Friday, February 12, 2010

13 Feb di Dresden


Sepulang les bahasa Jerman aku mampir ke Rewe untuk membeli stok  makanan karna  besoknya (tgl 13) kami para Äuslander disarankan untuk tidak keluar rumah.
Tiba  di tempat sayuran..aku membawa beberapa sayuran..namanya juga ibu-ibu niat belanja satu jenis, temen-temennya  banyak..nah saat itu lah kepikiran untuk pake troly, saat  aku cari koin di dalam dompet kecil ku...eeehhh tiba ada laki2 yang menarik tangan aku dengan keras..saat itu aku membalik tubuh..sekelompok anak-anak muda cuma ngetawain aku sambil cengengesan dan ngomong yang aku ga ngerti tanpa bilang maaf.  entah karna sugesti karna semalam aku  baca artikel mba Agnes , entah karna terpengaruh suasana tgl 13, jd bawaannya saat itu aku suudzon.
Saat di tempat minuman...aku deketin para gerombolan anak muda itu.1 cewe dan 3 cowo...aku deketin laki2 yang menarik tanganku..aku bilang   'Was ist Passiert ?? jwb aku so so an pake bhs Jerman...tentunya pasang mata  belototku...temen2 dia menjauh dan si laki2 itu memberikan jawaban sambil ngetawain dan ngeloyor gitu saja..diikuti sama  temen2nya..sekali lg tanpa permintaan maaf..jelas2 dia memang sengaja menarik tangan aku..
Saking keselnya aku cerita sama ibu2 tua yang saat itu di dekat aku...dan si ibu tua menyabarkan aku.'udah ga usah diladenin..sambil tangan si ibu tua memberikan kode garis miring di kepalanya...maksudnya si anak2 itu sinting :)
Ketemu lagi aku dengan di gerombolan anak2 itu..dan untunglah si gerombolan itu menjauhi aku...dan baru kepikiran pas pulang bagaimana dengan nasib ku..gmn kalo aku di apa2in di luar :(((..huaaa..tatuttt...:(((.
Aku lari terbirit2 sambil telp aa...aku lari menuju Hbf...dan ternyata sodara2 di Hbf mobil dan polisi entah brapa bataliyon..pkknya banyakkkkkkkkkk bgt...dan kulihat 5 helikopter sudah siap menuju ke arah Neustad. Baru sadar kalo orang annoying tuh udah pada dateng.

 Itu cerita tadi siang..sebenernya ada apa dengan tanggal 13 Feb di Dresden?
begini...dari info di  www.dresden.de
Tanggal 13  Feb merupakan hari peringatan peristiwa pengeboman kota Dresden.  Pada tangal tersebut sebagian orang berkonvoi untuk untuk memperingati  para korban penduduk sipil akibat peristiwa pengeboman kota Dresden oleh tenatara sekutu. Dimana mereka beranggapan peristiwa ini sebagai pereistiwa pembunuhan massal rakyat Jerman oleh  Sekutu . Sayangnya demo ini seringkali berubah jadi kericuhan  atau menjadi ajang provokasi oleh kolompok Neo Nazi dan partai ultra kanan NPD  (Nationaldemokratische Partei Deutschlands) dengan bertopeng kebebasan demokrasi. Pada Konvoi ini mereka melakukan long march dengan starting pointnya di hbf (stasiun) mulei jam 12 siang.
  
Untuk menyikapi keberadaan neonazi maka pemerintah Dresden mengambil sikap dgn menyerukan semua orang di  kota dresden untuk slalu mengawasi para neonazi  dgn berpatisipasi aktif membentuk human chain untuk mengantisipasi smua aktifitas para neo sehingga hal-hal  yg ga diinginkan dpt diantisipasi. Human chain  ditandai dgn bunga mawar di mulei dari rute Rathenau platz sepanjang st Petersburgstraße, Rathaus platz, dr Kürz- Ring, Altmark.
Untuk mendukung aktifitas Human chain, walikota Dresden Herma Oros akan dan Rektor TU Dresden memberikan  orasi mulei pukul 13.05.
Human Chain atau barisan manusia bukan cuma sebuah aktifitas tapi lebih  komintmen terhadap kota Dresden dalam menjaga perdamaian demokrasi dan rasa saling menghormati antar manusia

Walopun dibilangnya demonstrasi damai tapi kenapa para Äuslander  disarankan tidak keluar rumah......brarti emang ada apa-apa neh... Intinya ketidaknyamanan...
Sampai prof dan temen-temen aa dan Ican di lab beberapa kali memberikan info kalo besok kita kudu hati2 dan lebih baik istirahat di rumah saja biar aman.
hmm sambil mengerutkan muka..knapa kalo tau demo ini merusak dan bikin keributan.knapa pemerintah Jerman melarang seperti di Jerman barat.
dan ternyata aku baruuu sadar kalo di Dresden adalah kumpulan si NN paling banyak se Jerman. Welehhh...aku salah sarang perantauan neh..hihi.. gapapa dinikmati saja sebagai bagian pengalaman dan dinamika hidup :)
smoga emang demo besar-besaran ini bener-bener aman..biar Dresden tetap kota cantik yang metropolitan :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails