Saturday, February 12, 2011

Sehari keliling kota Oxford

Perjalanan ke UK sebenernya bukan untuk jalan-jalan tetapi dalam rangka kerja alias eksperiment di Riken ISIS,  yaitu untuk melakukan pengukuran Muon.  Kebanggaan tersendiri bagi saya untuk dapat eksperiment di tempat ini, karna ISIS merupakan salah satu tempat eksperimen terbaik dan tercanggih. 

Pada hari pertamaa saat saya dan kolega saya sudah siap untuk eksperimen, ternyata beam di ISIS mengalami gangguan teknis  sehingga eksperiment di delay satu hari. Akhirnya dari pada tidak bisa melakukan apapun akhirnya   kami memutuskan pergi  kota Oxford. Lama perjalanan dari ISIS -Didcot ke Oxford kurang lebih 2 jam, dan menggunakan naik bis dua kali.
___  ________________

Oxford University
Alih cerita ke kota Oxford.  Sebelumnya saya pikir kota Oxford itu adalah kota besar dan metropolitan eehhh ternyata Oxford kota kecil . Oxford adalah sebuah kota distrik nonmetropolitan di Oxfordshire , Inggris. Yang paling terkenal dari kota Oxford adalah Universitas Oxford, yang merupakan universitas  tertua di kawasan Inggris. Kalau kita menggunakan kamus berbahasa Inggris  pasti  standar bahasa Inggris nya merujuk pada  Oxford dictionary. Selain itu oxford  terkenal juga  dengan textbooknya baik ilmu science atau imu sosial.
Saya pun sudah pasti mendatangi universitas terbaik di dunia ini .

Oxford Castle

Oxford Castle  ini memainkan peran penting dalam konflik anarki  pada abad ke-14, kastil ini digunakan  untukbenteng pertahanan.Kemudian benteng sebagian  besar hancur akibat  perang saudara di Inggris pada abad ke 18. Dan sisa gedung uni dijadikan penjara. Kemudian bagunan penjara ini diperluas pada tahun  1876, ini akhirnya menjadi tempat penjara di Oxford.  Penjara ini ditutup pada tahun 1996 dan pembangunan kembali sebagai hotel Malmaison . Kamar-kamar sel tahanan dikonversi sebagai kamar tamu,  dan ruangan persidangan di konversi menjadi sebuah  kantor  untuk menjamu para tamu.
Sampai saat ini kita masih bisa menikmati  sisa-sisa benteng abad pertengahan, termasuk kayu Motte,  St George's Tower dan ruang bawah tanah.

    
St George's Tower

University Church of St Mary the Virgin


Oxford street
Oxford Street adalah deretan rumah , gedung ukuran kecil sampai mewah yang beraneka warna . Dan juga beberapa pusat berderet  toko-toko  dan kantor-kantor. Semakin jelas bagi saya kalo disini lah pusat pembelanjaan dan pusat bisnis.
Sesekali saya lihat bus wisata yang biasa nya dengan setia mengantar para turis, Saat itu bis wisata kosong dan saya langsung mungkin karna kota ini kecil jadi tidak banyak membutuhkan bus wisata.
Jika  saya berjalan-jalan dengan istri saya sudah pasti kami akan berjalan diantara  deretan pusat pembelanjaan. Tetapi karna saat itu perjalanan saya dan kolega dan kami lebih tertaris  menikmati makan siang menuju sore di sebuah restaurant western sambil berdiskusi tentang riset.


Hari sudah mulei gelap dan perjalan ke Isis masih 2 jam, sudah saatnya kami pulang dan menyimpan tenaga buat besok hari. Hari selanjutnya s 6 hari ke depan  adalah eksperiment :)




No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails