Monday, June 01, 2009

ISIS

sekarang saya mo bercerita tentang perjalanan ke ISIS. ini dalah perjalanan ke dua kalinya sejak tahun 2007 . eksperimen pertama dilakukan saat masih sbg PhD student di univeristas Groningen Belanda, saat itu ada kesempatan melakukan muon eksperiment kolaborasi dengan pak Agung dari ITB dan Watanabe dari Riken Japan, eksperimen dilakukan di fasilitas Riken yang ada di ISIS. sedangkan yang kedua di lakukan untuk eksperimen single crystal neutron diffraction yang merupakan salah satu fasilitas di ISIS. untuk eksperimen ini alhamdulillah proposal kita telah temasuk dari sekitar 30 proposal yang diterima dan menyisihkan seribuan lebih proposal lainnya dari berbagai disiplin ilmu.

ISIS adalah salah pusat riset untuk pulsed neutron dan sumber muon yang terletak di Rutherford Appleton Laboratory (RAL) , Harwell kampus dekat Oxford, UK. Harwel kampus adalah salah satu pusat riset yang memiliki word class fasilities, disana terdapat Diamond Synchrotron, pusat fasilitas laser, pulsed neutron dan muon source, dan berbagai fasilitas lainnya.

Sebelum menjelaskan bagaimana mereka membuat Synchrotron, neutron dan muon dengan proses yang sangat efisien, pertama saya akan bercerita dulu tentang perjalanan ke UK (United kongdom) itu sendiri. UK adalah gabungan dari 4 negara yaitu : Inggris, Irlandia Utara, Skotlandia dan Wales . Walaupun UK termasuk dalam Uni eropa tetapi tidak termasuk ke dalam schengen jadi untuk masuk UK diperlukan visa khusus.

Ada sedikit percedaan dalam tatacara apply visa ke UK antara di belanda dan di Jerman. waktu di belanda, setelah kita buat appoinment via internet kita langsung datang ke konsulat UK di Amsterdam, diwawancara langsung disana, dan bisa langsung dapet visa hari itu juga.

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails