Monday, February 09, 2009

enaknya jadi istri Phd


Habis baca blog Meli aku jadi kepengen cerita juga tentang pengalaman jd istri phd. Berawal seperti mimpi yang aku ga pernah mimpi sebelumnya. Dulu waktu aku di Indonesia dan memutuskan menikah dengan aa..aku cuma punya mimpi membangun keluarga yg seperti umumnya..pokoknya mimpi yg standar banget hehe.Selagi pacaran aa sering bermimpi bisa ke Ln dan sekolah di Ln..aku cuma dengerin aja mimpi2 aa, karna aku emang ga pernah punya mimpi karna aku sadar banget dengan kemampuan otak ku..hihi alias pas2an. jadi mending mimpi yg real2 aja.
Setelah aa beres s2 aa dapet tawaran dari Pak Tjia supervisor aa yg baik hati di Itb menawarkan untuk kualifikasi ke Groningen selama 3 bulan..waah kesempatan itu ga ditolak dunk biarpun cuma 3 bulan. .dan diakhir kontraknya aa di interview oleh Thom dan alhamdulilallah dapet posisi Phd. berkorban 7 bulan kami berpisah dan akhirnya kami bersama lagi.
Groningen
statusku berubah jd jd ibu rt..jadi istri seorang phd dan ternyata banyak suka duka nya tapi lebih banyak enaknya.

**duka nya
..
karna aa kerjanya lebih banyak nge lab..ya aku sering ditinggal-tinggal sampe malam..malah waktu deadline ditinggal sampe tengah malam....trus kerjaan dibawa ke rumah..jd dirumah bukannya santei2 malah asik depan kompi...belum lagi aku sering ditinggalin aa untuk ngukur ke kota atau negara lain untuk beberapa hari...mana aku penakut lagi. Dan yang paling menyebalkan kadang weekend pun dan hari dimana kudu libur aa teteppp kudu kerja...pokoknya lab tuh istri ke 2 aa..pokokknya bikin aku jealous deh. untuk ngehindarin kesepian..ceileee...aku emang butuh banget kegiatan biar ga bosen nungguin aa nge lab.

**suka nya


Kegiatan aku lebih bervariasi dibandingkan aa.,..nyentrum..ladies day..ladies night..ketemu temen2, ngegosip sampe curhat..jalan2 ke vismarkt..nongkrong makan patat , kibeliing dan lekker bek..ketringan..cetingan, pesbukan dan mp dunk. Jadi pastinya aku lebih banyak temen-temen
. Dan senengnya lagi neh ada pepatah yang pas buat aku:
"Sambil berenang minum air' sambil nemenin yg sekolah sambil jalan2 keliling dengan tiket murah. dengan modal menyisihkan sisa beasiswa, handycam dan kamera buat narcis ria tentunya sebagai bukti kalo kita dah europe tour , peta, buku panduan wisata, rice cooker karna kita pemakan nasi sejati..dan rasa pd jadi turis hemat..hihi.
Traveling emang bikin 'nagih' ada kenikmatan tersendiri saat kita menyiapkan barang-barang yang akan di bawa, nikmatin perjalanan, sampei mencari tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi sambil membawa peta di tangan, menikmati cantiknya bangunan atau panorama kota/negara, melihat kebiasan-kebiasaan khas di satu kota/ negara, mencoba kuliner makanan... hmm asik deh. dan tak lupa beli souvenir yg murah meriah.
Seni traveling biasanya kesasar atau ga ngerti kebiasaan tempat yg dikunjungi, cari makanan yg satu selera dan halal itu yg susah dan yg paling sebel neh karna aku tukang kencing kalo mo cari toilet waduhh asli makan waktu hihi.
Jalan2 lebih seru seh sama rombongan..ketawa-ketawa..banyak cerita..pokonya seruuuu. .tapi jalan berdua sambil honeymoon lebih asikk ..nah aku sama aa seringnya jalan2 berduaan soalnya lebih bebas dan semua tergantung kita. nah ini lah hasil jalan2 selama 3 tahun bersama rombongan groningen, sama E-travel dan berdua





  1. Belanda
  • Groningen 2005-2009: Kota paling utara Belanda yang bersih, nyaman, ramah, tenang disebut juga kota pelajar karna disini banyak student dari berbagai negara. Universitas yang terkenal yaitu RUG n dan Hanze. Tempat wisata di groningen ga begitu banyak hanya canal, martini tower, museum-museum., danau hoornsmeer.Tinggal di groningen mengajarkan aku banyak hal..
  • Amsterdam (20-11-05) : kota metropolitan. kota yang padat..kota bisnis dan kota wisata Disana aku mampir ke madam tussaud (patung lilin ), musium sexs hihi seru2an lahh, banyak juga museum terkenal kaya van gogh, rijk museum dll, pasar bunga, keliling cana pake boatl. Satu jam dari amsterdam kita pergi ke zaanse schans disana ada perkampungan khas belanda banget..ada pembuatan cara bikin keju, klompen dan souvenir. Beverwijk (zwaart markt) yg jual banyaknya orang Marokko, arab, Turki, China, mirip kaya pasar baru malah lebih keren pasar baru di Bandung
  • Eindhoven (06) : saat itu cuma mampir ke festival buku sama pasukan grony , liat centrum dan pasar sama Deti
  • Denhaag (4-5-06) : ibu kota dan kota administratif belanda. disana aku ke keukenhof (taman tulip), madurodam (miniatur kota belanda) dan pantai scheveningen, castel, dan centrum
  • Delfzijl : daerah utara belanda ,perbatasan antara belanda dan jerman,disana ada laut yg indah dan terlihat jelast DAM untuk mencegah masuknya air laut ke kota,..kayanya kalo si DAM roboh udah deh belanda bakal kerendem trus juga ada harbour yg kerenn banget..pokonya kota itu syarat akan sejarah. Nah kayanya aku ga bakal dateng ke delfzijl kalo disana ga ada uwak ku sayang...kalo dah kerumah uwak dijamin betah deh soalnya so pasti di suguhi cerita dan makanan yg enak2.
  • Apeldoorn : lihat castel sambil mengunjungi rumah mba Ine. malas-malasan di rumah..
  • Volendam (10-5-06): dermaga, tempat penjualan souvenir dan tempat di foto pake pakean ala holland jaman dulu.
  • Maastrich mampir ke centrum, lihat canal, castel, dan gedung2 cantik.
  • Rotterdam : kota besar disana kita lihat woningkubus (atau rumah kubus bentuknya miring) trus ke menara paling tinggi di belanda namanya euromast.
  • Uttrecht : stasiun uttrech keren karna dari central station langsung menuju pusat pembelanjaan disana banyak makanan halal yg enak-nak. Canalnya juga indah...disisi canal berjajar restaurant..hmmm romantis deh, di centrumnya ada gereja-gereja dan bangunan tua.
  • Roermond : deket eindhoven tempat belanja..banyak factory outlet banyak barang yg bermerk tp dijual dgn harga miring..cuma barangnya dah agak lama.
2. Jerman

  • Hamburg september 05. Pertama ke luar negeri kira-kira baru 1 minggu di belanda, aa ada konfrensi 4 hari di hamburg-damtor, akhirnya aku ikut. Ternyata damtor kota sepi ga banyak tempat wisata paling hanya taman-taman yang indah. Kesiksa deh 4 hari ga makan nasi, soalnya waktu itu lom tau cara gimana jadi turis yang hemat. Mana bulan puasa lagi kita cuma makan nugget dan kebab. Sebelum pulang kita sempatkan 1 hari keliling-keliling ke centrum hamburg, ternyata disana wooow rame banget pusat pembelanjaan.
  • Leer : kota perbatasan Belanda dan jerman disana ada dermaga yg bagus dan centrum yg katanya harganya lebih murah..namanya juga perbatasan
  • Hannover : jalan2 cuma keliling centrumnya aja
  • Bremen sept 05 : pulang dari hamburg kita ke bremen hanya jalan-jalan ke sekitar centrum. tapi centrumnya ok punya karna bremen kan kota bersejarah.
  • Berlin (13-04-06) ini perjalanan paling mengesankan, kita pergi dengan rombongan besar groningen. yang jadi guide mas Wangsa, aramel dan mas eko. Kita jalan-jalan ke semua tempat wisata berlin..pokonya ga terlewat sedikit pun.
  • Dusseldorf (30-06-06). ini seru banget soalnya aku, aa, mas Eko, Fuji, Dini, dan mba Cut kita ramean jadi 'bonek'buat nonton piala dunia. nontonnya seh di lapangan mirip kaya layar tancep deh cuma suasana itu yang ga bisa diungkapkan dengan kata-kata. Dusseldorf kota indah yang dikeliling dermaga dan kapal-kapal yang keren. 3 hari 2 malam cukup deh buat nikmatin keindahan dusseldorf.
  • Koln (22-7-06). Maen ke koln ga sengaja niat ke bremen eeehh malah nyampe ke koln. Pergi ke kota ini sambil ngajak upi yang lagi short course di denhaag. tapi ga nyesel abis koln kotanya kerennn..objek wisata banget..disitu ada catedral megah, yang dikelilingi dermaga.
  • Frankfurt mei 07. ini ibukota jerman, namanya juga ibukota ya jelas lah kotanya rame dan metropolis banget
  • Heidelberg mei 07. nah ini kota yang palingggg indah ada castle/ shloss diatas bukit dikelilingi gunung-gunung ..pokonya pemandangannya indaahhhhhh banget. kotanya sepi, bersih, dan nyaman. disana kita tinggal di rumah temen aa s1,kel mas ken dan mba elly (thx ya mas) ditambah dengan a ipank waah pokonya moment ini liburan sambil reunian
  • Stuttgart mei 07. kotanya lebih besar dari heidelberg..cuma sayang pas kita dateng lagi ada pertandingan bola, jadi tempat wisata atau castlenya penuh dengan penonton bola. jadi kita cuma keliling-keling centrum dan tamannya
  • Lubeck : kota kecil jerman yg cantik disana ada gereja tua yg ada cerita iblis nya dan castel cantik. waktu ke tempat ini sama E-travel
  • Munchen : kita disana ga lama cuma liat gedung sekitar centrumnya doang
  • Fussen: pergi ke castel nieuwschans
  • Dresden : kota cantik, sepi, dan banyak bangunan2 eropa timur yg cantik2. dan insyaallah mulei tgl 5 Jan kita resmi jadi penduduk Dresden.
3. Belgium

  • Brussel : 11-08-06 . Pergi rombongan dengan keluarga besar groningen ke brussel, lihat karpet bunga, menekenpis ,musium tintin, kerajaan-kerjaan mewah tak lupa makan coklat asli belgia, es cargot, dan wafel yang diatasnya dikasih es krim..hmm yummyyyyy.
  • Antwerpent lihat gedung2 dan castel cantik. makan wafel, ke area diamont, dan centrum
  • Gent..kota kecil tapi cantik, waktu itu kami sekalian jalan2 sekalian nengok Agung..

4. Luxembourg 19-08-06 : Pergi kesana ramean sama aa, mas Eko, aramel dan mas Zan, sambil test drive mobil baru mas Eko. udah mobilnya enak harga perjalanannya juga hemat banget. Luxembourg negara paling kaya di eropa tapi ternyata sepiiii banget, pembangunan kotanya modern tapi asri..gimana ya..pokonya indah deh.

5 . Perancis : Paris 1-10-06 :4 hari disana cukup untuk nikmatin menara eifel, sacre goeur, arc triomphe, le louvre, disneyland park, dan banyak tempat. ada kejadian yang lucu tapi bikin deg-degan juga ..gini ..saat itu kita cari hotel yang udah kita booking sebelumnya namanya Timhotel. Setelah sampai disana hotel nya sedang di renovasi dan ga ada kamar yang kosong..duuh dah deg-degan..gimana nasib kita. Tapi karna bukan kesalahan kita akhirnya pihak manajemen memindahkan kita ke hotel yang sama tapi tempatnya berbeda, sambil diantar menggunakan taksi. waah jadinya kita malah jalan-jalan keliling paris dengan taksi. dan akhirnya kita diberi kamar yang besar dengan harga lebih mahal dari tempat yg kita pesan dan tempatnya strategis banget dekat dengan centrum dan stasiun.
kalo aa paling sering ke grenoble buat ngukur kristal tapi sayang daku ga pernah bole ikut

6. Spain 27-12-06 ------ 3-01-07. Perjalanan panjang dan melelahkan. apalagi ditambah masalah...,hihi malu buka aib..jadi waktu itu kartu pin rusak (rusaknya sama aku seh) dan kartu kredit ga bisa aktif karna saat itu liburan natal dan tahun baru ..waduhhhhhh stress deh...padahal kita punya uang hanya 40 euro lagi. tapi 4JJ selalu meberi jalan akhirnya kami dipinjami uang oleh amel dan Jhon.

  • Granada : tempatnya subhanaallah indah banget, kita bagaikan masuk ke peradaban islam masa andalusia. Tempat wisatanya naik keatas bukit disana akan terlihat bangunan-bangunan yang indah. namanya alhambra disitu terdapat benteng alcazaba, musium colombus, palacios nazares, alhambra, dan taman generalife
  • Cordoba . disana terdapat mezquita dan bentengnya. masuk ke mesquita sedihh banget apalagi untuk umat muslim. mesquita adalah mesjid megah, indah, yang ditengahnya sekarang dibangun menjadi gereja...masuk kemesqiuta seperti merasakan masa bangunan kejayaan dan sejarah masa lalu.
  • Madrid. suami paling puas ke sini karna bisa masuk lapangan bola termegah real madrid. Madrid kota yang padat yang penduduknya suka banget dengan lotre.. Disana banyak banget gedung-gedung bagus.
  • Barcelona : kota seni dan kota romantis. aku berdua ma aa 2 hari disana jalan-jalan ( la ramba) ke pantai, musium, gedung-gedung megah, cathedral sagrada. tak lupa ke lapangan barca.
7. Italy, 1-6 Agustus: ini jalan2 ramean sama mba puri, anu, dini dan adit. waah asik banger deh perjalana seminggu ga kerasa...sampe punya pengalaman tidur di tenda di area tanaman olif dan tidur di hostel ramean ber6. kami jalan2 ke :

  • Pisa
  • Roma
  • florence
  • venice
  • Milan

8. Austria.6-11 Agustus. ini perjalan berdua..

  • Vienna
  • Salzburg
  • Insbruck
9. Czech (Praag) : lihat Praag castle, astronomical clock , charles bridge dan tempat asik.
10. Denmark : ini perjalanan sama 2 keluarga E -travel aku dan aa..kita ke Conpenhagen dan puas deh jalan2 kalo pake mobil mah.
11 Swedia : ke Malmo dan Stockholm
12. Norweygia : jalan2 rombongan sama kel e-travel, mas Is, uyung dan clara, sayang si aa ga bisa ikut soalnya kan lagi deadline.kami jalan2 Oslo dan berggen..kalo cerita tentang berggen wahhhhhhhh ga ada habisnya..asli disana puasssssssssssss...kotanya indahhh ga ada tandingannya.
Jalan2 sama E-travel emang asikk kalo dijalan ada view yg asik..mobil berhenti , ambil kamera dan saip narcis..hihi..duuhh smoga tahun ini E-travel ngadain lagi tour aku pengen ikutt.
13. London : nah kalo yg ini aku ga ikut.. aa jalan sendirian sambil ngukur samplenya sambil dipaksain liat stadium dan jalan2 lihat tempat wisata.

14. Polandia : waktu itu kami ke Krakow liaht wavel Castel, tempat cantik  dan bersejarah di Polandia
15. Swiss. kami ke Geneva-Interlaken- Zurich
16. Hungaria (Budapest) :



lho-lho..jd istri phd ko jd ceritain europe
tour gini...hihi...tp emang itu plusnya..wuiih ternyata yaa kalo aku itung2 jadi istri phd malah banyakan jalan2nya daripada yg phd nya hahaha.
Nah enakkan jadi istri phd...ayoo sapa yg mau jd istri phd.. beruntunglah diriku jadi istri phd...makasih ya aa..untung aku nikah sama aa..hahahaha . Untung aku ga jadi nolak cinta aa...kalo ditolak dah pasti aku menyesal dan rugiii banget ga bisa jalan2 hahahaha.
modalnya jd istri phd cuma nyiapin sarapan, nyiapin bekel untuk makan siang, dan masak buat diner..jd temen curhat..beres-beres rumah...bikin suasana rumah rame..dan kasih support.gampang pan...sok bijak deh gw
ayo Intan, Desti, Yeni, Puti, Kiki, Meli, Cin, Yuli, para ibu-ibu dan calon istri phd semangatttt !!!!!
oiyaa tanggal 5 januari kami sudah bukan penduduk groningen lagi.hari ini kami dah dapat visa jd penduduk dresden jerman. dan aa tanggal 6 udah mulei kerja di max planck institute.
sedih banget ninggalin groningen tercinta dan temen2 yg asik2..bawaannya dah melow deh..
smoga tahun baru..tempat baru...kerjaan baru..kegiatan baru..temen2 baru..smoga smuanya membawa barokah buat kami..
dann..perjalanan europe
tour bersambung lagi..lumayan masih ada waktu 1-2 tahun..hahaha
Kalo ada yg mau jalan2 ke dresden atau sekitarnya jangan sungkan hub kami ...ditungguuuu
dan sekarang siap2 kudu packing lagi dan cari rumah biar bisa menampung para turis dari Groningen hahahaha

6 comments:

  1. Mampir ah... ini bagus en enak jalan ceritanya...

    Met sukses selalu bu...

    ReplyDelete
  2. makasih pak udah baca cerita saya :)

    ReplyDelete
  3. jdi pengen "istri Phd"...

    Bisa nggk ya??

    ReplyDelete
  4. Asik bacanya kaya baca buku traveling aja

    ReplyDelete
  5. Mba,baca postingan mba mirip2 cerita film 99 cahaya di langit eropa :)

    ◇ Dessy ◇

    ReplyDelete
  6. Salam kenal Nisa...saya juga istri dari PhD. Tahu g berapa lama kami harus LDR-an, 2 tahun :D Sama sering di tinggal ke lab T_T, tapi untungnya sudah ada si kecil, jadi di rumah g kesepian. Yang ada harus bolak balik bersihin rumah karena diberantakin sama si kecil (eh malah curcol)
    Senang nyasar ke blog ini..sekali lagi salam kenal ya...

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails