa diminta biaya, dikasih alat-alat makan pulak. Oiya di meja untuk dagang sudah disiapkan daun cemara untuk menghias meja. Saat itu aku bingung gimana cara menghias stand biar terlihat cantik. Akhirnya temen-temen ku dateng...mas Wisnu mulai menghias meja dengan dengan taplak batik dagangannya, mba Indri datang dengan membawa acesoris Indonesia seperti kucing, topeng, wayang, dan mba Titin datang dengan membawa hiasan natal. Karna rumahku dekat aku bawa stok tanaman di rumah..akhirnyaa stand Indonesia jadi Indah :). Risoles, bakwan, donat, lumpia tahu dihias dengan daun pisang biar serasa di Indo..dan sebelah stand makanan mas Wisnu jual souvenir syal batik, pembatas buku dll.

Stand Indonesia sudah terlihat cantik..lengkap dengan para penjual berbaju batik. Mba Sartini, Ria, Christin, Henny.. sengaja mintakarna mereka fasih berbahasa Jerman, dan aku juga ga mungkin jualan sendirian. Baru saja stand kami siap...beberapa pengunjung datang dan ingin membeli makanan..sampee kami tanya apakah acara berdagang sudah bisa dimulei, soalnya di aturan tertulis acara dilaksanakan jam 7, Gabriella bilang kalo stand kamu udah ready dan sudah ada pembeli ya silahkan saja berdagang..

Beberapa menit saja stand Indonesia di buka..

.langsungg stand kami padat dikerumini pembeli saking pembeli banyakkk..sampai aa ga bisa foto-foto dagangan hiks. Sebelah stand kami dari Turkei dan Italy saat itu sepi. Alhamdulillah tidak harus menunggu terlalu lama Stand makanan Indonesia habisssssssss... aku dan mba Zahra senang...akhirnya kami punya keuntungan dari dagangan. Alhamdulillah

Acara Inti yaitu pentas seni dari berbagai negara..dan Indonesia menampilkan tari saman.

13 orang teman-teman ku dengan kompaknya menari dan so pasti dapat tepuk tangan yg meriahhhhhh...bikin terharu. aksi tari sama bisa dilihat disini :
http://www.youtube.com/watch?v=jiRJ4BfSzmY.
Sebelum tampil selama 2 bulan temen2ku latihan semingu 2x...banyak waktu yg kudu diluangkan..sampe latihan lecet2..tapi terbayar sudah hari ini..tarian samannya memukauu...bravo temens2 Formid :)

Thx juga buat temen-temen yang sudah membantu stand makanan Indonesia :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails