Thursday, January 28, 2010

Bersih-bersih :)


Yuhuuuu ini bukan iklan merk pembersih...saya cuma bercerita kemajuan selama tinggal merantau di Groningen dan Dreden. Begini...dulu waktu masih tinggal di Bandung saya pikir cuma sapu-sapu, pel lantai, gosok kamar mandi biar ga licin, merapihkan barang ke tempat semula. Saat itu saya pikir yang saya lakukan sudah cukup bersih dan rapi. Kebetulan saya memang tidak banyak waktu untuk bersih-besih karna dari Senin sampe Sabtu kudu kerja.
Sampailah di Groningen , kota kecil tapi bersih dan tinggal di sebuah apartemen yang furnished yang teramat rapih...mulei lah saya ke gudang kecil disana sudah banyak bahan pembersih sampe bingung bahan-bahan yang tersedia itu untuk apa saja, ada juga lap atau serbet dan lap pel tertata rapi sampe sayang banget kalo digunakan. Mulei lah saya bertanya pada teman-teman dan tante yang sudah lama tinggal di Groningen. dan sedikitnya saya mempunyai informasi. Masuk ke rumah asli orang Belanda dan Jerman..ampyunnnnnnnn rapiihhhh dan bersih sambil membayangkan keadaan rumahku apalagi pada saat saya di Bandung hiks ga ada apa-apa nya.
Dapat kesempatan dan pengalaman jadi tukang bersih-bersih di salah satu rumah di Groningen, dan saya di bayar perjam. Disanalah saya lebih terlatih menggunakan bahan kebersihan.
Dari situlah standart kebersihan saya sedikit meningkat, yaa masih kalahlah kalo di Bandingkan dengan orang Eropa...tapi minimal saya tau bagaimana membuat kinclong kamar mandi, membersihkan jamur di dinding, membersihkan oven dll. Dengan standart itu akhirnya pengeluaran pun bertambah...alat-alat pembersih ternyata harganya cukup lumayan..semakin efektif membersihkan kotoran atau flek maka harganya pun makin selangit.

Ini salah satu koleksi bahan pembersih yang ada di rumah saya...foto di bawah bahan pembersih buat cuci piring, oven, pipa kalo tersendat, pembersih kulkas, pembersih anti bakteri , pembersih untung menghilangkan lemak dan pembersih khusus buat meja pokoknya pembersih yang dibuat khusus dengan kontak makanan,

Bahan pembersih pakaian , detergen untuk pakaian ada 3 : untuk pakaian hitam pake diterjen khusus untuk pakaian hitam (tutup hitam), untuk pakainan  berwarna, dan untuk pakaian  putih, pewangi dan cairan untuk menyetrika..biarpun aku paling males buat menyetrika hihi

Bahan pembersih rumah..nah ini yang paling penting agar rumah terlihat cantik, bersih dan kinclong...cairan untul mengepel laminate, dan lantei biasa, pembersih kaca, pembersih toilet, cairan pengharum ruangan, pembersih flek dan untuk membuat kinclong kran, bathup, washtafel, dan jamur. Karna Bahan pembersih untuk rumah biasanya mengandung zat kimia yang tajam jadi saya selalu pake sarung tangan.
 
Alhamdulillah tinggal merantau akhirnya ada ilmu yang bisa di dapat, biarpun cuma bersih-bersih..Memang standar kebersihan buat saya sekarang meningkat, tapi parahnya saya pasti akan ngerasa shock saat saya pulang ke Indo..uppss maaf-maaf..mungkin kalo di rumah gedongan, hotel , restoran dll ga jadi masalah..karna pasti mreka udah punya standart kebersihan sendiri...tapi bagaimana kalo saya kembali ke kamar mandi yang becek, atau kamar mandi umum yang bau, atau ruang dapur yang hitam dan tidak tertata..atau ruangan yang bau rokok, atau keadaan kota yg semeraut, kotor dan banyak sampah....wadowwwww....membayangkannya pun udah stresss...ah tapi saya juga dikecilkan dalam kondisi itu, pasti bisa beradaptasi lagi dengan situasi rumah lama saya di Bandung.
.

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails