Wednesday, September 15, 2010

Masak makanan Indonesia di Ausländerrat

Jam 9 malam aku baru pulang  Ausländerrat. Rasa pegel dan cape belum hilang, belum lagi bau badan goreng-gorenganku masih menmpel di badanku, tapi karna hari ini hari yang menyenangkan buat aku, sekaligus pengalaman pertama juga buat aku , jadinya aku langsung deh masukin foto-foto  dan menulis pengalaman hari ini, takutnya kalo di lama-lamain malah lupa. 
Sudah 2  minggu yang lalu formid dapat imail Ausländerrat., yang isinya meminta tim dari Formid untuk memasak makan Indonesia, menunya diserahkan pada kita dan harga modal makanan kisaran 20-40 E dan sebagai rasa terimakasih tenaga masak di bayar 10 E. Di imel tertulis makanan kudu selesei jam 6 sore.Makanan yang udah kita masak nanti mereka akan jual lagi untuk menambah dana kas buat Ausländerrat. Ausländerrat nya sendiri adalah asosiasi untuk menolong para pendatang atau imigran dan  Asylum.
Saat datang ke Ausländerrat  dibagian depan sudah tertempel menu makanan yang akan dijual beserta harganya..dan juga ada Quiz tentang keadaan Indonesia.

Kemaren aku dan mba Indri belanja ke saigon dan Aldi. Dan tadi siang aku dan mba Indri pergi ke Ausländerrat dan disana kami disambut oleh petugas Ausländerrat dengan ramah. Kami memulei  memasak sekitar jam 16.15. Menu yang kami buat sederhana nasi uduk, acar ikan, gado-gado, bakwan , dan kerupuk. 
Saat memasak sekitar jam 5 sore tamu sudah pada datang, padahal di janjinya jam 6 makanan kudu selesei..panik dunkkk.... angka jarum panjang menunjukkan jam 5.30 tamu-tamu malah tambah banyak sampe ada beberapa tamu ' Das Essen hatte Fertig??? Makanan dah selesei?? huaaaaaaaaaaaaa tentu belon dunk orang di imel makanan jam 6 ko seleseinya.. panik....panikk..langsung aku dan mba Indri kerja keras..di tambah Victor petugas Ausländerrat. ngajak ngomong mlulu jadinya kita lama masak karna kudu jawab dia dulu. Aku tanya sama Victor brapa orang kira-kira yang akan datang untuk  membeli makakan  kita??...dia jawabnya Uberaßung!! Ich weiß nicht..vieleich 5 oder 10 personen. Karne menurut belio makanan dirasa cukup Alhamdulillah makananjam 17.45 selesei dan siap dijual,. Walaupun tidak sesuai brosur makanan dijual lebih awal...1 jam kemudian makanan ludesssssssssss.....tamu banyak...diluar bayangan petugas Ausländerrat..pokoknya makanan Indonesia ga ada duanya..pasti laris manis...habis itu kita panikk lagiii...nasi 2 kg ko  bisa cepet abis ya???..aduhh ikan tinggal beberapa biji lagi...bakwan cuma dalam itungan jari..wadow-wadow gimana ini....akhirnyaa kita masak lagi dunk...untunglah Bu Tri dateng jadi bisa ngebantu kepabikan kita. Si tamu menunggu kita beberapa menit, walopun beberapa orang terlihat bete dan marah karna pesenan dia ga dateng-dateng. Wahh kalo ngebayangin pas saat itu kita bener-bener sibuk lupa rasa lapar, padahal mba Indri juga puasa.
Para pembeli dan para petugas Ausländerrat bener ramah dan yang paling penting dia sabar mendengarkan aku nyerocos dengan pede nya pake bahasa Jerman yang aku yakin dia pasti bingung dan menebak2 apa yang aku ceritain :)).

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails