Wednesday, November 03, 2010

Tempat wisata di New Delhi - India : Part Jama Masjid


Jama Masjid  merupakan mesjid Jami terbesar di India yang terletak di kawasan padat Old New Delhi, Chandni Chowk, mungkin kalo di Indonesia sekeles dengan  mesjid Istiqlal.

Nama Jama Mesjid dikarenakan mesjid ini digunakan untuk shalat Jumat, halaman mesjid ini bisa menampung hingga dua puluh lima ribu jamaah. di bagian utara mesjid terdapat gerbang yang dihiasi dengan tulisan ayat-ayat alquran yang ditulis diatas kulit rusa.
 

Foto di bawah ini buat aku lucu sekaligus maaf-maaf rada terkesan jorok. Kolam air yang berada di tengah halaman masjid merupakan tempat wudhu di Mesjid ini,  berbeda dengan tempat wudhu di mesjid  pada umumnya, disini orang - orang berwudhu di satu kolam yang sama..yeks.. Tadinya aku mau foto doang karna terus terang aku jijik banget, tapi mikir lagi sayang juga kesempatan shalat di India di lewatkan begitu aja..akhirnya aku juga memberanikan diri untuk wudhu di kolam ini bersama makmum yang lain.


4 comments:

  1. Anonymous9:03 AM

    Lha anda orang Kota sih makanya sering2 ke desa2

    ReplyDelete
  2. hmm mungkin iya saya orangnya terlalu apik. menurut saya masalah orang kota atau orang desa...tapi lebih ke kebersihan dan kesehatan.salam

    ReplyDelete
  3. kalo di masjid jami di Hocimin juga tempat wudu seperti ini, memang dalam islam air yang melebihi 2 kulah, mau itu warna dan baunya aneh, tetep bisa untuk berwudhu. tapi kalo india gak tahu dehk mau nyemplung untuk wudu juga atau ngggak dengan segala isu2nya yang jorok.. ahkkk masa saya gak solat sih??? insya ALLAH juli ini ke india.

    ReplyDelete
  4. happy nice trip mas...hati2 juga disana. hmm pandangan "jijik" itu lebih ke sugesti...jadi mas disana sugestinya harus positif biar bisa wudhu bareng sama jamaah disana:).

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails