Thursday, May 21, 2009

survei familie di Jerman

Ternyata bahasa Jerman itu susahhhh...buat aku yang ga talen dalam bahasa kayanya dah makin keteteran.
Sekarang aku dah mulei A2..dan di buku panduanku (BerlinerPlatz) ada sedikit bahasan survei tentang familie di Jerman.
dengan pengetahuan basaha Jermanku yg semenel katanya begini....
Dahulu kala..kira2 100 tahun yang lalu di Jerman pada umumnya dalam satu keluarga berjumlah lima orang. Padahal ya di Indonesia sampe sekarang aja masih banyak satu keluarga berjumlah lebih dari 5 orang hehehe.
Dan sekarang, hampir 40% rata2 memilih menjadi single. Sekitar 30% tinggal bersama tanpa ikatan pernikahan, dan 5% dari berumah tangga dengan jumlah lima orang.
Menurut survei sekarang banyak yang memilih single, atau lebih banyak memilih hidup bersama / univerheiratet atau Ehepartnerwerden yaitu sebagai mitra. Sehingga Jumlah kelahiran menurun, jumlah divorces meningkat. sehingga banyak juga single parents = anak hanya dengan seorang ibu / keluarga ibu atau anak ikut ayah / keluarga milik ayah.
Lebensabschnittpartneren adalah Mitra dalam kehidupan berarti Anda tinggal bersama orang beberapa tahun yang sama, namun tidak terikat perkawinan
Di Jerman jumlah anak-anak yang lebih sedikit dan umunya sekarang banyak orang2 yg hidup sendiri menempati tempat tinggal nya.
Di bagian Jerman timur mempunyai banyak anak dan orang tua menikah dan sebaliknya kalo dibagian Jerman Ost mereka memiliki anak tapi tidak menikah.

kalo di Indonesia gimana ya..yang jelas angka kelahiran semakin meningkat..angka perceraian pun sama..dan pernikahan banyak yg tidak di maknai..buktinya para artis dan bbrp orang ga cocok sedikit cerei..kawin lagi..cerei lagi..kawin lagi.
Dan di Indonesia terutama di kota besar aku pikir sekarang sama malah gaya hidup nya so so niru ala luar..hmm tapi apapun memang itu pilihan hidup.

source : Berlin Platz A2, http://www.shutterstock.com/pic-29047702-people.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails