Monday, September 14, 2009

Kuliner makanan sunda

Makanan Sunda umumnya memiliki rasa gurih.kadang sedikit manis dan pedas. Makanan Sunda banyak digemari bukan hanya orang Sunda tapi juga diluar Sunda. Makanan sunda makin hari makin berkembang.
Restoran : mulei dari kelas warung nasi, Ampera sampe restorant mahal mulei dari bumbu desa, ponyo, dll. Biasanya kalo didalam restoran di bikin saung-saung dan lesehan..dibikin taman2 yang indah dan kolam ikan..dan juga diiring lagu sunda dan pelayan yg manis-manis dengan berpakaian khas sunda. Penyajian makanan juga mengundang selera kadang-kadang kastrol dan ulekan pun di sajikan.

Jajanan Pasar : Kalo dulu jajanan pasar hanya ada di pinggir jalan, sekarang malah dijual di cafe dan jajanan pasar di modifikasi, ambil saja contohnya surabi. biasanya surabi dijual oleh ibu2 dengan cetakan dan suluh dipagi hari, tapi sekarang bisa di dapat di warung gaul..dan dimodifikasi jadi surabi rasa keju, strawberry dll.

Nah sebagai orang sunda dan pecinta makanan sunda hanya mau berbagi saja...di bawah ini aku data makanan ala Sunda .

a. Cemilan
1. Hui Cilembu : Hui ini rasanya manis..biasanya kalo aku mo pergi ke Garut atau tasik pasti deh disempetin berhenti disini buat beli ubi.













Batagor : makanan khas banget Bandung..paling terkenal batagor Riri , batagor Kingsley, batagor Ihsan..tapi hiks sekarang pas aku kesana lagi ko rasanya mahal bangetttt.. bisa habis 20 rebu buat 2 atau 3 potong batagor. Batagor adalah tahu isi tepung ikan. Tahu dibentuk segitiga, dibagian tengahnya diisi adonan ikan tenggiri dan tepung bumbu2 lainnya dan pastinya bumbu kacang dan kecap. Nah sekarang ada juga variasi nya ada siomay dan batagor kuah.

 











Bala-bala dan Leupet ( lontong) : Paduan paling enak..bala2 panas dengan leupet isi oncom atau sayuran. kalo kata orang sunda lontong itu Leupet.















Surabi kuah dan serabi Oncom: Surabi polos dimakan dengan kuah. Kuahnya terbuat dari bahan kinca gula dan santan.Serabi polos bisa divariasikan dengan oncom yang dibumbu pedas. Tapi sekarang udah bayak variasi surabi  ada serabi rasa pisang, keju, coklat dll. Tapi aku masih tetep milih rasa yang original..aku masih punya langganan ibu surabi yang setiap subuh duduk manis ditenami cetakan keramik dan suluh2, sambil memainkan api dengan suluhnya..dan aku duduk ikut berjongkok sambil bercerita ngalor ngidul
















Kurupuk Ajay : aku bilangnya kerupuk kuning dicocol sambel oncom yang pedesssss disebutnya kerupuk ajay alis kerupuk ngojay (kerupuk berenang ).


















Rujak Beubek : rasanya mirip kaya rujak biasa cumaaa biasanya si buah2an dan bumbunya di masukkan dalam ulekan khusus berbentuk lumpang trs diulek...yang paling khas nya adalah tambahan pisang batu













Rarawuan : gorengan dari bahan terigu dan kacang.















c. Minuman :

Cendol Elizabet : ga tau kenapa disebut cendol elizabet mungkin awalnya karna cendol ini berada ada di sekitar pertokoan tas terkenal diBandung namanya tas Elizabeth..jadi lah terkenal cendol Elizabeth..dan sekarang cendol ini ada dimana-mana. Cendol ini asliiii enakkkkkkkkkk bangetttt...kincanya pake potongan nangka..tambah es serut slurppp ngilerr dehh.














2 bandrek
3. bajigur

d. Makanan Utama :
1. Timbel
2. Tutug Oncom
3. Pepes Tahu, pepes Lauk (Ikan),
4 Pindang ikan mas. Ikan ini rasanya manis tapi dan kaya bumbu...cocok dimakan dengan nasi panas..alahh enakkk pisann poko na mah... ini salah satu makanan kesukaan si aa.















Tumis Genjer : istilah lainnya apa yaa...pokonya genjer ini rasanya lembut banget..di masak  seperti tumisan pada umumnya dan lebih lekker kalo ditambah dengan  oncom.












Lotek : sayuran matang atau sayuran mentah di campur dengan bumbu kacang , cabe dan  kencur hmmm segerrr


.












Karedok : kalo ini sayuran mentah biasanya ditambah dengan oncom..rasanya mirip2 kaya lotek








*Ulukuteuk lenca
*sayur asem
*semur jengkol
e. Sambel
1. sambel goang
2. sambel 7 rupa
3. sambel cibiuk
4 sambel oncom

kela mikir hela naon deuinya hihi,.engke ditrusin ..sekarang mau masak dulu :)

foto : ada yg diambil di restorant, kebetulan pas jajan bawa kamera dan dapur saya sendiri

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails