Wednesday, May 11, 2011

Kuliner makanan Turki

Pertama kali mengenal makanan Turki saat saya tinggal di Belanda. Restoran Turki atau kami menyebutnya  restoran kebab, karna  menjual menu kebab, padahal seh menu yang ditawarkan ga cuma kebab doang. Restoran kebab umumnya berukurannya kecil, dan hampir banyak ditemukan di sekitar Belanda. Begitu pula pada saat saya pindah ke Jerman, restoran  kebab ini ada  dimana-mana, mungkin karna lokasi Turki dan Eropa dekat jadi makanan Turki sangat dominan, kalo di Bandung  mungkin restoran turki ini persis seperti restoran padang ada dimana-mana.  Jadi buat lidah saya makanan Turki sudah bukan makanan asing lagi.
Saat kami punya kesempatan  liburan ke Turki ternyata tiga hari tidak cukup untuk eksplore lebih banyak makanan Turki yang beraneka ragam. Bagi saya cita rasa makanan Turki sangat cocok dengan lidah saya.  Kalo saya amati bahan utama daging sapi dan lebih banyak daging kambing, tapi ada juga ikan, dan ayam. apapun bahan baku nya   sudah pasti pada saat disajikan disanding dengan salad. Cara pengolahannya lebih banyak di bakar atau di goreng.


menu makan pagi....

Kebetulan  saat  saya di Turki, saya menyewa  hotel ala rumahan jadi hotel nya sangat "homy". Jadi saya mencoba makanan ala rumahan.  Menu sarapan sudah berjejer diatas meja mulei dari   olive hitam dan hijau, paperoni, keju, wurst, telur rebus, timun, tomat,
 dan bisa memesan  lentil sup  dan omelet. Tentu saja ditemani dengan teh Turki atau kopi Turki. Ternyata itu memang ciri khas sarapan ala Turki.


Teh Turki dan Borek


Minuman yang paling populer adalah teh turki, kopi turki, salgam, boza dan ayran. 

Teh Turki ini disajikan dengan gelas-gelas kecil dan tatakan kecil. Rasa Teh ini kental dan pekat dan disajikan tanpa gula. Kalo saya lihat sepertinya pembuatan teh Turki ini, air dan teh digodok terlebih dahulu. Sama halnya dengan penyajian kopi , kopi digodog dengan teko-teko khas. Rasa kopi nya sedikit pahit, sayang waktu itu saya lupa memoto kopi padahal suami memesan kopi.
Bakery di Turki bukan cuma menawarkan roti-roti manis ala eropa tapi juga ada banyak variasi yang belum saya temui..dan rasanya sangatt menggoda. Saya hanya membeli satu buah Borek dan pie bayam. Borek, rasanya pertengahan antara risoles daging dan lumpia dan rasanya enakkkkkkkkk banget.

Saya pun membeli pie bayam..pie ini crucy banget....rasanya lumayan juga...



 Lentil soup

Untuk pertama kalinya saya sarapan dengan  lentil soup...entah bagaimana pengolahannya lentil soup yang saya makan ini rasanya yummiiiii. Lentil soup ini dihidangkan bersama roti dan lemon. lentil soup terbuat dari jenis kacang yang namanya lentil. Namun ada juga variasi sup lainnya seperti tarhana, asiran dan yayla.

menu makan siang dan makan malam......

Rempah-rempah seperti kayu manis, lada dan bubuk paprika, daun ketumbar merupakan rempah yang paling banyak digunakan.  Bawang bombay, bawang putih, tomat, timun,  paperoni hijau dan yoghurt memainkan peranan  untuk makanan Turki.
Ini salah satu variasi makana Turkie..cuma sayang karna yang ambil foto saya jadi tampilannya fotonya rada blur. 

Dibawah ini ada makanan yang sudah saya coba...cuma saya lupa nama Turki nya.

Grill Lamb: dihidangkan dengan potongan roto, goreng kentang, Couscous, salat, peperoni dan tomat bakar.daun ketumbar.






Roti fresh dari tungku

Ini salah satu roti yang disajikan untuk makan siang atau makan roti.  Roti sepertinya hukumnya wajib, apapun makanannya mo nasi, couscous, atau kentang pasti selalu ada.

Roti ini besar dan mengembang..kami ketakutan kalo ga habis..ternyata bagian tengahnya bolong...
 Nikmati roti dengan saus atau humus. yang saya makan saus nya campuran tomat, zuchini dan daun ketumbar.




Adana...daging cincang yang dikasih bumbu kemudian di bakar. ditambah dengan salat.
 



Beef Grill..daging sapi ini sebelum dihidangkan bentuknya seperti sate. daging ukuran besar di tusuk dengan tusukan besi, kemudian dibakar dan disajikan tanpa tusukan. Tentu saja daging nya sudah ditambah dengan bumbu khas Turki.

Ekmek yaitu sejenis ikan sandwich,  nama ikannya Ekmek, ikan ekmek ini di bakar, kemudian ditambah dengan sayuran dan bawang bombay sebagai bahan isi dari roti. Harga 4 lira. Ini bisa dijadikan variasi buat makan siang atau makan malam. Tempat mangkal Ekmek ini sangat unik berada disekitar Eminou istanbul...disana ada banyak rumah kapal  yang menjual ikan sandwich ini.

Makanan Turki lainya sebagai menu makan siang dan makan malam yaitu Kofte , sejenis cincang yang di tambah dengan bumbu, kemudian digoreng.
Lamacun, yaitu pizza nya ala Turki, roti nya berbentuk tipis.
Durum, roti tipis yang ditengahnya diisi sayuran , daging , dan saus. kemudian digulung.
Dan makanan paling khas yaitu kebab.
Untuk vegetaris ada banyak menu misalnya kuru fasuliye dibuat dari kacang merah, taze fasuliye bahan bakunya dari buncis, dan lupa nanya bahan bakunya dari terong. Dan banyak lagi.

Dessert, Cemilan dan Jajanan khas Turki
Dessert khas Turki ini kebanyakan terbuat dari susu dan sangat populer di seluruh dunia. Beberapa dessert yang cukup terkenal adalah tavuk gogsu, helva, kazanbi, sutlac, baklava dan kadayif (biasa dikenal sebagai pastry)

Bentuk locum , turkish deligt dan baklava canti-cantikk...hanya sayang kalo buat lidah saya terlalu manis. Dessert yang sudah saya coba yaitu....
Locum diantara makanan yang manis manis saya lebih suka dengan locum karna rasnaya mirip moci, kenyak dan ada kacang dan juga ga terlalu manis.
Baklava : pie yang ditumpul-tumpuk rasnaya manis dan bagian atas di kasih taburan kacang piztas yg berwarna hijau.
Deylight: ini juga mirip dodol rasanya manis.

Es Krim

saya tertarik mengahampiri es krim bukan karna kepengen banget es krim . Tapi penjualnya menggunakan pakaian khas Turkie dan berdemo sambil mengaduk-aduk adonan es krim kemudian mengangkatnya sambil berteriak-teriak. Kliahatannya penjualnya sangat berat mengangkat es krim. Penasaran juga masa ada es krim ko adonannya lengket. Saya membeli 1 es krim harganya 5 lira, eeh saya pun di permain kan dengan atraksi yang lucu oleh pedagang es krim..pantes aja harga es krim 5 lira wajar aja ternyata dia bukan cuma menjual es krim tapi juga atraksinya. rasa es krim nya sendiri enak dan ada lengket-lengket nya.

Pancake ala Turki

Berhubung saya tukang jajan, biarpun ga laper juga kalo liat jajanan bawaanya ngiler. Waktu itu di sekitar blue mosque ada penjual pancake harganya 5 lira. Ada 2 rasa yang ditawarkan keju dan bayam. Saya pilih keju..dan rasanya..nyam..nyam...oiya pancake ini juga banyak di jual di kedai-kedai kecil jalan menuju blue mosque dan Grand bazaar harganya lebih murah  3 lira.


Mohon maaf kalo ada informasi yang kurang berkenan :)


sorce :pengalam sendiri
Foto :milik pribadi ,Taken by Nikon D-90

3 comments:

  1. Anonymous2:06 AM

    Sedikit revisi. Ekmek itu artinya roti dan balık itu artinya Ikan (Sandwich Ikan).
    Dan harganya sekarang lebih dari 10 lira :(

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails