Sunday, March 09, 2008

tips memasak bergizi, sehat, praktis, hemat, dan murah




Buka ym eeh langsung yg nyapa alia..ini isi chat nya alia
"teh nisa..teh nisa
kan pengen ada acara de gromiest on line tuh
khusus untuk muslimah de gromiest
nah acaranya OL melalui YM
kita pengen nya sharing2 gitu teh nisa
tujuannya ya mempererat silaturahmi + nambah wawasan
gimana kalo minggu ini temanya ttg tips memasak praktis, hemat, bergizi dan murah".

gubrag..seumur-umur aku lom pernah sharing online truz pake radio sgala, dulu pernah ngajar materi ke anak2 smp atau sma...naloo ini mah yg dikasihnya sharingnya juga student2 tingkat tinggi..hii jadi ga pede gini. tapi gpp lah sekaligus belajar juga, moga-moga ga memalukan yaa..dan bermanfaat..kalo ada kata2 ku yg salah tolong di koreksi

judul materi yg dikasih ga jauh2 dari kegemaranku malah sekarang jd mata pencaharianku judul yg dikasih panitia tips memasak bergizi, praktis, hemat, dan murah.
Siapa sih yang ngga suka makanan enak?kalo kita hidup di Indonesia sepertinya ga bisa masak juga ga jd masalah tinggal beli ke warung harga 2000 perak aja dah kenyang, tapi kalo disini ga bisa masak dan ga dipaksain kayanya menderita sendiri. memasak itu seni disitu, ada rasa, ada warna, ada tantangan, dan yg penting ada award. Apalagi kalo kita ngidam makanan tertentu, trus kita masak dan hasilnya enak hepi banget kan??.atau kita bikinin masakan buat banyak orang trus cepet ludes hati kita berbunga2 dan yg makan juga hepi, yg paling penting dalam seni memasak bisa bikin pasangan kita tambah cinta dan betah dirumah..huhuy.. Tapi kalopun masakan yg kita bikin gagal itu bagian seni dan biar nambah pengalaman. Menurut pengalaman neh, kalo pas lagi suntuk trus masuk ke dapur.. ehh, ternyata bisa bikin hati jadi seneng lho. Memasak itu bisa bikin mental kita sehat lho. Seriously, cooking is actually relaxing. Entertaining friends is one thing, but when your whole day seems like it's worth the sweat... that is the most rewarding experience!
Memasak itu sebenernya gampang sekali kok... ngga perlu pake ilmu, dan ngga perlu pake jampi-jampi... yang penting kita niat mau ke dapur , belanja, bikin bumbu yang lengkap, berlapang hati dan punya kemauan untuk belepotan ama keringet, bau bawang, letupan minyak, dll
smog
a uraian di bawah ini jadi pada semangat masak neh ;))

1. makanan sehat & bergizi :
  • mengandung gizi : karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral.
  • tidak mengandung formalin, pewarna, pengawet, dan sebaiknya penggunaan dikurangi penggunaan penyedap..
  • sanitasi dan hygenis. sanitasi menyangkut kebersihan dapur dan alat-alat masak..terutama penggunaan spons harus kudu sering diganti dan dikeringkan., karna bibit penyakit bisa cepat berkembangbiakdalam kondisi basah . hygienis menyangkut kebersihan pribadi/ si pemasak misalnya cuci tangan sebelum masak, .rambut diikat atau di tutup dengan topi koki, kuku kudu bersih.
contoh :
  • cara memasak sayuran agar tetep bergizi cuci bersih sayuran, kemudian potong2. pada saat memasak gunakan tutup panci agar kematangannya sempurna dan sebaiknya jgn terlalu matang soalnya vitamin dan protein tidak tahan panas.
  • Untuk menghindari risiko terkena kanker, terlebih dahulu merendam daging dalam campuran bumbu yang diberi minyak zaitun. Dicampur pula perasan air jeruk sebelum dipanggang. Kedua cara itu dapat mengurangi pembentukan senyawa kimia HCA dan PAH dalam tubuh.
  • Lebih sering mengolah makanan dengan cara memanggang dan menggunakan oven. Sebaiknya minimalkan memasak dengan cara menggoreng.
  • jika terpaksa menggoreng, gunakan minyak yang sehat, seperti; minyak jagung, minyak sayur atau minyak zaitun. Gunakan juga jenis minyak tersebut untuk menumis.
  • Sesekali masaklah makanan dengan cara dikukus atau di rebus.
  • Ketika mengolah daging ayam, usahakan buang kulitnya, atau pilih daging sapi muda yang tidak banyak mengandung lemak
  • Mengetahui cara memasak agar bebas lemak dan kolestrol serta menyeleksi jenis makanan yang dikonsumsi.

2. praktis
"'praktis dan mudah'" cocok banget neh buat temen2 yg "'kos'"ers atau yg lagi sibuk. intinya masak cepat beres. Padahal masak masakan Indonesia kaya akan bumbu dan rempah-rempah perlu banyak waktu khan kebanyakan prepperingnya lama, musti diulek-ulek.. direndam.. diremas-remas dan ribet lagi... timing is everything!.
T
api ga usah khawatir sekali lg masak itu gampang..jd pasti ada lah resep2 yg praktis dan mudah seperti : mie goreng, bihun goreng, sop, omelet, tumisan, ceplok telor, salad, spagheti.tumis ikan filet, teriyaki.


3.Mur
ah dan hemat
murah pasti dilihat dari harga nya dunk. tapi sebenernya menurutku yg penting memanfaatkan bahan yg ada. sekali jangan terpaku resep pokonya bikin inovasi sendiri dengan bahan yg ada. Jangan menumpuk bahan makanan kan jadinya mubadzir.
misal kita mo bikin spaghetti tp ga ada daging ya gunakan bahan yg ada misalnya tuna atau jamur. karna kalo kita terpaku dengan resep asli brarti kudu menyediakan waktu dan dana. dan kalo stok makanan ditumpuk juga ujung2nya kebuang kan mubadzir.
apabila kita masak berlebih tapi dah bosen dengan menu tersebut bisa dibikin 2 cara masukkan ke dalam freazer atau dioleh menjadi menu yg berbeda. kan hemat tuh..

4 .m
akanan enak
En
ak itu artinya pas komposisi dan rasa. intinya cocok dilidah. jadi enak itu bersifat relatif. Yang penting masak juga butuh mood dan pengaruh banget terhadap rasa.


5. trik masak cepat dan cepat :
  • Mengetahui teknik dasar memasak. Masak itu menyenangkan, tidak percaya? Di sini Anda bisa bereksperimen soal campuran bahan dan bumbu. Tapi dengan syarat, teknik dasar memasak harus sudah Anda kuasai. Seperti menggoreng, mengupas bahan dan tahu nama-nama bumbu.
  • Buat planning kira2 apa yang mau dimasak seminggu. trus bikin list belanja dan kudu taat dengan list yg kita bikin biar hemat ;)).
  • Pembelian dan persiapan bahan : Jumlah bahan disesuaikan dgn kapasitas kulkas dan freezer. 1) daging dan ayam : iris2 daging sesuai dgn menu planning kita dan bungkus per porsi masak. Dapat menggunakan bekas take away plastic box atau dgn freezer plastic bag. Tandai bungkusan tsb dgn jenis daging dan tanggal pembelian. Bumbui daging dan ayam, contohnya bisa dibumbui dengan sedikit kecap asin + bawang putih, kecap asin + manis + merica + bawang putih, kecap asin, madu, merica + bawang putih atau terserah yang mau memasak. Untuk ayam kalo pengen cepat masaknya beli yg filet. 2) Untuk ikan : belilah ikan segar yg udah di bersihkan, cuci bersih dan bumbui, masukkan freezer. atau kalo males ribet gunakan ikan filet. 3) Untuk sayuran beli 3 hari segali agar lebih segar kecuali kol, paprika, wortel, terong, labu. lebih tahan lama. 4) Untuk bumbu. biar keliatan sepele tp pentingggggggg bgt kalo ga ada satu bahan bumbu bisa mengurangi mood masak apalagi rasa. apalagi kita disini jauh dari warung tetangga..kurang garem aja kudu ambil sepeda trus pake baju lengkap ;)).jadi sediakan bumbu umum misalnya bawang bombay seger, bawang putih segar, garam, merica, gula pasir, bumbu powder. kalo ada waktu seh bikin stok rempah2 segar yg udah dipotong-potong seperti lengkuas,jahe, serai.
    Kalau mau buat bumbu sendiri, terutama bumbu utk masakan Indonesia, buat yang banyakan dan simpan di kulkas. Bisa ngikutin resepnya Rudi Choirudin tuh. Utk penyimpanannya, taruh sedikit minyak dipermukaannya spy bumbu tdk teroksidasi oleh udara dan bakteri/jamur lebih susah berkembang biak.
  • Awali dengan resep yang paling mudah. Saran ini cocok bagi yang belum pernah 'terjun' ke dunia memasak. Begitu Anda berhasil dan sukses, hari berikutnya Anda akan 'ketagihan' untuk kembali mencoba resep lainnya yang setingkat lebih sulit. Resep yg paling mudah nasi goreng, orak arik, sop, tumisan sayuran / ayam/ ikan/ daging.
  • Selalu menggunakan bahan makanan yang segar. Jangan harap masakan Anda bisa diacungi jempol jika yang diolah adalah sayur yang sudah seminggu di kulkas dan bumbu yang sudah lama disimpan. Sebab aroma dan rasa bahan sudah berkurang
  • Jangan mau menjadi budak buku resep. Sebagai pegangan memasak, buku resep memang sangat perlu untuk panduan. Tapi bukan berarti Anda tak boleh bereksperimen sesuai selera. Jika tidak suka kol, Anda bisa menggantinya dengan sawi. Jika anti pada merica, sah-sah saja jika Anda menggantinya dengan cabe
  • Siapkan bahan dan bumbu yang akan diolah pada satu tempat. Cara ini memudahkan Anda untuk mengolah makanan tanpa harus ada bahan yang tertinggal.
  • Jatuh cinta pada pandangan pertama. Artinya, saat disajikan, penampilan makanan harus bisa mengundang selera lewat mata. Jadi, jangan lupakan hiasan dan wadah yang tepat untuk menyajikannya.
5.Tips memasak

  • Kalau anda membutuhkan banyak bawang putih, ada cara cepat utuk mengupasnya hingga tak menyita waktu banyak. Caranya, panaskan bawang putih dalam microwave selama 10 detik. Hasilnya, kulit bawang akan langsung terkelupas atau Mememarkan bawang putih :Tekan pisau pada bawang (tidak perlu dikupas kulitnya), setelah memar, kulit bawang akan terlepas dengan mudah
  • Cincang halus bawang putih :Dengan alat khusus : Bawang putih dimasukkan dalam tempat khusus yang bagian bawahnya berlubang, lalu tekansaat merebus udang, agar bau udang hilang, masukkan daun seledri segar kedalam panci.
  • Agar pie yang akan dipotong tidak hancur, banyak tertinggal di talenan, dan mudah diambil, sebaiknya bungkus pie terlebih dahulu setengahnya.
  • Jika membutuhkan hanya setengah dari bawang bombay, sebaiknya agar sisanya bertahan lebih lama, potong secara horizontal dan simpan bagian yang ada akarnya.
  • Agar potongan buah dan kacang menyebar rata di dalam adonan cake serta tak menggumpal di bagian bawah cake, taburi dengan tepung sebelum dimasukkan ke dalam adonan.
  • Selalu kupas daun letuce lembar demi lembar. Jangan pernah memotongnya dengan pisau karena akan terasa pahit.
  • Jika memasak mi atau beras, agar airnya tidak tumpah keluar, tambahkan sesendok makan mentega atau minyak ke dalam air rebusan.
  • Pastry yang diolah dengan menggunakan air dingin akan menjadi renyah. Sebaliknya jika memakai air panas, akan menggumpal.
  • Untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat ketika mengolah salad, sebaiknya oleskan terlebih dahulu dengan mayones sebelum mengisi mangkuk adonan dengan sayuran atau bumbu lain.
  • Ingin menghias cake dengan cara mudah? Pertama-tama gambar pola di atas cake sesuai keinginan dengan bantuan tusuk gigi. Lalu ambil botol kecap/sambal yang kosong, isi dengan gula berwarna, dan semprotkan perlahan-lahan di atas pola gambar yang sudah dibuat dengan bantuan tusuk gigi tadi.
  • Telur rebus akan semakin mudah dikupas jika begitu matang langsung diangkat dan diletakkan di mangkuk berisi air dingin selama beberapa menit.
  • Gunakan bumbu-bumbu beraroma tajam (misalnya lengkuas, daun jeruk, serai, daun kemangi, jahe) saat memasak kerang. Tujuannya untuk mengurangi bau amis kerang.
  • Untuk Menambahkan keju atau topping lainnya sebaiknya dilakukan setelah makanan matang, agar tidak keras atau malah lembek.
    Bila perlu, dimasak lagi selama 1 menit pada suhu panas sedang agar topping menyatu dengan makanan
Memasak dengan microwave
ini untuk temen2 yg aslii sibuk banget. bisa juga lho masak dengan bantuan microwave
misalnya : dadar telur, nasi, mie, telor rebus, sop, ikan filet.

syaratnya: .
Potonglah bahan makanan kecil-kecil agar cepat matang
Untuk masakan berkuah, kurangi airnya sepertiga dari ukuran normal, karena penguapan di dalam microwave tidak sebanyak seperti memasak menggunakan kompor.
Pilih tempat meletakkan makanan yang berukuran lebih besar dan khusus untuk microwave.

smoga apa tulisan ini bermanfaat ;))


source :
  • detik
  • tabloid nova
  • blog notes my kitchen
  • tabloid saji
  • Clikwok.com
  • blog yvonnes
  • indoforum
  • pengalaman temen-temen dan pengalaman pribadi




.

8 comments:

  1. Kereeeeeeeeeeen !!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  2. hai hai teteh...!!!

    ini firman alias aping...
    nice 2 hear u r happy

    gabung kita dong di cipari@yahoogroups.com...

    fs cipari pun ada koq ponpes_cipari@yahoo.com

    banyak info asyik... n ditunggu partisipasinya di situ ya....

    ReplyDelete
  3. bener yg mbq bilang...

    mo nanya nih, variasi makanan apa yg utk kukus ma panggang...
    soalny yg namnay indonesia, 80%masakan pasti d goreng.. ayam, ikan..
    daging juga..

    masakan yg bisa dicerna ma lidah indonesia tulen, tapi sehat tanpa minyak..
    soalny keluargaku udh mulai bosen ma menu yg itu2 aj..
    nyobain resep yg sebagian dh nyampur sedikit dgn kbudayaan luar, keluarga gak doyan.. makasih..

    ReplyDelete
  4. wah tulisannya menarik bu, izin copas yah di www.laparlagi.com

    ReplyDelete
  5. Alia : makasihh thx ya dah di kasih kesempatan ngasih materi masak memasak biarpun lom jago :)

    Firman: Oks..nuhun buat info nya

    ReplyDelete
  6. mba Agit maaf telat jawabnya..waah pertanyaan yg sulit. intinya makanan sehat ya mba.
    saya bukan ahli masak memasak tp saya jwb sebisa nya.
    bahan dasar untuk dikukus dan pangang bisa apa aja sesuai selera daging, ayam, ikan, sayuran, tahu, tempe, telur.
    variasi menu di kukus bisa rolade,macam2 pepes.gadon,botok,daging bungkus kol
    dipanggang : pastel tutup, gratin kentang/sayuran/brocoli/, macaroni schotel, lasagna, ayam panggang dll

    smoga berguna

    ReplyDelete
  7. sex in Islam : Alhamdulillah kalo memang berguna, silahkan kalo mau di copas..saya juga dpt sumbernya hasil copas :)

    ReplyDelete
  8. Mannntaapp, Saya lebih suka makan sayur yang banyak apalagi sayur kangkung masaknya gak usah terlalu lembut, saya bisa hemaatt donk kalo makan sayur terus. hehehehe

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails