Wednesday, October 21, 2009

Yang beda antara Bandung-Groningen-Dresden


Yang beda antara Bandung-Groningen-Dresden..
maaf kalo ada kata yg salah..ini cuma hasil analisis isengku...:)

** Uang kembalian : Biasanya harga barang kan nanggung misal 99,99 E atau 99 rebu,999 rupiah..nah kalo di Bandung recehan model begini diganti dengan permen. Kalo di Groningen selalu dibulatkan kalo misanya kembalian 3 cent, maka kasir akan mengembalikan 5 cent, tp kalo kembaliannya 2 cent maka kasir ga akan ngasih kembalian. Kalo di Dresden kembalian
1 cent pun dikembalikan.

** Kantin...Biarpun aku bukan anak sekolahan tapi nyobain makan di kantin RUG dan Menza udah pernah dunk. aku cerita dulu kalo di Rug yg ada makanannya cuma sup, roti dan sejenisnya. harganya juga mahal..dulu aku sama aa pernah cobain makan siang di Rug cuam kopi, hot coklat, roti dan 3 potong nuggets sekitar 13 E. Makanya aa dan temens Indonesia umumnya bekal dari rumah...makanya ketringan mba Indah, aku dan Intan laris manis...hahaha.
Kalo di Dresden kantin (Menza) menunya beragam sampe pusingg mo makan apa..harganya juga murah apalagi kalo punya kartu student. Makanya sekarang si aa ga mau bekel lagi..alasannya buat bersosialisasi sama temens padahal intinya malu.

**Hp : di Bandung rasa-rasanya berlomba-lomba pake hp model baru dan suara ring sesuai lagu yg lagi nge-trend, dan biasanya tidak di turn on silent. Di Groningen dan Dresden kalo aku liat masih banyak berkeliaran hp jadul, termasuk aku hihi..di Groningen bunyi hp umumnya di silent terutama di tempat umum seperti kampus, Gementee, bus dll. Pernah di Bus ada suara hp bunyi dan telp, langsung deh si bus berhenti dan pak supir memeberi peringatan.
Kalo di Dresden suara telp jarang di silent alias keras-keras..tak terkecuali di tempat umum mis bis, tram.

** Kebiasaan :
maaf yg ini sedikit jorok...kalo di Dresden mengeluarkan cairan dihidung alias ingus duh istilahnya apa ya.??? .kalo di Bandung istilahnya 'nyingsring'..pokoknya githu dehh...bayangkan...hampir tiap orang ga di kendaraan umum, di jalan,di zentrum, tempat kursus, tempat makan mreka ngeluarin githu ingus sampe dedak-dedaknya, dengan suara sekenceng2nyaa, abis itu tisue atau saputangannya nya disimpen lagi deh di tas atau jaket...yeakkk jijay yaa.... tapi begitulah yg kuliat baik selama perjalanan atau temen2 kursusku. Dan mreka sedikitpun ga ngerasa risih atau kita2 disekelilingnya merasa jijik..atau karna di Dresden dingin jd hidung sering keluar cairan dihidung..jadilah terbiasa.
Kalo di Groningen sepertinya biasa aja ga se jijay di Dresden hih..apalagi di Bandung umumnya orang-orang kalo mo ngeluarin ingus balik ke belakang atau di tempat yg sepi.

Kebiasaan lainnya di Dresden lebih banyak melepas sepatunya pada saat masuk rumah. Sepatu di lepas setelah masuk pintu. Pernah seorang teman di protes oleh tetangganya karna banyak sepatu dilepas diluar pintu pkknya ala Indonesia.Orang yg pasang internet atau tamu orang Dresden nya membuka sepatu. Kalo di Groningen hampir banyak menggunakan sepatu di dalam rumah. Kalo di Bandung udah pasti dilepas sepatu di luar pintu masuk rumah.

** Pemeriksaan Tiket : Kalo di Dresden membeli tiket bus dan tram biasanya di mesin tiket atau kadang bisa beli di supir.Banyak pilihan jenis dan harga tiket tegantung tujuannya. Misalnya perjalanan 1 jam, short trip, family ticket dll. Pada saat naik bis atau tram si tiket kudu di jeklek dulu di mesin tiket. Achtungg!!! banyak pemeriksaan tiket saat perjalanan..dan pemeriksaan bisa dalam bentuk apa saja..ada nenek2, kakek2, kaya preman, ibu2 Rt...pokonya bikin kita kaget deh. Kalo lupa atau ga beli tiket bisa di denda 40 E, kalo pertama kali di korting jd 20 E.
Kalo di Groningen berhubung tram dalam kota hanya bis jd beli tiket di supir atau kalo punya kartu student atau abodement diperlihatkan ke pak supir.
Kalo di Bandung beli tiket angkot tinggal bayar ke kenek supir...harga standar seh ada..tapi kadang kemabliannya tergantung kebaikan hatri supir atau kenek.

** Birokrasi :
Menurutku di Jerman urusan surat persuratan ga seribet kaya di Groningen, asal syarat-syaratnya dipenuhi. Berhubung aku datang ke Dresden langsung dari Groningen (yg masih sama2 Eropa) jd urusan ga seribet kaya waktu datang dari Indonesia ke Groningen. Nyampe di Dresden langsung urus2 ke stadhuis (gementee) dan imigrasi...kelarrr. ga ada acara kudu nunggu verblieft sgala . Cuma repotnya petugas Imigrasi yg bisa bhs Inggris jg terbatas.
Trus birokrasi buat keluarga juga lebih gampanggg...temen2ku disini S2 dan beasiswa Dikti aja bisa bawa keluarga...istri dapat tunjangan..anak2 juga sama...makin banyak anaknya makin byk tunjangannya. jadi istilahnya kalo di Jerman banyak anak banyak rezeki tuh bener..hihi...
bayangkan kalo di Groningen..walahhhh bawa keluarga aturannya panjangg..udah apply aja lom tentu di approve.
Kalo ngomongin birokrasi di Bandung apalagi subsidi..no comment ahhh..:)


** Rumah.

Kalo di Bandung ukuran rumah dan bentuk rumah menunjukkan tingkat kemapanan seseorang. Model rumah beda ada yg gaya eropa , tradisional dll, sama seperti di Dresden model rumah berbeda. Lain hal dengan di Groningen model rumah miripppppppppp..kotak-kotak merah..kalo pertama kali dateng bisa nyasar.

Harga sewa rumah di Dresden lebih murah daripada di Groningen. Untuk student house apalagi harga rata-rata kisaran 180-250 e dan sudah fursnised trus lagi di dalamnya ada kamar mandi dan dapur. Kalopun sharing juga hanya beberapa kamar saja. Groningen dan Dresden sama butuh uang jaminan pada saat kontrak sewa rumah. Jaminan akan dikembalikan tergantung konsisi kamar/rumah yg kita sewa..dan pengembalian jaminan tergantung ownernya atau sesuai perjanjian di kontrak. Kalo di Bandung rumah kontrakan kaga pake uang jaminan..masih untung cuma sampah yg ditinggalin yang ada malah tunggakan telp, listri dan air.

** karakter

kalo kata aku seh orang Dresden lebih i dinginnnnn...hmm mungkin sesuai suhu Dresden yg slalu dingin :). jarang basa basi....eitss tp ga smua githu ko..pernah juga ada ketemu orang orang Dresdem yg baik hati, menerangkan soal tiket walopun dengan bhs Jerman..dan kebetulan para tetanggaku baik hati..senangnyaa
Kalo di Groningen orang2nya ramahhh...duduk di halte aja bisa ngobrol..
Kalo ngomongin keramahan Bandung hmm jangan ditanya aslinya orang Bandung tuh ramah sekaliiii.... :)

** Transportasi

Di Dresden alat transportasi kami sehari-hari pake tram dan bis..lumayan ada pengeluaran khusus seh 49e sebulan..padahal kalo di Groningen mah gratisss kmana-mana bisa pake sepeda..hiks kangen aku dgn speda imutku.
Tapi fasilitas untuk tiket hemat banyak : misal nya ada small group ticket, short trip, one day ticket, family tiket, weekend ticket 36e buat 5 orang.
Kalo di Groningen kudu pake discount card atau nunggu tiket blokker dan kruidvat.
Kalo di Bandung transportasi utamaku angkot, vespa biru, honda, dan mobil ortu. . ngomongin tiket murah..hmmm
yang ada smakin hari makin mahal.

**Biaya Hidup
kata siapa Dresden lebih murah??
Kalo masuk supermarket atau mall seh menurutku harganya sama kaya di Groningen, harga minyak, telor, gula.pokoknya kebutungan pangan samaaa....kalo baju, sepatu, parfum apalagi yg merk kelas tinggi sama mahalnya. Cuma yg kerasa lebih murah ya sewa rumah. dan kalo masuk restoran-restoran juga murah, tp tergantung jg kelas restorannya hihi.Selama merantau di Groningen dan Dresden biaya hidup ku ter control..abis ga disini ga banyak jajanan sehhh..kebanyakan masak sendiri.
Kalo di Bandung biarpun kalo di konversi sama uang eropa lebih murah tapi pengeluaran kadang ga sebanding dengan pendapatan, apalagi tipe orang Bandung konsumtif alias tukang jajan.


** Tata Kota
Groningen dan Dresden sama-sama kota yg cantik dan tertata rapi sama-sama aku tinggal diujung..cuma bedanya Groningen kota paling utara di Belanda, dan Dresden kota paling timur di Jerman. Bedanya di Dresden tempat wisata dan pemandangan yang dilihat banyak, Tram berseliweran, pengendara mobilnya kencang2t, centrumnya gede biarpun aku belum nemu vismarkt .
Kalo di Groningen kan banyak sepeda dan pengendara mobil juga baik2 ga pada ngebut. Pejalan kaki dan sepeda adalah raja.
Bandung...sedih deh kmaren pulang Bandungku yg hijau dan cantik berubah jadi kota belanja dan mall....:(. Padahal Bandung kalo di urus ga kalah sama eropa..banyak tempat wisata yg cantik2. Tukang dagang dipinggir jalan makin banyakkkkk....tapi sekaligus aku kangen makanan pinggir jalan hehehehe.

** Temans
kalo soal temen-temen sama2 baik..sama-sama care, dan ini yg bikin kami betah..kata temenku orang Indonesia yg ada disini 40 orang. disini juga ada komunitas orang Indonesia dan stundent Indonesia namanya Formid ada juga kumpulan pengajiannya. ..malah disini banyak bgt kumpulan temen-temen dari jabar trutama Garut,..huhuy si aa hepii...dia mah tambah fasih aja bhs sundanya..
Kalo di Groningen perkumpulannya bernama PPI dan Dg. berhubung banyak jadi nya Groningen mirip seperti kampung melayu..dan pada narsis foto..huaa aku kangen Grony :(






1 comment:

  1. Anonymous11:13 AM

    pretty cool stuff here thank you!!!!!!!

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails