Wednesday, August 11, 2010

Jalan-jalan ke Brussels

Alhamdulillah akhirnya kami bisa menyambangi kota Brussels kedua kalinya. Pertama kali kesana dengan rombongan Groningen, dan yang kedua  ngajak ortu jalan-jalan. Awalnya seh aku ogah kembali ke tempat yang pernah aku kunjungi sebelumnya...ternyata balik ke tempat yang sama tetep aja menyenangkan. 
Saat pergi bersama rombongan 2 malam di kota ini, tapi saat sama ortu kita hanya 1 malam. Oiya karna rute perjalanan dimulei di kota Amsterdam jadi pagi-pagi jam 9 kita pergi menuju terminal eurolines..ternyata pake Eurolines itu selain murah bis nya nyaman juga.

Ini sedikit cerita tentang Brussel.
Brussel sudah ada lebih dari 1.000 tahun.
 Brusselsmemiliki 19 komune membentuk satu dari tiga Kawasan negara federal Belgia; ibukota Kerajaan Belgia; markas besar Masyarakat Prancis dan Flemish.
Brussels juga memiliki panggilan penting internasional  yaitu sebagai ibukota Eropa  Komisi Eropa dan Dewan Menteri Uni Eropa (UE).
Brussel memiliki dua  bahasa Belgia yaitu bahasa  Prancis dan Belanda merupakan bahasa resmi kota. Nama jalan dan nama kota pun dalam dua bahasa. Kalo di kota besar malah sering kita dengar berbagai bahasa dan hampir pegawai toko pun bisa berbahasa inggrismungkin karna erat kaitannya dengan perannya sebagai persimpangan untuk seluruh Eropa.

Grand'Place (Grote Markt)
Jantung Brussels yaitu  town hall nya yaitu Grand'Place atau Grote Markt atau pasar besar. Bentuk Grand'Place  ini  persegi dikelilingi dengan gedung  bersejarah dengan rumah-rumah indah dengan style  Gothic. Dan Eropa mengakui kalo town hall ini one of the most beautiful town squares in Europe.
Foto dibawah adalah gedung yang mengitari square.


Kebetulan pas pertama datang ke kota ini seanga da pameran karpet bunga setiap 2 tahun sekali kalo ga salah dibulan April. Di bagian tengah Groete Mark terbentang karpet yang terbuat dari bunga beraneka macam dan berbagai warna yang ditata persis kaya karpet beneran...cantikkkk banget....ga bosen-bosen deh aku liatnya.

Manneken Pis : Salah satu landmark  terkenal di kota Brussels . Aku pikirkan awalnya kalo patung ini berukuran besarr ternyata cuma patung anak kecil yang lagi telanjang dan kencing ke bawah air mancur yang dan ukuran kecil pulak hanya 61 cm . Patung ini  terbuat dari perunggu dan dirancang oleh Jerome Duquesnoy  original nya dibangun tahun 1933 trus di renovasi tahun 1619.  katanya patung ini karna ada signifikan budaya  seperti Kopenhagen's ada Little Mermaid (putri duyung).
  
Atomium
 Atomium  adalah sebuah monumen dibangun untuk Expo '58, Fair tahun 1958 Brussels World's. Dirancang oleh André Waterkeyn, itu adalah 102-meter (335 kaki) tinggi, dengan sembilan baja lingkungan terhubung sehingga seluruh bentuk bentuk unit sel kristal besi yang diperbesar 165.000.000.000 kali.
Tabung yang menghubungkan ruang-ruang sepanjang 12 kubus tepi dan semua delapan titik ke pusat dihubungkan oleh  eskalator yang menghubungkan bola yang berisi ruang pameran dan ruang publik lainnya. Lingkup atas menyediakan pandangan panorama Brussels. Setiap bola berdiameter 18 meter. Tiga bola saat ini (2008) tertutup bagi pengunjung, yang lain mudah dihubungi dengan eskalator. The titik vertikal berisi angkat yang dianggap sangat cepat dan maju pada saat bangunan (kecepatan 5 m / s).

Walaupun udah dua kali kesini tapi ga kesampaian naik atomium karna keburu ditutup :(. 

Museum Tintin, untuk penggemar komik Tintin..kudu deh ke museum ini. Tempatnya seh agak-agak nyempil . Kita rombongan waktu itu jalan jadi ga tau apakah tempat ini deket centrum atau engga.  Semangatnya jalan ke tempat ini ga seimbang saat udah sampai di  museum .Aku ssangka smua orang tertarik untuk masuk ke dalam museum   eehh malah semuanya asik  narsis doang dengan pigure-pigure di komik dan masuk ke tempat souvenir. Sebenernya seh  waktunya emang ga cukup juga kalo masuk ke museum, yaa asal ngabisin penasaran aja.



source : http://www.trabel.com/brussels.htm. Wikipedia

1 comment:

  1. Hi mba.. Kalau di Belgia enakkan menginap di kota apa ya? Brussel atau di antwerp ?

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails