Sunday, February 14, 2010

Keliling Rotterdam

Di Belanda biasanya per musim dijual tiket murah dari Kruidvat atau Etos. Walaupun kudu ngantri akhirnya aku berhasil membeli beberapa tiket 10 E.  Musim semi tiba, dari pada Weekend (21-04-07) membusuk di Groningen,  kami memutuskan buat jalan-jalan ke Rotterdam dan Uttrech. Secara Rotterdam juga kota besar tapi kita lom pernah pergi kesana, sambil percobaan pake kamera baru. makanya hasil foto nya ga begitu bagus.
Rotterdam kota yang berada di sebelah barat Belanda. Rotterdam juga kota keenam terbesar dengan populasi 6.7 juta, dan pelabuhan tersibuk di dunia mengalahkan Shanghai. Bener Rotterdam kota metropolitan. Disana kami melihat beberepa tempat cantik dan beberapa arsitektur tinggi. Seperti Euromast, jembatan Erasmus, rumah kubus, Harbour, centrum pasar tradisional, dan taman.

Jembatan Erasmus
dibuat tahun 1996,  setinggi 790 meter . Jembatan ini  menghubungkan Rotterdam bagian utara  dan selatan dengan  bentuk  jalinan  kabel-kabel , sehingga kota Rotterdam terlihat megah.

Euromast
Euromast sebagai salah satu daya tarik wisatawan untuk mengujungi Rotterdam. Dibangun pada tahun 1960, awalnya mencapai ketinggian 101 meter (331 kaki).  Pada tahun 1970, Euromast diperpanjang 85 meter (279 kaki) dan sampai saat ini.
  
Ticket masuk ke dalam Euromast  7 E, kita bisa melihat view dari atas, dan lebih asik lagi kita bisa masuk ke dalam Euroscop (seperti foto dibawah ini) . Suasananya mirip studio, semua pengunjung duduk  dengan posisi melingkar dan menghadap kaca besar (jendela). Kemudian kursi duduk kita bergerak ke atas dan berputar perlahan sehingga kita bisa melihat view Rotterdam 360 drajat. Sambil kita bisa mendengarkan audio tentang sejarah Rotterdam , Euromast, Erasmus, jumlah penduduk, Harbour di Rotterdam dll.
  

 Woningkubus, atau  rumah kubus dibangun oleh arsitek Piet Blom pada tahun 1984.
.Woningkubus itu di dalamnya apartment ber arsitektur modern...agar tidak penasaran  pengunjung bisa melihat bentuk bagian dalam, dengan ticket masuk  2 E... weiii di dalam apartementnya keren...ga terasa seperti bentuk kubus yang miring..pkknya sepert  rumah biasa hanya banyak bagian dinding banyak lekukan-lekukan....keren deh...ko bisa ya kepikiran rumah model begini.
 
 
 Jalan-jalan seharian di Rotterdam kami rasa cukup..akhirnya kami pulang ke Groningen dnegan hati senang.

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails