Friday, November 12, 2010

Membuat Sertifikat kesehatan (Gesundheitszeugnis)di Dresden

Tanggal 21 Oktober saya dapat email  dari  Kulturbüro/Akademisches Auslandsamt memberi pernyataan  perlunya bagi mereka yg ingin partisipasi buka stand makanan dalam  acara Internationaler Weihnachtsfeier (Desember nanti) untuk memiliki Gesundheitszeugnis yang dikeluarkan oleh Gesundheitsamt. . Gesundheitsamt memberikan dua jadwal bagi peserta Internationaler Weihnachtsfeier untuk  cek kesehatan. Biayanya adalah EUR 26,- per orang dan biaya ini harus ditanggung sendiri (tidak bisa minta ganti panitia). Kalau yang  jaga stand dua orang, keduanya harus punya "sertifikat kesehatan" tsb.
Hiks..hiks..cuma mo buka stand sehari aja sampe segitunya pake acara bikin sertifikat kesehatan pulak...sedih..sedih..padahal saya, mba Indri serta para ibu-ibu Dresden udah semangat 45 mo dagang di acara ini.  Kemudian saya jawab imel mba Titin...kalau  saya menyerahkan  semua keputusan  pada  mba Titin dan Pa Ipang, mana yang lebih baik terus ikutin peraturan dan kita teruskan  berjualan atau memutuskan untuk tidak jualan (hanya partisipasi dalam  pentas seni saja).
Dan hasil diskusi nya treng..teng..."Keine Sorge !  Kita jadiin aja rencana jualannya. Meskipun harus membayar  26 € x 2 orang.  Dengan pertimbangan , adanya warung makanan Indonesia , bisa melibatkan lebih banyak yang akan terlibat selain kita secara continue menyebarkan virus makanan Indonesia ke pasar Internasinal",,begitu potongan jawaban email pak Ipang. Secara beberapa kali memang sudah terbukti kalau stand Indonesia  selalu laris manis dan penuh dengan pengunjung.
Yupii saya  dan mba Indri kegirangan  membaca jawaban imel ini....karna ini adalah job sampingan kita hahahhaa...
Akhirnya dapat lah kami Termin untuk cek kesehatan
Donnerstag, den 11.11.2010 um 13:30
Gesundheitsamt
Herzstraße 23, Zi 211
Ortsamt Leuben
Hari sudah tiba saya dan mba Indri dengan semangat membara pergi ke tempat yang tertulis di email. Berhubung ada pembangunan jalan, jadi  tram linie 2 dirubah  richtung nya,  udah pake acara lari-lari cepat si tram ga sabar nunggu kita,  tram pun pergi...dan kita pun kudu menunggu kereta berikutnya ..hiks.:(. Perjalanan  masih ada 22 haltestelle lagi..padahal waktu udah menunjukkan jam 13.10, panik..panik...kami pun telp pa Ipank untuk bilang kalo kita telat.
Ahh akhirnya sampe juga di haltestelle Altleuben..kita turun..dan celingak..celinguk..jalan Herzstraße dimana yaa?? muter...muter...malah masuk area perbelanjaan...untuk ada bapak tua yang baik hati menunjukkan arah menuju Ortsamt. Kami lari-lari..ketemu ruang 211..saya ketuk pintu..ada bapak baju merah bilang..'Anda pergi  ruang 201'..ok..Danke.
Pergilah kami ke ruang 201...'anda sudah telat, walaupun saya tau anda sudah menelpon, sekarang anda kudu tunggu termin berikutnya jam 3 sore di ruang 211..jawab ibu setengah baya.
Jam 3 sore kami masuk ruangan..ruangannya seperti ruangan perkuliahan..makin lama ruangan penuh dengan orang-orang. .Aku dan mba Indri tertegun mati gaya.
Mba Indri kita disini ngapain ya?? ujian kah ??
" waahh  Nisa,  kita salah orang ya...kudunya yang duduk disini orang-orang yang fasih berbahasa Jerman"   langsung deh aku inget Kezia, Ria, Christine, Ryan , Gilang. Kami telpon Kezia, mba Titin dan pak Ipang..berharap mereka menggantikan posisi kami. Untunglah punya sahabat yang bisa menenangkan kepanikan kita...mba Titin dan Pak Ipank bilang..'tenang..sebisanya aja....ga lulus juga gpp ko.:). Weiii memalukan Formid neh...:((.
Masuklah bapak berkemeja hijau, tinggi dan berkacamata...'Guten Tag'...sekaligus membagikan lembaran..waduhh makin deg-degan kita..Singkat cerita si bapak itu pun memberikan materi tanpa intonasi..alias lempengggggggg...cepat dan pelan...saya sama mba Indri sedikit-sedikit menoleh...tanda kalo kita sama -sama ga ngerti, 30 menit berlalu...kami disuruh ke kassa dan masuk ruang 202. Di ruang 202 setiap orang masuk ruangan satu persatu...dan setelah itu masuk kembali ke ruangan 201. Jangan ditanya gimana rasa deg-degan saya dan  mba Indri...ini tepatnya seperti di sidang .Biar ga deg-degan saat itu  kita mencoba menebak  bagaimana kegiatan di dalam ruangan... 'kalo di tanya ini..jawaban Jermannya apa ya mba Indri??..!"§$%&/(...hoo kali di ruang sebeleh  di tes kesehatan nya disuntik..tapi ko ga ada yang kesakitan..kita pun terkikiki  kikik.
Mba Indri yang pertama masuk ruangan..mba Indri keluar ruangan dan kemudian saya menyusul...dan ini pertanyaan selama diruangan.
Selamat Siang..
nama anda ini sudah benar??...benarr.
Anda membawa kartu identitas ?? Tidak..soalnya di email ga tertulis..
si bapak itu sambil geleng-geleng kepala...jadi anda bawa apa dunk?? saya bawa kartu Deutsche Bank..(si bapak mendekati ke arah dompetku) ada identitas lainnya?? Versicherung atau apalah??
saya jawab ''ga ada? ada juga kartu member Orsay dan Body shop..hehehe..saya sambil senyum-senyum.
Ok deh..tapi kartu Bank ini masih berfungsi kan?? Iya dunk..begitu jawabku.
Anda tinggal di kota mana?? Bandung Jawabku..
Bandung dimana ya???dekat Jakarta, Bali atau Jogja???
Bandung kota cantik, dekat Jakarta, kira-kira 2-3  jam .
Hoo...sekarang gunung Bromo meletus ya..
Bukannn Bromooo tapi Merapiii..begitu tegas ku...dan kami pun tertawa..
Anda mau ngapain dengan sertifikat ini?? Saya ibu rumah tangga, mau buka stand di  Internationaler Weihnachtsfeier  cuma 1 hari ko.. (yang ini jawabannya rada ngaco)
Anda ngerti dengan materi yang dibahas tadi?? Hehehe..gitu deh..cuma 20 persen yang  ngerti..
Coba tentang apa??...tentang kebersihan tangan, bakteri, virus..dll
Genauuu...si bapak itu jawab dengan jelas.
Coba lihat tangan anda..??
beberapa saat saya  diam...maluu...bingung tangan kanan atau kiri ya...aduhhhh dua tangan saya item abis ngurus Paru 3 kilo buat menu makan idul adha nanti,
Si bapak melihat tanganku dengan muka mesem-mesem..'anda mau jual makanan tapi tangan anda hitam dan berkuku...nanti kalo anda jualan ga bole begini lagi ya ..'baik lah' ujar saya dengan penuh malu..
Ok urusan anda sudah beres , anda pergi keruangan sebelah..
Terimakasih..sampe jumpa..

Kami pun pulang dengan menenteng secarik kertas..dan ternyata itu lah yang disebut sertifikat kesehatan..hiii ga ada bagus-bagusnya...tapi yang penting adalah pengalaman yang mengasikkan.
Menuju arah pulang sekitar jam 6 sore saya dan mba Indri ketawa-ketiwi kalo inget kejadian tadi..ahh ternyata bikin sertifikat kesehatan ga susah..cuma formalitas doang, gumam kami..
Smoga dagangan kita di Internationaler Weihnachtsfeier laris manis..... biar tidak sia-sia membuat sertifikat kesehatan.

Danke Formid..
salam Kompak :)







.

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails