Tuesday, December 28, 2010

Mari berdagang di perantauan :)

Sisi positif  turut suami ke luar negeri adalah 'saya  bisa masak dan bikin kue'..ceilee bangganyaaa....waloupun standar hasil masakan dan kue nya masih jauh dari enak  dan keren:)). 
Belum saja jago masak saya sudah mulei  brani menerima pesenan dari teman-teman...huhu senengnyaaa...dan dengan pede nya saya jawab  'Bisa' (padahal dalam hati bisa ga ya"§$%&/)
Ada yang pesen makanan atau cake buat saya adalah kesibukan yang menyenangkan. Beberapa teman tanya sama saya gimana cara perhitungan kue tart dan makanan ?? berapa kudu ambil untung?? nah itu dia pertanyaan yang sulit...
Mba Nurul pernah ngasih materi perihal dagang secara rinci pada saya.....katanya kalo jual makanan keuntungan kudu 100 persen..kalo untuk teman bisa ambil keuntungan 50 sampe 75 persen. Tapi berhubung saya ga  brani ngasih harga karna masih sadar diri dengan kemampuan,  takutnya kemahalan dan ternyata hasilnya ternyata ga memuaskan,  kan ga enak  juga:(.
Saya pikir begini....
Selama saya  belajar dagang saya ga banyak ambil  untung...soalna saya masih amatiran dan hitung-hitung sambil belajar masak atau bikin cake tapi ada yang ngemodal-in  (istilahnya  ada yang iklash jadi kambing percobaanudah syukur alhamdulillah :D),  yaaa paling ambil keuntung beberapa persen saja sebagai upah cape itu pun ga gede-gede.  Jadi biasanya kalo saya jualan dihitung modal ditambah kira-kira perhitungan air dan listrik,,,habis itu ambil beberapa persen keuntungan buat kita.
Terutama buat Cake kadang keuntungan malah saya ga dapet banyak, karna kan kita kudu ngemodal dulu pewarna, spuit, loyang, hiasan dll.Dan untuk koleksi kue emang modalnya ga bisa kecil. Untuk menambah koleksi perbakingan  paling seneng deh kalo dah belanja online.

Karna ini  bisnis rumahan  plus nambah  kesibukan buat saya..jadi niat awalnya saya dijadikan proses pembelajaran, mungkin entar seeiring waktu setelah keahliah saya ditambah  baru saya berani  ambil keuntung secara  Profesional.
Yang  penting kita ngejalaninnya dengan happy ..:)

Pesen saya...buat para  istri yang ikut suami ke luar negeri ... penting banget deh memperdalam skill apapun sebelum ke luar negeri...karna insyaallah di tempat yang nanti kita tinggal pasti berguna banget.

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails