Thursday, November 04, 2010

India - Agra - Taj Mahal

Mengunjungi Taj mahal, itu yang menjadi salah satu alasan kenapa saya ingin mengikuti conference di India, istilahnya sambil menyelam minum air atau kalo pinjem kata-kata uyung jalan-jalan berkedok simposium...jalan-jalan tapi di ongkosin..he..he.....
Kebetulannya lagi  tidak ada direct plane dari Kalkuta ke Jerman jadi saya memilih  over stop di New Delhi dan stay disini sehari. Taj mahal  terletak dikota Agra yang berjarak sekitar 165 km dari New Delhi, saya pergi ke Agra pukul 7 malam dengan menggunakan kereta api dengan waktu tempuh sekitar 3 jam..kereta apii disini ada 5 kelas dari kelas sleeper yang berdesak-desakan mirip KRL sampai kelas first AC...harga untuk tiket kelas sleeper sekitar 80 rupee sedangkan first AC sekitar 800 rupee...

Saya sampe di Agra pukul 11 malam, karena agak  trauma dengan kejadian di Kalkuta dan New Delhi  apalagi hari sudah larut  malam,  jadi saya telpon hotel untuk menjemput...lucunya mereka salah pengertian, mereka mengira saya keadaan terancam ,  jadi mereka datang bertiga..sesampe di stasiun mereka mencari  saya,  padahal  saya sudah berada di berdiri   di depan mereka ..setelah lama mereka celingak-celinguk , saya mencoba menelpon  kembali...baru mereka 'ngeh' bahwa 'turis'  yang mereka cari itu berkulit sawo matang dan berwajah mirip India (katanya seh..heheheh) ..mereka pun minta maaf sambil ketawa-ketiwi. Kami  pun langsung meluncur ke hotel, sewaktu di hotel saya  meihat-lihat  brosur...ternyata tiket masuk Taj mahal untuk Turis asing dan pribumi bedanya jauh banget...untuk turis 750 rupee sedangkan pribumi 20 rupee..langsung deh  terbersit untuk melakukan penyamaran..he..he..(achtung:bukan penipuan) soalnya sudah beberapa kali saya  dikadalin terus, dan sekaranglah saatnya melakukan aksi balasan   biar impas...

Pagi -pagi setelah breakfast saya langsung check out dari hotel dan pergi menuju Taj mahal, karena sudah di rencanakan jauh-jauh hari jadi sengaja tidak membawa barang banyak cuma satu tas gendong dan tas buat kamera supaya simple. Sesampe di Taj mahal saya antri di bagian tiket untuk pribumi. Memang ada untungnya wajah saya beberapa kali sering disebut orang India, jadi dari mulei penjaga di loket, penjaga tiket, pemeriksa barang metal detektor tidak menaruh curiga sehingga  misi penyamaran sebagai orang India sukses besar dan bisa menikmati Taj mahal dengan harga murah meriah...he..he..
Kecurangan dan keculasan   yang sudah saya  alami  terbayarkan sudah..dari sekian banyak penjaga cuma  penjaga barang yang agak sedikit curiga...itu pun saat aku udah selesai keliling Taj mahal dan mengambil barang..dia pun mencoba menebak saya... are you from Srilangka???...Kamboja???....Bangladesh??? aku cuma pasang wajah puas dan senyum plus aksi  langsung ngacir..takut penyamarnnya terbongkar..he..he.

Tempat berikutnya yang saya kunjungi adalah Agra Fort dan Baby Taj mahal...karena pengunjungnya tidak sebanyak di Taj mahal..di sini saya membayar tiket dengan tarif turis. Waktu sudah sore, tugas berikutnya adalah mencarikan souvenir buat sang istri, biar saat pulang disambut dengan hangat :).
Jam 6 sore sudah saatnya pergi ke Bandara menggunakan kereta,  dengan hati riang gembira saya pun meninggalkan kota India....semua cerita buruk selama di Perjalanan di Kalkuta dan New Delhi terbayarkan dengan keindahan Taj mahal .Bye.bye Indiaaa..

selamat menikmati hasil huntingan foto saya :)
Pintu gerbang menuju Taj mahal 


Taj mahal



Selamat menikmati foto-foto di Taj mahal


Taj Mahal mosque or masjid

Baby Taj Mahal


No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails