Thursday, July 16, 2009

Antara huruf F, P, dan V :)

Menjiplak kata-kata mba Anggi pas berkunjung ke Groningen..sambil cerita tentang keadaan Bandung di meja makan dan bilang ' di Bandung lagi rame lhoo dengan kata2 gini '
"siapa bilang orang Sunda gak bisa ngomong eV sama Fe? pitnah tuh! !! pitnah!!!"

hihi mba Anggie neh nyindir atau apa yaa...??? gimana engga coba aku salah satu orang sunda, (biarpun setengah darah ku Jateng) paling lieurrrr (pusing ) kalo kudu ngomong dengan kata-kata yang ada konsonan F apalagi V. Walopun stadium pengucapan aa lebih parah daripada aku.

Parahnya baru sadar pas aku datang ke Groningen, kebeneran aku bertetangga dengan WB (nama jalan Westerbastraat, penghuninya mamih Ike dkk, tempat kumpul temen2 Indo). Dan lebih parahnya lagi temen-temen di Wb telinganya sensitif skaleee.....:P. Apalagi mba Pongki huhh udah deh aku sama aa abisssss dibikin ledekan :D.
Untuk ngucapin nama temen Senaz , Evi, Fitri pkknya yg berbaur huruf V dan F pasti deh mba Pongki paling rutin ngajarin aku pronunciation.

Waktu itu aa , aku , mas Eko dan pa Agus ngumpul di ruang TV.. cerita ngalor ngidul..ujungnya mengomentari Film..trus aa bilang wahh ini mah siga "pilm jorro" mas Eko dan Pa Agus diemm aja..hening sesaat...celetuk aa...tuh kan main pedangnya kaya Antonio Banderas...huaa spontan aja mas Eko dan pa Agus bilang hooo Film Zorrooo (dengan Fasihnya..). Di pikir Nandang mo nonton film jorok..:))

Waktu itu aku dan temen2 Groningen pergi ramean ke Belgie...trus kami main ke tempat mini Europe..disana banyak banget miniatur mini seluruh eropa...sampe lah ke wilayah Italy sambil menyimak indahnya miniatur Italy...celetuk kurayu aa ' aa kapan dunk kita ke Venice????. Perasaan aku bener ngomongnya...hii ga sadar sebelahku mba Pongki ..apa nisa???? Venice???(tentu aja yg mba Pq dengar V berubah jd P..ga tega aku nulis nya :)).

Trus lagi seorang tamu datang ke rumahku...aku tanya ' suka seafood ga??' si tamu bengong..dan lama- lama bilang ' hoo suka teh suka' dari raut mukanya aku liat seh dia sepertinya memaksakan diri....trus kutanya sekali lagi ga alergi kan sama cumi, ikan, udang?? eeh si tamu bilang hooo seafooddddd...suka bangetttt....kupikir siput... alamakk...beneran deh telinga yg lapar emang sensitif :D.

Karna banyak banget rentetan peristiwa yg memalukan orang sunda hihi..akhirnya aku sama aa di rumah pasang keras-keras cara pengucapan huruf F dan V...eeeh ujung2nya malah tambah lieur (pusing) kalo ngobrol jadi ketuker-tuker mana kudu di baca F atau P...
waaah kmana yah "handfhone" aa.....'handphone aa' aku balik jawab....mo liat berita di 'tipi' ahh ...'Tivi aa' daku protes.....:))

Sebenernya orang sunda ga smuanya bermasalah dengan pronunciation F dan V...hanya beberapa orang aja termasuk aku sama aa. Mungkin karna kebiasaan ngaucapin kata-kata 'kape (cafe), pespa(vespa ), panta (fanta), pilm, tipi....ga ada yg protes tuh. Dan emang bahasa sunda ga ada konsonan huruf F dan V jadi emang ga terlatih, tapi sebenernya kalo dipaksakan bisa..buktinya sekarang aku dah lumayan :).

yang tetep bangga jadi orang sunda..hidup Bandung !!!

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails