Monday, March 29, 2010

Tips jalan-jalan jadi turis hemat ala Nisa & Mufti :)

Sekedar sharing saja...terutama note ini aku tag buat Kei yang mau jalan-jalan ke Swiss. 


Alhamdulillah selama merantau kami memiliki kesempatan untuk jalan-jalan ke beberapa negara dan beberapa kota di Belanda dan Jerman. Kalo diitung-itung saat ini  kami sudah mengunjungi ke 22 negara, dan 63 kota di Eropa. Upss temen-temenku malah lebih banyak dari ini lhoo....


Jalan-jalan emang butuh dana yang ga sedikit, apalagi dana yang kami gunakan untuk jalan-jalan adalah sisa beasiswa Phd..kadang over budget juga. Seiring waktu dan beberapa  pengalaman buruk,  lama-lama kami akhirnya kami tau  juga gimana jadi turis yang hemat tapi tetep menyenangkan :). 


sedikit tips dari aku...

* tiket pesawat,  hunting tiket murah emang ga bole terburu-buru..kudu nyantai dan kudu direncanakan jauh-jauh hari. Saat di Belanda kami selalu gunakan  Ryan air (http://www.ryanair.com/en), kadang kalo lagi lucky cuma bayar tax bandara dan bagasi. Kalo di Jerman kami menggunakan Easy jet (http://www.easyjet.com) atau  Air Berlin (http://www.airberlin.com).

* tiket kereta, untuk antar negara atau di dalam europ bisa dicari di http://www.bahn.de atau 
   http://www.nshispeed.nl/, salah satu tips dalam hunting tiket kereta murah adalah booking    jauh-jauh hari misal 1 bulan sebelumnya atau lebih. Menggunakan kereta malam (night train) kadang-kadang   lebih murah cuma waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan lebih lama.
Ada baiknya juga mengecek harga kereta di negara-negara yang dituju supaya kita bisa mengestimasi biaya perjalan misal untuk di Itali (http://www.italiarail.com),  Swiss (http://www.sbb.ch/en/). 
Untuk dapat tiket murah di Belanda demi jalan-jaöan kami rela mengantri di Kruidvat atau etos..biasanya tiap musim ada tiket murah kalo dulu pernah dapet tiket keliling Belanda 1 hari 10 E tapi cuma bisa dipake weekend, atau tiket 15 E keliling Belanda dan dapat digunakan kapan saja.
Kalo di Jerman biasanya kami gunakan Wochenende ticket buat 5 orang. 

Hotel, kami biasanya menggunakan http://www.booking.com karena tidak perlu deposite jadi bisa dibatalkan kapan saja tanpa kena charge.Untuk rombongan atau perseorangan bisa juga mencari hostel, biasanya lebih murah, misal cari http://www.hostelworld.com atau  http://www.hostelbooker.com,umumnya  hostel dikenakan deposit sekitar 10% dari harga selama kita menginap.
** Selama di tempat yang kita tuju biasanya kita menggunakan one day tiket, kalo di Swiss kami menggunakan Half price..lumayan tiket kereta dan tempat wisata dipotong setengah harga.

**Kudu punya kartu kredit, karna semua proses booking baik pesawat, kereta maupun hotel membutuhkan kartu kredit.

**Bawa duit cash sebagai persediaan. Kami punya pengalaman buruk di Spain saat itu kami bawa persediaan cash cuma sedikit karna aa yakin banget dengan keamanan atm. Eeeh pas di Madrid atm kita ga bisa berfungsi, tapi saat itu kami pikir mesin atm nya yang rusak. Saat pergi di Granada baru lah sadar kalo atm kita rusak dan yang ngerusakin aku hiks..kena goresan. Karna kebingungan sampe pernah berniat menjual kamera dan handy cam malah sampe ngobrol masalah kita ke pihak hotel..hiks kalo inget cerita itu sedih banget.

* Kumpulkan informasi tempat wisata  yang menarik yang akan dikunjungi. Kalo aku biasanya sehtanya-tanya teman yang sudah pergi ke tempat tersebut, atau cari info di wikipedia atau beli buku wisata. Biasanya saat sampai stasiun atau bandara tempat yang pertama kali kami sambangi adalah tourist information untuk minta Map dan info.

*Bawa Rice cooker . Kalo travelling nya lama seh aku bawa rice cooker dan beberapa masakan ku, abis nya ini perut biarpun udah 5 tahun merantau tetep kudu pake nasikalo ga bawaannya laperrr trusss. Kalo emang niat bawa Rice cooker brarti kudu booking hotelnya yang smoking area. Atau kalo emang niat mo masak cari yang include dengan dapur biasanya saat summer ada banyak student house yang di jadikan hostel.

**Water hiter , kalo perjalanannya hanya beberapa hari aku pasti bawa alat ini dan tak lupa noodle cup. Kembali lagi kalo buat kami roti itu bukan makanan utama tapi cemilan hihi.

 ** Bawa tas cadangan, yang kumaksud bukan tas beneran tapi tas yang rada plastik yang rada keren lah...fungsinya sapa tau kita kelebihan barang bawaan (baca : oleh-oleh), jaga-jaga kalo tas yang kita pake rusak.
**berhubung daku jijian so pasti aku bawa tisue basah atau tisue toilet. Harga tisue ini murah ko..1 plastik ada 10 lembar.
**Jangan lupa buat cewek bawa pembalut..penting bangett. Pernah aku punya pengalaman di Granada saat itu kami bertemu dengan keluarga pejabat saat melihat kami langsung menyapa, dan langsung menanyakan pembalut upsss...karna saat itu toko2 di Spains pada tutup.
hmm apalagi yaa tips ..entar mikir dulu...

** Kamera atau Handycam.....foto pemandangan seh ok..tapi foto diri juga tetep kudu ada dunk...kalo aku bilang seh ke  aa, kalo  cuma foto pemandangan doang mah udah  lihat di wikipedia hihi..jadi tetep di sekitar tempat wisata kudu ada foto diri sebagai bukti otentik kalo aku pernah ke kota tersebut..pokoknya  kalo kata aku seh moment yang berharga jangan sampe dilewatkan, karna waktu dan kesempatan yang sama ga akan balik 2x..gitu deh..

**Pake sepatu yang nyaman.  namanya juga jalan-jalan jadi udah pasti banyak jalan. Saat jalan-jalan ke Praag karna pengen gaya aku pake sepatu yang gaya walopun bermerk tapi ternyata belum tentu nyaman juga, dan alhasil sepanjang jalan kaki ku lecet dan luka-luka..mau beli plester aja udah bingun g dimana..akhirnya ditahan aja..tapi suerr aku ga menikmati banget perjalanannya. sejak saat itu aku selalu pake sepatu yang nyaman biarpun ga keren :).

Tips lainnya entar mikir dulu hihi..semoga berguna :)





 

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails