Tuesday, May 04, 2010

Defense doctoral Suamiku

Tanggal 5 December 2008 hari yang bersejarah buat hidup aa...hari yang paling bahagia dan hari yang palling ditunggu-tunggu setelah empat  tahun.

Dimulei sehari sebelumnya walopun si aa keliatan tenang tapi tetep keliatan bingung dan deg-deg an..aku juga malah bingung dan sibuk tapi ga jelas. Mulei dari pinjem baju aa, belanja buat party, masak buat party, de el e. Aku sengaja  menyewa pakaian buat aa seharga 125 E untuk satu set jas , kemeja, dasi, dan sepatu aku sewa di tempat yang memang khusus untuk menyediakan kostum defense. Memang rada mahal..tapi tak apa untuk memberikan hadiah buat hasil jerih payah aa selama 4 tahun. Dan kesempatan dan suasana ini memang tak akan balik kedua kali.

Hari H pun datang....kepanikan mulei  terjadi..mulei dari kelupaan ada beberapa temen dan kerabat yg ga dikasih kabar, batre kamera yg kelupaan belum di cash, kaset handycam yg ga ada hihi.... trus aku langsung telp mas Is dan Guntur meminta dengan sangat buat  mengabadikan moment ini. Padahal sejak lama aku udah set agar pas hari H nya jgn sampe ada kepanikan dan ga ada yg terlupakan..ternyata..teteppp ajaaa...ga bisaaaa......pokona mah riweh..riweh...

Hari itu aa terlihat ganteng dengan pakaian hitam.
Dan aku juga sudah mempersiapkan pakaian yang ala kadarnya....hihi..pengennya terlihat cantik tapi ternyata hiks  aku malah sakit gusi....walhasil pipiki tembem sebelah..ga sopan deh :(. Jam 10 pagi aku pergi dari rumah dengan baju siap sidang :D ke Academi gebauw...Sesampai disana aa dan paranim diberikan sedikit pengarahan.
15 menit sebelum acara kami dan para undangan harus berada diruangan Academi gebauw .saat masuk ruangan rasanya aku makin deg-degan apalagi suasana Senat gebauw pun buat aku serasa mencekam..persis seperti di tempat persidangan.
Aku dan para undangan duduk. Aku duduk berada di depan aa...arghh  aku deg-degan...pasti aa juga sama... membayangkan apakah aa bisa menjawab semua pertanyaan penguji.  
Di Belanda untuk defense S3 memang ada prosesi khusus...aku ceritakan step by step nya... Teng..teng ..jam 11 pun tiba....waktu bersejarah buat aa untuk mempertanggung jawabkan tesisnya. Saat semuanya sudah masuk kedalam ruangan. Kemudian ada seseorang dengan suara lantang dengan menggunakan bahasa Belanda memberikan  tanda kepada kami semua agar acara segera dimulei. Dan kami semua disuruh berdiri,  kemudian datanglah rombongan para penguji, dan disusul kemudian disusul oleh aa dan  2 orang temannya atau disebut paranim.


Aa di duduk maniz di depan dan ditanya dengan sejumlah pertanyaan yg sulit..8 orang pengujidan salah satunya penguji dari Indonesia.Semua penguji memberikan semua pertanyaan. Awalnya aa  grogi menjawab pertanyaan..sampe tangan aa kelihatan gemeteran, tapi abis itu aa terlihat tenang.Aku ikut deg-degan ...sdkit-sdikit aku lihat jam tangan ko penjaga tuangan belum buka pintu..rasanya 45 menit tuh lamaaaa bangettttt.
Saat defence berlangsung temen lab aa Gijsbert Rispens ngambil foto dengan kamera canggihnya.
dan akhirnya 45 pun berakhir...legaaa...aa pun udah bisa tertawa seperti biasa,,seneng akhirnya bisa melewati tanggal 5 December 2008
Alahmdulillahirobbil'alamin..
dan Alhamdulillallah  lagi aa dapet tawaran postdoct di Barcelona dan Dresden dan akhirnya setelah dipikir-dipikir dan hasil diskusi dengan supervisor aa akhirnya  memilih Max Planck Instute (MPI) Dresden Germany untuk 1-2 tahun kedepan.
moga-moga kami bisa memulei hidup baru dengan lancar..dduh kaya pengantin baru aja..hihi

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails