Friday, November 19, 2010

Lebaran di Berlin

 Ini mungkin lebaran ke 5 buat kami sekaligus lebaran terakhir buat kami selama di Jerman. Karna tahun depan insyaallah kami sudah tidak tinggal lagi di Eropa. Saat itu kami merencanakan lebaran di Berlin di mesjid Indonesia dan bertemu dengan orang Indonesia dan makan makanan Indonesia. Kami juga ingin sekali merasakan ceramah yang menggunakan bahasa Indonesia dan silaturahmi di kedutaan Indonesia di Berlin.
Kami pergi dengan keluarga a Ipank kebetulan disana ada teman kami Kel mas Chant yang bermukin di Berlin, sekalian juga ketemu dengan sahabat lama mba Pongky , mba Agnes dan kel Mas Cahyo.
Kami pergi sore hari dari  Dresden dan kami juga buka puasa di kereta...untungnya kami dapat 1 room buat duduk nyaman ber 6 sambil membuka bekal makanan yang udah kami siapkan dari rumah.  Aku bawa Mie goreng  dan jeruk. Teh Irna membawa KFC.hmmm bener2 nikmat deh buka puasa saat itu.
Sampe Berlin malam hari kira-kira jam 10 malam..sampe sana terasa sekali hawa malam lebaran..sudah ada mba Agnes dan mba Pongky...kita pun masak-masak makanan Indonesia ramean, dan kita pergi ke mesjid Indonesia ramean.
Kami shalat di mesjid yang sudah disediakan kedutaan Indonesia, persisnya sebuah aula besar , dan kita pun paling pertama datang. Mulai lah terdengar kumandangan takbir..beberapa orang datang satu persatu dan lama2 aula yang besar penuh..Suasana pun persis seperti di Indonesia..Mulei deh  rasa melow pun datangg tiba-tiba  kangen pulang..kangen ortu dan adik-adik di Bandung :(. Shalat ied pun dimulei...subhanallahh imam yang membacakan surat al quran seperti sedang bernyanyi..suaranya merdua dan enakkkk ..sudah lama rasanya merasakan nikmat shalat seperti saat itu...hiks..hiks..lama lama air mata ku pun jatuh :(...
Ternyata setelah shalat selesei bukan hanya aku saja yang menangis karna saking enaknya mendengar lantunan al Quran, tapi juga beberapa orang menangis..
Ceramah nya pun tak kalah emnariknya..pak Ustad itu menerangkan tentang Zakat tanpa serasa menggurui..materinya bagus..cuma sayang salina  ceramahnya hilang entah dimana.
Setelah ceramah selesai, kemudian dilanjutkan dengan ramah taman, apalagi kalo bukan makan-makan...dan menunya bertema macam-macam nasi goreng dan mie goreng, dan cemilan manis dan asin ala Indonesia. Wahh alhamdulillah nikmat sekaliii...makasih team yang sudah menyiapkan makanan buat kami-kami :).
Setelah itu ada acara berikutnya yaitu makan gule kambing di mesjid..cuma sayang kami ga dateng. Soalnya di rumah mas Chant pun kami sudah masak besar, hidangan ala India menanti nasi briani, opor , siomay, brownies dll.
Oiya smua orang Indonesia pun bisa datang ke acara open house yang diadakan oleh kadubes atau ibu dan bapak bapak  di kedutaan. 
Besok hari nya kami datang ke rumah keluarga Wahyu dan mas Cahyo..woowww disana sudah ada pempek palembang , gule nangka dan opor. Dan diteruskan ke acara makana-makan   ke tempat ibu kedutaan di bid pendidikanm disana kami di jamu soto betawi dan gule kambing.Kalo di tempat ini tidak semua orang datang. Dan saya yang baru pertama kali mati gaya , untunglah para ibu-ibu dan bapak2 disana welcome sekali, jadi kami ga merasa seperti tamu.

Kami juga datang ke rumah bapak duta besar, Kami salaman dengan keluarga besarnya dan kami pun dijamu ala hidnagan Indonesia, seperti baso, cemilan, opor , sambel goreng kentang dan teman-temannya.

Ah pokoknya tiada hari tanpa makan-makan--lumayan beberapa hari libur masak :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails