Tuesday, November 24, 2009

Serba Serbi di Groningen

Groningen buat aku sama aa adalah kota perjuangan...aa berjuang dengan Phd nya  dan alhamdulillah  lancar, Dan aku berjuangan dengan kemampuan aku sendiri , gimana caranya agar aku bisa survive. Pertama kali datang ke Grongen dalam urusan bergaul terutama dengan teman-teman Indonesia tidak terlalu sulit karna memang di Groningen persis seperti kampung melayu banyak banget student Indonesia disana dan banyak juga warga Indonesia yang sudah menetap dan beberapa menjadi warga negara Belanda. Yang sulit buat aku adalah urusan bahasa, entah lah mungkin aku emang ga talen di bidang bahasa...untung ngomong bahasa Belanda rasanya sulitttttttttt bangetttt.

Aa dapat beasiswa Phd di Rug untuk 4 tahun. Tujuh bulan aa mengurus surat dokument buat kepentingan aku. Alhamdulillah proses dokumentasi kelar walopun aa kudu bayar mahal untuk mendatangkan aku. tiket 1000 E, biaya visa ke Belanda 830 E, belum lagi surat2 yang kudu aku lengkapi mulei dari surat nikah, surat akta lahir yang kudu di translate dan ditanda tangani oleh pihak konsulat..ah pokoknya rese deh. Intinya awal datang ke Groningen soal keuangan kami habis-habisan..hutang sana hutang sini.


Tiga tahun tinggal di Groningen lumayan sedikit tahu tentang Groningen...
 A Makanan

**Harring dan Garnalen,Lekkerbek.
Harring adalah ikan yg omega 3 nya sangat tinggi. Ikan ini dimakan mentah, kata temenku yg suka ikan harring ini si ikan udah di kasih garam dan cuka. Penyajian Ikan ini dimakan dengan potongan bawang bombay atau mayonese dan dimakan dengan cara yg khas bisa dilihat foto di bawah ini :


Lekkerbek, ikan Filet ga tau jenis ikan apa yg digoreng dengan campuran telur dan terigu..dimakan dengan taburan merica , mayones dan saus kecap. hmm enakk. Lekker bek dan ikan goreng lainnya biasanya di jual di vismarkt (Pasar) umumya kalo di Groningen penjualnya menggunakan mobil. Nah karna di Groningen penjual lekker bek ini paling besar di centrum jadilah di tempat ini setiap sabtu tempat mangkal temen-teman  Indonesia.

**Makanan cemilan
Salah satu makanan cemilan manis khas Belanda adalah Poffertjes  mirip kaya kue cubit tapi bagian atasnya ditaburi gula bubuk dan butter. Makanan lainnya adalah Panenkoek atau Pancake. Kedua makanan ini bahan dasarnya adalah terigu, telur dan susu. Dan makanan ini   makanan favorit aku,  selain itu gampang bikinnya. Di Groningen ada  resto khusus menyediakan Pancake , tempatnya juga  cantik berada di atas kapal di pinggir canal. Cuma untuk ukuran pancake menurutku agak mahal tapi its ok lah sekali-kali yang penting ga penasaran.
**Stampot, 
makanan khas ala Belandasaat winter,  terbuat dari kentang yang direbus kemudian dihaluskan bersama Boerenkoel.  Dan dihidangkan bersama Wurst dan saus nya.
 

B. Party ala Groningen
**Zwarte piet atau Pit hitam adalah teman sinterklas yang perayaan tahunannya diperingati di Belanda pada 5 December,. Pit ini mengunakan pakaian yg khas , dengan buntelan karung dan biasanya mereka membagikan hadiah atau makanan bagi seluruh anak-anak, kalo di Belanda biasanya mereka mebagikan speculas yg bentuknya bulat2 kecil. Speculas adalah kue kering rasa kayu manis..i like it..:)


** Koningendag atau Queensday memperingati hari lahir ratu Juliana, bukan ratu Beatrix. Biasanya orang Groningen menyebutnya Groningennedag. Koningendag kalo ga salah jatuh pada tanggal 30 an..sekitar musim summer. Biasanya hari ini banyak orang berjualan di tempat2 yg sudah disediakan tanpa dipungut pajak. Lumayan hasil hunting di koningendag aku beli grill, alat2 makan..tempat sampah dll. Kalo di centrum lebih ramei lagi, Koningendag diramaikan oleh parade terompet, kereta dll, panggung.
dan banyak orang mengunakan acecoris oranye.


Toko Asia dan Daging halal
Untuk ukuran eropa, Belanda memang surganya makanan Indonesia. Yang aku tahu di Groningen ada tiga toko asia Melati, Oriental (yang supermarketnya gede), dan Weuro.

Melati : Toko Asia berada di dekat centrum. Di toko ini ada banyak makanan Indonesia..gimana engga pemiliknya adalah orang Belanda  yang istrinya orangnya Indonesia. Dan beberapa pegawai orang Indonesia...dijamin pegawai di toko melati ini ramah dan baik-baik..aah aku kangen belanja di toko ini.

 
Daging halal setauku ada 3 :  Fysal, dibelakang Melati (aku lupa namanya), Disana daging nya seger-seger sampe tersedia hati, lidah, dan makanan ala timur tengah.

Tempat wisata 
**Horensmeer : Tempat wisata danau dan kincir . Danaunya cantik.. kalo musim panas biasanya danau yg landai digunakan renang untuk anak2, berjemur tentunya kalo bule2 berjemur beneran, tempat ngumpul2 bersama keluarga dan teman sambil grill party, volly pantai.
** Di daerah centrum dan stasiun
Di area antara centrum dan stasiun pemandangannya cantik, selain stasiunnya di Groningen Tua tepi tetap cantik , disekitarnya ada canal dan museum seni.




 
masih banyak lagi cerita tentang Groningen....nanti di lanjut..skrg dah jam 12..waktunya tidur..:)

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails