Wednesday, July 13, 2011

Pengalaman Praktikum di Backerei dan Konditorei

Terhitung dari tanggal 1 juli sampai tanggal 28 Juli 2011, alhamdulillah saya diberi kesempatan praktikum di Bäckerei dan Konditorin Werner di Dresden. Walaupun cuma jadi tukang kue, tapi saat itu saya senang bukan kepalang saat saya diterima di menjadi bagian di bagian produksi. Mimpi saya memang sangattt sederhana...dari dulu saya ingin punya pengalaman praktikum di bagian kue-kue siapa tau pengalaman kecil ini bermanfaat kedepannya buat saya. 

Hari pertama bekerja, saya datang jam 6 pagi. Saya disuruh bertemu di bagian taman belakang toko kue..dari kejauhan saya sudah melihat bos saya yang sedang mendorong-dorong kue dari pabrik ke toko. Ya ampyunn ternyata bos juga turun tangan yaa...."bäthin saya.
Setelah beliau melihat saya,  beliau pun mendekat dan mengajak saya masuk ke ruangan beliau..saya diterangkan bagaimana peraturans elama kerja, kemudian saya tanda tangan seperti kontrak Kemudian beliau menunjukkan letak toilet, tempat makan, pabrik roti dan kue, tempat mandi dan tempat ganti baju termasuk kunci. Dan saya dikenalkan dengan supervisor namanya Frau Inez, beliau lah yang akan membimbing saya selama praktikum. Beruntunglah Frau Inez ini baik hati dan sabar membimbing saya, dia menunjukkan tugas yang kudu saya lakukan, tapi cara beliau tidak seperti menyuruh. 

Hari pertama saya disuruh bikin Obstkuchen dan strawberry torte . Beliau memberi contoh satu kali kemudian selanjutnya saya kerjakan sendii. Ternyata bikin 
Obstkuchen  dan strawberry torte tidak sesulit yang saya bayangkan. Sampai praktikum berakhir dua kue ini jadi tugas saya.
Dari hari pertama sampe tugas saya berakhir beres-beres, bersih-bersih juga bagian dari tugas rutin saya.
Jadwal rutin saya selama praktikum : 
Pergi dari rumah jam 5.15 sampe ke tempat praktikum sekitar jam 5.45 kemudian masuk ke ruang ganti baju untuk ganti pakaian "kerja"atau istilahnya Arbeitskleidung  dari kerudung sampe celana berwarna putih. Setelah itu masuk ke ruang konditorei untuk membuat puding dan Obstkuchen. Kemudian masuk ke ruang Backstufe buat bersih-bersih loyang yang segede gaban. Trus bantu-bantu mereka misalnya membantu menghias kue, membuat figur tikus san landak, menggarnir roti2, mengangkat adonan yg kering, membantu membuat pie dll. Dan terakhir membuat strawberry torte. Yang bikin berat adalah masuk ke ruang mencuci..panci, peralatan kue yang ampyun deh gede2 dan bercreamy menunggu saya untuk membersihkan.
 
Hari pertama saya pulang sekitar jam 13.30 padahal jam wajib kerja saya 8 jam, hari-hari berikutnya pun begitu..di dalam kontrak saya kudu pulang jam  2 siang. tapi ternyata saya bisa pulang jam 11, 12, 13. ahh senangnya...mungkin praktikum saya bukan termasuk pabrik besar,


keuntungan praktikum di tempat kue...saya bisa mencicipi potongan kue-kue dan roti2 yang bentuknya tidak bagus. Dan sisa roti ini pun bisa saya bawa pulang ke rumah.

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails